Oscar Piastri Belum Minta Saran dengan Lando Norris Jelang Debut di F1

Oscar Piastri mengisi kursi balap di McLaren

Oscar Piastri bakal menjalani debut di Formula 1 pada musim ini. Ia menjadi rekan setim Lando Norris usai McLaren dan Daniel Ricciardo mengakhiri kontrak lebih awal.

Piastri tentu akan berusaha beradaptasi dengan ketatnya persaingan di kejuaraan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah meminta saran kepada Norris yang sudah malang melintang di Formula 1.

Masalahnya, Piastri belum berkonsultasi dengan Norris jelang masa debut. Apa yang menyebabkan itu terjadi?

1. Oscar Piastri jadi salah satu debutan di Formula 1 2023

Oscar Piastri Belum Minta Saran dengan Lando Norris Jelang Debut di F1pembalap McLaren Oscar Piastri (formula1.com)

Oscar Piastri menjadi salah satu debutan di Formula 1 2023. Sebelumnya, pembalap berkebangsaan Australia itu tercatat sebagai pembalap cadangan Alpine pada musim 2022.

Selain Piastri, ada Nyck de Vries (AlphaTauri) dan Logan Sargeant yang bakal memulai kiprah mereka di Formula 1. Di antara ketiganya, Piastri tercatat sebagai debutan termuda musim ini dengan usia 21 tahun.

2. Perbandingan usia Piastri dan Norris saat berstatus sebagai debutan di Formula 1

Oscar Piastri Belum Minta Saran dengan Lando Norris Jelang Debut di F1Lando Norris dan Oscar Piastri berfoto bersama MCL60 (formula1.com)

Usia Piastri saat debut terbilang lebih tua 2 tahun ketimbang Lando Norris. Pasalnya, Norris menjadi debutan di Formula 1 pada 2019 saat berumur 19 tahun.

Norris sudah memperkuat McLaren sejak awal turun di kejuaraan. Tahun ini menjadi musim kelima pembalap asal Inggris itu berkiprah di Formula 1 bersama McLaren.

Baca Juga: Oscar Piastri Yakin Tak Kesulitan Adaptasi Bersama McLaren

3. Piastri belum sempat berbincang banyak dengan Norris

Pengalaman yang dimiliki Norris selama 4 musim di Formula 1 dengan berada di McLaren tentu jadi hal berguna untuk Piastri. Ia bisa belajar dari seniornya yang sudah merasakan kerasnya pertarungan di atas lintasan.

Sayangnya, Piastri belum punya banyak waktu berbincang dengan Norris. Mereka beberapa kali bertemu untuk keperluan promosi tim.

"Aku pikir di antara orang lain di tim, teknisiku , dan lain sebagainya, ada banyak pengalaman dengan pembalap debutan. Tentunya, Norris telah menjalani masa sebagai debutan di McLaren. Jadi, ada banyak orang di tim yang telah berbagi perjalanan dengannya. Itu hal yang menyemangatiku," kata Piastri dilansir PlanetF1.

4. Norris berharap kehadiran Piastri di McLaren bisa memacu dirinya tampil lebih baik

Oscar Piastri Belum Minta Saran dengan Lando Norris Jelang Debut di F1pembalap McLaren Lando Norris (mclaren.com)

Sementara itu, Norris menyambut baik kehadiran Piastri di McLaren. Ia berharap adanya Piastri bisa memacunya untuk tampil lebih baik ketimbang musim-musim sebelumnya. 

"Alasan dia di sini adalah untuk lebih mendorong diriku dan tim. Itulah mengapa dia diboyong ke tim ini. Pastinya, aku pikir itu akan membantu kami sebagai tim. Itu juga akan memaksaku untuk mendorong batasan yang mungkin sedikit lebih banyak," tegas Norris.

5. Tes pramusim Formula 1 2023 berlangsung 3 hari, terbagi menjadi 2 sesi

Tes pramusim Formula 1 2023 di Bahrain digelar pada 23--25 Februari 2023. Oscar Piastri akan mendapat giliran lebih dulu untuk sesi tes pada Kamis (23/2/2023). Lando Norris akan mendapat jatah turun saat sesi siang waktu setempat pada hari yang sama.

Tes sesi pagi digelar pada pukul 14.00 WIB hingga 18.15 WIB. Akan ada jeda selama satu jam sebelum memasuki tes sesi siang. Sesi tersebut berlangsung mulai pukul 19.15 hingga 23.30 WIB.

Baca Juga: 5 Prestasi Gemilang Oscar Piastri sebelum Masuk Formula 1 

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya