Comscore Tracker

Leclerc Raih Pole Position F1 GP Australia, Verstappen Start Kedua

Jadi pole position kedua Leclerc pada musim 2022

Charles Leclerc kembali menunjukkan keperkasaannya saat sesi kualifikasi Formula 1 GP Australia. Pada sesi yang berlangsung, Sabtu (9/4/2022) siang WIB, Leclerc mampu mengungguli Max Verstappen dan Sergio Perez untuk meraih pole position

Ada beberapa hal yang terjadi saat sesi kualifikasi berlangsung. Lantas, seperti apa keseruan yang terjadi dalam perebutan posisi start untuk balapan yang berlangsung di Albert Park Circuit tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Nicholas Latifi dan Lance Stroll alami insiden pada penghujung Q1

Leclerc Raih Pole Position F1 GP Australia, Verstappen Start Keduainsiden yang melibatkan Nicholas Latifi dan Lance Stroll (twitter.com/F1)

Sesi kualifikasi pertama (Q1) diwarnai oleh insiden yang melibatkan Nicholas Latifi (Williams) dan Lance Stroll (Aston Martin). Tampak mobil Stroll menabrak Latifi yang melaju di sisi kanannya. 

Alhasil, kedua pembalap gagal menuntaskan sesi kualifikasi yang saat itu tersisa 2 menit. Ada lima pembalap yang gagal lolos ke Q2, antara lain Alexander Albon (Williams), Kevin Magnussen (Haas), Sebastian Vettel (Aston Martin), Nicholas Latifi (Williams), dan Lance Stroll (Aston Martin).

2. Valtteri Bottas dan Mick Schumacher gagal lolos ke Q3

Leclerc Raih Pole Position F1 GP Australia, Verstappen Start KeduaValtteri Bottas pada sesi kualifikasi GP Australia 2022 (twitter.com/alfaromeoorlen)

Pada sesi kualifikasi kedua (Q2) tak ada insiden yang membuat sesi terhenti cukup lama. Namun, persaingan untuk bisa lolos ke Q3 berjalan sengit. Akan tetapi, ada lima pembalap yang harus puas menempati posisi start ke-11 hingga posisi 15.

Pembalap yang gagal lolos ke Q3 terdiri dari Pierre Gasly (Alpine), Valtteri Bottas (Alfa Romeo), Yuki Tsunoda (AlphaTauri), Zhou Guanyu (Alfa Romeo), dan Mick Schumacher (Haas). Sepuluh pembalap tersisa saling memperebutkan posisi start terbaik pada Q3.

Baca Juga: 7 Mantan Pembalap Formula 1 yang Musim Ini Berlaga di Formula E

3. Alonso alami insiden pada Q3, Leclerc sukses raih pole position GP Australia

Pada Q3 insiden kembali terjadi. Kali ini menimpa Fernando Alonso yang terpaksa menabrak dinding pada tikungan 11 saat ia sedang berusaha mencatatkan waktu. Akibatnya, ia harus rela start dari posisi ke-10 tanpa sempat mencatatkan waktu.

Setelah terhenti cukup lama, Q3 kembali dilanjutkan dan perebutan pole position berlangsung seru. Pada akhir sesi Leclerc mampu meraih pole position setelah mencatatkan waktu 1 menit 17,868 detik. Pembalap asal Monako itu mampu unggul 0,286 detik dari Verstappen yang akan start dari posisi kedua.

4. Leclerc merasa senang meraih pole position pada GP Australia

Leclerc Raih Pole Position F1 GP Australia, Verstappen Start KeduaCharles Leclerc diwawancarai seusai kualifikasi GP Australia (twitter.com/F1)

Diwawancarai seusai sesi kualifikasi, Leclerc merasa sangat senang bisa kembali meraih pole position. Ini menjadi pole position kedua yang diraih pembalap bernomor mobil 16 itu pada musim ini setelah GP Bahrain.

“Aku merasa baik karena ini adalah trek dimana aku selalu mengalami kesulitan di waktu lalu. Sebagai seorang pembalap, sirkuit ini kurang cocok untukku. Namun, akhir pekan ini aku benar-benar bekerja dengan baik.

Sesi latihan ketiga sedikit kacau untukku. Aku berhasil melakukan melakukan beberapa lap yang bagus, tapi tidak semuanya. Dan, pada Q3 aku bisa melakukan yang terbaik. Itu terasa bagus dan aku sangat bahagia berada di posisi pole position besok,” kata Leclerc dilansir Formula 1.

5. Verstappen merasa kurang nyaman mengemudikan RB18. Apa sebabnya?

Sementara itu, Verstappen mengaku mengalami kesulitan saat mengemudikan RB18 selama akhir pekan di Australia. Sebab, ia beberapa kali menderita kesalahan kecil dan ban yang terkunci saat pengereman.

"Ya, itu tidak baik. Aku tidak benar-benar merasa baik dalam mobil selama akhir pekan ini. Aku rasa tidak ada satu putaran yang aku benar-benar merasa percaya diri. Jadi, itu sedikit terasa sulit,” ujar verstappen dikutip Racing News 365.

Balapan Formula 1 GP Australia akan berlangsung, Minggu (10/4/2022) pukul 12.00 WIB. Akan sangat menarik menantikan seperti apa jalannya balapan di Albert Park Circuit, terlebih potensi pertarungan Leclerc melawan Verstappen yang terus akan berlanjut kali ini.

Baca Juga: Leclerc Bakal Main Cerdas Melawan Verstappen pada GP Australia

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya