McLaren Yakin Putus Rentetan Kemenangan Max Verstappen di F1 2023

Keunggulan Max Verstappen belum tertandingi

Max Verstappen masih belum tertandingi dalam sepuluh seri balap Formula 1 2023. Pembalap Red Bull itu sudah meraih delapan kemenangan dan bercokol di posisi pertama klasemen sementara pembalap. Dominasi Verstappen berpeluang kembali berlanjut di GP Hungaria yang bakal digelar pada 21–23 Juli 2023 mendatang.

Akan tetapi, Verstappen berpotensi mendapat rintangan dalam balapan akhir pekan ini. McLaren yang tampil mengesankan di GP Inggris berpotensi kembali meneruskan performa terbaiknya saat beradu cepat di Sirkuit Hungaroring. Tim tersebut yakin bisa bersaing di barisan depan dan menghentikan dominasi Max Verstappen.

1. Max Verstappen masih nyaman di puncak klasemen pembalap

McLaren Yakin Putus Rentetan Kemenangan Max Verstappen di F1 2023Max Verstappen berselebrasi usai finis pertama di GP Inggris 2023. (formula1.com)

Max Verstappen masih nyaman berada di puncak klasemen pembalap. Pemilik dua gelar juara dunia Formula 1 itu sudah mengumpulkan 255 poin dan berjarak 99 poin dari Sergio Perez yang bercokol di posisi kedua. Torehan poin sebanyak itu tak lepas dari hasil yang didapatkannya saat pekan balap.

Verstappen sudah delapan kali finis sebagai pemenang. Dari jumlah tersebut, enam di antaranya diperoleh secara beruntun di GP Miami, Monako, Spanyol, Kanada, Austria, dan Inggris. Selain itu, Max Verstappen juga sukses finis terdepan saat sprint race GP Austria.

Baca Juga: 4 Catatan Menarik dari Podium Formula 1 GP Inggris 2023

2. Zak Brown memuji penampilan mengesankan Verstappen di Formula 1 2023

McLaren Yakin Putus Rentetan Kemenangan Max Verstappen di F1 2023pembalap Red Bull Max Verstappen (formula1.com)

Capaian bagus Verstappen membuat banyak orang terkesan, tak terkecuali Zak Brown. Team Principal McLaren itu memuji Verstappen atas kinerja yang telah ditunjukkan selama sepuluh balapan Formula 1 2023. Apalagi, Verstappen memiliki kesempatan untuk melampaui rekor kemenangan beruntun dalam semusim yang dipegang oleh Sebastian Vettel sejak 2013.

Rekor kemenangan beruntun terbanyak yang berhasil dikoleksi oleh Verstappen adalah empat balapan pada 2022. Sementara itu, rekor yang dicatatkan Vettel adalah sembilan balapan berturut-turut dari GP Belgia hingga GP Brasil 2013. Verstappen butuh empat kemenangan beruntun lagi untuk bisa menyalip capaian Vettel.

“Dia melakukan pekerjaan yang luar biasa. Hal yang bagus untuk melihat seorang juara dunia berada di puncak penampilan mereka sehingga Anda harus mengagumi apa yang dilakukannya,” kata Brown dilansir Racing News 365.

3. Zak Brown optimistis McLaren bisa mengusik dominasi Verstappen dan Red Bull

McLaren Yakin Putus Rentetan Kemenangan Max Verstappen di F1 2023Lando Norris berada di depan Max Verstappen saat balapan GP Inggris 2023. (formula1.com)

Meski memuji Verstappen, Zak Brown menyimpan optimisme pada McLaren menyongsong GP Hungaria. Ia yakin timnya bisa menghentikan rentetan kemenangan yang didapat Verstappen sekaligus mengusik dominasi Red Bull musim ini. Kepercayaan diri itu muncul menyusul hasil mentereng di GP Inggris pada 7–9 Juli 2023 lalu.

Lando Norris yang finis di posisi kedua sempat memimpin jalannya balapan di Sirkuit Silverstone. Keunggulan itu berlangsung sebelum pada akhirnya Verstappen menyalip Norris pada lap kelima. Selain Norris, Oscar Piastri juga sukses meraih 12 poin usai melintasi garis finis di posisi keempat. Berkaca dari hal tersebut, tak heran jika McLaren percaya diri bisa memberi perlawanan terhadap Red Bull.

“Balapan telah sangat ketat selain Verstappen dan bahkan Sergio Perez di dalamnya. Aku pikir itu menjadi waktu yang bagus untuk Formula bahwa dalam satu pekan Anda memiliki sebuah tim tercepat kedua dan pada akhir pekan berikutnya kesulitan lolos dari Q1. Itulah kompetisi yang kami cari di Formula 1.

Jadi, seseorang pada akhirnya akan menangkap Verstappen. Semoga itu menjadi giliran kami. Kesempatan itu akan menjadi milik segelintir orang,” jelas Brown.

Saat ini, McLaren berada di posisi kelima klasemen sementara konstruktor Formula 1 2023 setelah mengemas 59 poin. Dalam klasemen pembalap, Norris bertengger di peringkat kesembilan setelah meraih 42 poin. Norris mampu unggul 25 poin dari Piastri yang bercokol di posisi kesebelas.

Baca Juga: Max Verstappen Soroti Start Kurang Oke saat Formula 1 GP Inggris

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya