Comscore Tracker

Masalah Ban Pupus Harapan Alex Rins Naik Podium MotoGP 2022 Inggris

Alex Rins hanya mampu menyudahi balapan di posisi ketujuh

Alex Rins hampir saja meraih kemenangan perdana pada MotoGP 2022 saat balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (7/8/2022), malam WIB. Sayangnya, pembalap Suzuki Ecstar itu gagal mewujudkannya dan harus puas menyudahi balapan di posisi ketujuh.

Meski cukup puas dengan performanya di atas motor, kekecewaan Alex Rins tertuju pada faktor ban yang ia gunakan. Bahkan, pembalap asal Spanyol itu pun menganggap masalah ban yang ia alami jadi alasan utama harapannya kali ini untuk bisa naik podium pupus.

1. Meski lolos langsung ke Q2, Rins hanya menempati posisi start kesebelas

Masalah Ban Pupus Harapan Alex Rins Naik Podium MotoGP 2022 InggrisAlex Rins pada GP Inggris 2022 (motogp.com)

Alex Rins memulai balapan dengan posisi start kurang bagus. Memang, Rins mampu langsung lolos ke Q2 karena catatan waktu kombinasi dari FP1 dan FP3 masuk 10 besar. Namun, kondisi tersebut rupanya tak terlalu membantu banyak untuk dirinya.

Saat Q2, Rins harus puas menempati posisi start kesebelas. Ia unggul 0,225 detik dari rekan  setimnya, Joan Mir, yang berada di posisi ke-12. Tentu, posisi tersebut kurang memuaskan bagi Rins yang berupaya meraih hasil bagus di Sirkuit Silverstone.

2. Sempat pimpin balapan, posisi Rins terus melorot hingga finis ketujuh

Masalah Ban Pupus Harapan Alex Rins Naik Podium MotoGP 2022 InggrisAlex Rins pada balapan GP Inggris 2022 (motogp.com)

Meski harus mengawali balapan dari posisi kesebelas, Alex Rins bisa langsung tancap gas. Terbukti, posisi pembalap bernomor motor 42 itu mampu berada di posisi tiga besar pada awal-awal balapan.

Bahkan, Rins berhasil menyalip Jack Miller pada lap 6 untuk memimpin balapan. Akan tetapi, posisinya kian turun sejak lap 12 yang membuatnya terlempar dari posisi tiga besar. Penurunan ini terus berlanjut hingga akhirnya Rins finis di posisi ketujuh pada akhir balapan.

Baca Juga: Rossi dan Stoner Bantu Bagnaia Menang di MotoGP 2022 Inggris

3. Rins kecewa atas hasil balap yang didapat, menyoroti soal masalah pada ban yang dipakai

Masalah Ban Pupus Harapan Alex Rins Naik Podium MotoGP 2022 InggrisAlex Rins pada GP Inggris 2022 (motogp.com)

Setelah balapan, Rins mengaku kecewa atas hasil balap yang ia peroleh. Namun, ia tak mempermasalahkan performanya ketika berada di atas GSX-RR. Pembalap berusia 26 tahun itu merasakan jika sumber masalah terletak pada ban motor yang ia pakai.

"Aku merasa hancur. Bukan karena performaku, sebab aku telah memberi semuanya. Saat berada di posisi terdepan, aku berkendara dengan sangat mulus. Aku mengendalikan gas dengan sangat mulus dengan bagian belakang yang meluncur.

Pada titik tertentu saat balapan aku mendapatkan kesulitan mengendalikan traksi belakang motor. Aku sering mengalami selip," kata Rins dilansir Motorcycle Sports.

4. Rins berencana cek data ban bersama Michelin dan timnya

Masalah Ban Pupus Harapan Alex Rins Naik Podium MotoGP 2022 Inggrispembalap Suzuki Ecstar Alex Rins (motogp.com)

Guna memastikan apakah memang ada masalah pada ban motornya, Rins berencana akan melakukan pengecekan data. Ia akan melihat data bersama Michelin dan pihak timnya karena merasa ada kondisi tidak normal yang dirasakannya.

"Kami harus mengecek data, melihat bersama Michelin dan orang-orang di tim karena itu tidak normal. Aku sangat kesulitan pada lima hingga enam lap terakhir. Aku berkendara dengan catatan waktu 2,01 detik yang terasa sangat janggal," jelas Rins.

5. Alex Rins sudah dua kali naik podium pada MotoGP musim 2022

Masalah Ban Pupus Harapan Alex Rins Naik Podium MotoGP 2022 InggrisAlex Rins saat naik podium pada GP Amerika 2022 (motogp.com)

Berdasarkan data Motorsport Stats, Rins sudah dua kali naik podium MotoGP 2022. Akan tetapi, sejauh ini ia belum berada pernah naik podium sebagai pemenang balapan.

Podium pertamanya musim ini diraih saat finis ketiga pada GP Argentina. Kemudian, Rins kembali naik podium setelah finis runner-up pada GP Amerika Serikat. Di klasemen sementara, kini Rins bercokol di posisi kedelapan dengan raihan 84 poin.

Masih tersisa 8 seri balap lagi bagi Alex Rins untuk bisa mempersembahkan kemenangan kepada Suzuki yang menjalani musim terakhir di MotoGP sebelum keluar dari kejuaraan. Apakah Rins sanggup melakukannya?

Baca Juga: Salah Pilih Ban, Fabio Quartararo Keteteran di MotoGP 2022 Inggris

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya