McLaren Resmi Luncurkan MCL60 untuk Gelaran Formula 1 2023

Nama MCL60 dipilih untuk menandai momen berdirinya tim 

McLaren resmi meluncurkan mobil andalan mereka untuk Formula 1 2023. MCL60 ditampilkan kepada publik dalam acara peluncuran yang berlangsung pada Senin (13/2/2023) malam WIB.

Apa saja yang menarik dari mobil yang bakal dipakai Lando Norris dan Oscar Piastri tersebut? Lalu, apa makna dibalik nama MCL60 yang dipakai sebagai sebutan mobil tim McLaren musim ini?

1. Alasan di balik penggunaan nama MCL60 untuk mobil McLaren musim ini

McLaren Resmi Luncurkan MCL60 untuk Gelaran Formula 1 2023tampilan mobil MCL60 (formula1.com)

McLaren memilih nama MCL60 untuk mobil baru mereka bukan tanpa sebab. Ini berkaitan dengan momen kemunculan tim yang berbasis di Woking, Inggris.

Melansir Formula 1, tahun ini menandai 60 tahun berdirinya McLaren sebagai sebuah tim balap. Bruce McLaren adalah sosok di balik kemunculan tim tersebut. McLaren Racing Team memulai debutnya di Formula 1 pada GP Monako 1966, tiga tahun setelah pendirian tim.

2. MCL60 masih memakai perpaduan warna seperti MCL36

McLaren Resmi Luncurkan MCL60 untuk Gelaran Formula 1 2023tampak samping perbandingan MCL60 dan MCL36 (twitter.com)

MCL60 masih menggunakan perpaduan warna yang sama seperti MCL36. Warna oranye pepaya dengan aksen biru muda tetap menghiasi bodi mobil. Selain itu, warna hitam yang tak terlalu banyak muncul pada MCL36 kini lebih banyak terlihat di MCL60.

Logo Chrome sebagai salah satu sponsor McLaren terlihat di area engine cover. Angka 60 juga tampak pada sisi samping mobil, dekat dengan suspensi bagian belakang.

Baca Juga: Pisah dari Red Bull, Honda Berpotensi Reuni dengan McLaren

3. Tampilan MCL60 dilihat dari sisi depan, ada perubahan pada beberapa bagian

McLaren Resmi Luncurkan MCL60 untuk Gelaran Formula 1 2023tampak depan MCL60 dan MCL36 (twitter.com/F1)

Jika dilihat dari depan, ada perubahan pada bagian sayap depan mobil. Area tersebut kini menggunakan warna hitam serta tersemat logo Chrome. Sebelumnya, bagian tersebut berwarna oranye dan dihiasi logo Velo, jenama kantong nikotin milik British American Tobacco.

Sayap belakang juga berganti warna dari biru muda ke oranye. Logo Darktrace juga berganti menjadi OKX meski perusahaan keamanan siber asal Inggris tersebut masih jadi sponsor tim. OKX merupakan perusahaan yang berkecimpung dalam pertukaran mata uang kripto.

4. Zak Brown sambut gembira kehadiran MCL60, yakin McLaren raih hasil lebih baik musim ini

McLaren Resmi Luncurkan MCL60 untuk Gelaran Formula 1 2023Zak Brown, Lando Norris, Oscar Piastri, dan Andrea Stella berfoto bersama MCL60. (formula1.com)

Zak Brown, CEO McLaren, menyambut gembira kehadiran MCL60. Ia juga senang dengan susunan pembalap timnya yang dihiasi pembalap muda seperti Lando Norris dan Oscar Piastri.

Selain itu, McLaren juga diperkuat oleh Andrea Stella yang berposisi sebagai Team Principal. Brown yakin McLaren bisa meraih hasil lebih baik ketimbang musim lalu. 

"Sekarang, kami menantikan untuk kembali ke trek di Bahrain. Akan jadi hal luar biasa melihat MCL60 beraksi jelang musim 2023. Ayo balapan!" kata Brown dikutip Formula 1

5. Lando Norris optimistis bisa mendulang banyak poin pada musim ini

McLaren Resmi Luncurkan MCL60 untuk Gelaran Formula 1 2023pembalap McLaren Lando Norris (mclaren.com)

Lando Norris optimistis bisa memberikan yang terbaik tahun ini. Pembalap asal Inggris itu mengaku banyak belajar dari tantangan musim lalu sebagai bekal menghadapi persaingan ketat di kejuaraan.

"Aku telah menikmati perjalananku dengan tim sejauh ini. Terlibat dalam ulang tahun ke-60 McLaren adalah sebuah kehormatan. Aku akan terus bekerja keras bersama Oscar Piastri melalui tahun yang signifikan ini. Kami berupaya memaksimalkan peluang untuk meraih poin," ujar Norris dilansir McLaren.

6. Oscar Piastri bakal jalani debut di Formula 1, sudah tak sabar ingin jajal MCL60

McLaren Resmi Luncurkan MCL60 untuk Gelaran Formula 1 2023pembalap McLaren Oscar Piastri (mclaren.com)

Oscar Piastri akan menjalani debutnya di Formula 1 musim ini. Ia sudah tak sabar untuk segera memacu MCL60 di atas lintasan. Pembalap berkebangsaan Australia itu berharap bisa menyumbang poin untuk McLaren sepanjang musim 2023.

"MCL60 sangat mengesankan dan akan menjadi tahun yang tak terlupakan, tidak hanya untukku, tetapi juga untuk tim. Tantangan yang ada di depan sangat menarik. Aku menantikan untuk membalap bersama Norris. Kami akan bekerja keras untuk mendapat poin selama musim bergulir," ucap Piastri.

MCL60 akan turun saat tes pramusim di Bahrain pada 23--25 Februari 2023 mendatang. Tes tersebut berjarak seminggu sebelum balapan pembuka yang dihelat di tempat yang sama.

Baca Juga: Debut di Formula 1 2023, Oscar Piastri Tak Pasang Target Berlebihan

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya