Menangi GP Turki, Bottas: Salah Satu Balapan Terbaik dalam Karierku

Terakhir kali menangi balapan pada GP Rusia 2020

Valtteri Bottas berhasil mengakhiri paceklik kemenangan dengan finis pertama GP Turki. Pada balapan yang berlangsung di Intercity Istanbul Park, Minggu (10/10/2021) malam WIB, Bottas mampu finis di depan dua pembalap Red Bull, Max Verstappen dan Sergio Perez.

Kemenangan ini jelas jadi kebahagiaan bagi pembalap asal Finlandia tersebut. Pasalnya, pada musim 2021 ini ia belum memenangi satu balapan pun sebelum GP Turki. Terakhir kali Bottas menang dalam sebuah balapan terjadi pada GP Rusia 2020 lalu.

1. Bottas mampu jaga keunggulan dari Max Verstappen hingga akhir balapan

Menangi GP Turki, Bottas: Salah Satu Balapan Terbaik dalam KarierkuBottas yang langsung pimpin balapan pada lap awal GP Turki (twitter.com/F1)

Mengawali balapan dari posisi pertama, Bottas mampu menjaga keunggulan dan mendominasi balapan. Ia mampu mempertahankan posisinya dari kejaran Max Verstappen yang membuntuti sepanjang balapan.

Pada prosesnya, Bottas mampu akhiri balapan dengan keunggulan cukup jauh dari Verstappen. Pembalap bernomor mobil 77 itu berada di depan Verstappen dengan jarak waktu 14,584 detik.

2. Sempat khawatir gagal menang, Bottas mampu salip Leclerc yang belum ganti ke ban baru

Menangi GP Turki, Bottas: Salah Satu Balapan Terbaik dalam KarierkuMomen Bottas saat menyalip Leclerc pada balapan GP Turki (twitter.com/F1)

Sempat muncul kekhawatiran Bottas tak akan menangi balapan. Pasalnya, Mercedes melakukan pit stop untuk ganti ban ke kompon intermediete yang lebih baru. Sementara itu, pembalap Ferrari, Charles Leclerc, belum melakukan pergantian ban sehingga berada di depan Bottas.

Namun, Bottas mampu mengejar Leclerc dan merebut posisi pertama. Ia pun mampu menjaganya hingga chequered flag dikibarkan. Di sisi lain, Leclerc mau tak mau harus ke pit stop untuk mengganti ban intermediete yang lebih ‘segar’. Pihak Ferrari merasa ban yang dipakai Leclerc tak mampu dipakai hingga akhir balapan.

Baca Juga: Isi Kursi Bottas, George Russell Resmi Perkuat Mercedes di Musim 2022

3. Bottas senang menangi GP Turki, sebut sebagai salah satu balapan terbaik yang pernah dijalani

Menangi GP Turki, Bottas: Salah Satu Balapan Terbaik dalam KarierkuValtteri Bottas diwawancara usai GP Turki (twitter.com/F1)

Selepas balapan, Bottas merasa senang bisa kembali meraih kemenangan di Formula 1. Ia menyebut hasil bagus di GP Turki sebagai salah satu yang terbaik dalam kariernya. Apalagi, finis pertama di Istanbul adalah kemenangan pertamanya di musim 2021.

“Aku pikir ini mungkin salah satu balapan terbaik yang pernah aku miliki. Terlepas dari kesalahan kecil yang ada, segala sesuatunya berada di bawah kendali. 

Seperti yang aku katakan sebelum balapan, mobil benar-benar bagus di segala kondisi. Aku sungguh percaya diri dengan itu dan bisa mengendalikannya. Tak mudah memilih strategi terbaik di kondisi balapan basa sepert ini. Namun, aku senang segalanya berjalan mulus,” kata Bottas dilansir Crash.net.

4. Bottas membalap tanpa beban sejak GP Italia pasca umumkan gabung Alfa Romeo musim 2022

Menangi GP Turki, Bottas: Salah Satu Balapan Terbaik dalam KarierkuBottas berselebrasi pada podium GP Turki (twitter.com/MercedesAMGF1)

Lebih lanjut, Bottas mengaku tampil tanpa beban pada beberapa balapan terakhir sejak GP Italia. Hal ini berkaitan dengan nasib masa depannya di Formula 1 yang sudah dipastikan pada awal September lalu.

Perlu diketahui, Mercedes memilih George Russell sebagai tandem Lewis Hamilton pada musim 2022. Bottas pun pada akhirnya berlabuh ke Alfa Romeo setelah lima musim memperkuat tim berjuluk Silver Arrows itu.

“Aku merasa sejak GP Italia aku melaju dengan baik dan punya sedikit tekanan. Tak ada tekanan pada apa pun, jadi aku bisa fokus pada balapan dan itu tampaknya bekerja padaku,” tuturnya dikutip PlanetF1.

5. Klasemen sementara Formula 1 usai GP Turki, Verstappen kembali ungguli Hamilton

Menangi GP Turki, Bottas: Salah Satu Balapan Terbaik dalam KarierkuKlasemen sementara Formula 1 2021 pasca GP Turki (twitter.com/F1)

Kemenangan Bottas di GP Turki membuat poinnya bertambah menjadi 177 poin. Rekan setim Bottas di Mercedes, Lewis Hamilton, harus rela turun dari singgasana klasemen usai finis kelima saat balapan.

Verstappen yang meraih posisi runner-up pada GP Turki kini unggul 6 poin dari Hamilton. Pembalap asal Belanda itu meraih poin 262,5 poin. Balapan berikutnya akan berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) pada 22--24 Oktober 2021 mendatang.

Baca Juga: 10 Sirkuit di Amerika Serikat yang Pernah Menggelar Balapan Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya