Pembalap McLaren F1, Lando Norris, Positif Terjangkit COVID-19

Jadi pembalap keempat di Formula 1 yang terjangkit

Kabar kurang sedap menimpa pembalap McLaren F1, Lando Norris. Ia dinyatakan terjangkit virus COVID-19 setelah melalui tes PCR pada Senin (4/1/2021). Saat ini Norris berada di Dubai dalam rangka berlibur jelang training camp yang telah dijadwalkan.

Ia pun harus menjalani isolasi di hotel guna memulihkan kondisinya setelah hasil tes keluar. Sesuai dengan aturan di Uni Emirat Arab, pembalap asal Inggris itu akan diisolasi selama 14 hari.

Baca Juga: Kaleidoskop 2020: Lewis Hamilton Masih Dominasi di Formula 1

1. Alami gejala kehilangan kemampuan mencium dan perasa

Pembalap McLaren F1, Lando Norris, Positif Terjangkit COVID-19twitter.com/LandoNorris

Melalui akun sosial media miliknya, Norris menceritakan dirinya terjangkit virus COVID-19. Ia mengungkapkan bahwa gejala yang dia rasakan ketika terjangkit adalah kehilangan kemampuan untuk mengecap dan mencium aroma.

"Kemarin aku kehilangan indera perasa dan penciuman sehingga segera mengisolasi diri dan mengikuti tes. Itu kembali (dinyatakan) sebagai positif (terjangkit COVID-19). Jadi, aku memberitahu semua orang yang berkontak denganku dan akan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari," ujar Norris.

2. Norris memastikan tak ada gejala lain yang diderita

Pembalap McLaren F1, Lando Norris, Positif Terjangkit COVID-19supercars.com

Lebih lanjut, Norris menyatakan bahwa dirinya merasa dalam kondisi baik dan tidak mengalami gejala lain. Ia turut meminta kepada para penggemar untuk menjaga kesehatan diri di tengah pandemi.

"Aku merasa baik dan tak miliki gejala lain tetapi aku hanya ingin kalian semua tahu. Hati-hati," kata Norris.

3. McLaren mengonfirmasi pembalapnya terjangkit COVID-19

Pembalap McLaren F1, Lando Norris, Positif Terjangkit COVID-19formula1.com

McLaren turut mengonfirmasi perihal kondisi pembalapnya yang dinyatakan positif COVID-19. Dalam pernyataan resmi seperti dilansir skysports.com, tim yang menduduki posisi ketiga di klasemen akhir musim 2020 itu menyatakan bila Norris terjangkit saat berlibur di Dubai.

"McLaren dapat mengonfirmasi bahwa Lando Norris positif COVID-19 kemarin (Senin) di Dubai. Saat ini ia sedang berlibur menjelang training camp. Sejalan dengan regulasi setempat, ia saat ini diisolasi mandiri di hotelnya untuk 14 hari," bunyi pernyataan resmi McLaren.

4. Jadi pembalap keempat di Formula 1 yang terjangkit COVID-19

Pembalap McLaren F1, Lando Norris, Positif Terjangkit COVID-19thecheckeredflag.co.uk

Lando Norris menjadi pembalap keempat di Formula 1 yang terjangkit COVID-19. Sebelumnya Sergio Perez dinyatakan positif menjelang GP Inggris sehingga posisinya digantikan oleh Nico Hulkenberg dalam dua balapan beruntun.

Rekan setim Perez di Racing Point, Lance Stroll, juga mengalami hal serupa sehingga harus melewatkan GP Eifel yang berlangsung di Nurburgring, Jerman. Hulkenberg kembali mengisi posisi kosong tersebut.

Juara dunia F1 2020, Lewis Hamilton, harus melewatkan GP Sakhir setelah mendapati hasil tes PCR dirinya menunjukkan tanda positif. George Russell didaulat sebagai pembalap pengganti mendampingi Valtteri Bottas.

5. Pembalap mengakui sulit terhindar dari COVID-19 saat libur musim dingin

Pembalap McLaren F1, Lando Norris, Positif Terjangkit COVID-19formula1.com

Formula 1 telah menerapkan aturan ketat sepanjang musim 2020 berlangsung. Ini dimaksudkan agar seluruh elemen yang ada di kejuaraan dapat terhindar dari virus COVID-19.

Meskipun demikian, akan menjadi hal sulit bagi para pembalap untuk bisa menerapkan tindakan pencegahan agar tidak terpapar virus tersebut. Hal ini diutarakan oleh pembalap Renault, Esteban Ocon.

Ia memiliki rencana untuk berlatih secara intens guna mengembalikan berat badan dan kebugaran tubuhnya. Namun, ia merasa sulit untuk bisa tetap menjaga diri di saat seperti ini.

"Agak sulit bepergian di saat seperti ini di Eropa. Cukup sulit untuk tidak menerapkan tindakan pencegahan karena kami tak bisa. Kami tak menjalani tes dalam jumlah banyak, tapi kami tak ingin sakit dan kehilangan 15 hari serta merasa dalam kondisi tidak baik," ujar Ocon.

Hal senada juga diungkapkan pembalap AlphaTauri, Pierre Gasly. Sejatinya ia bersemangat untuk bertemu teman dan keluarga di musim dingin setelah tak bisa menemui mereka ketika musim balap berlangsung. Namun, ia harus tetap berhati-hati karena potensi penularan masih tetap ada.

"Aku masih ingin berhati-hati dengan orang-orang di sekitarku, tetapi aku tetap akan mengambil lebih banyak keleluasaan untuk bertemu dengan orang tuaku, bertemu saat Natal, menghabiskan waktu dengan mereka," ungkap Gasly.

Baca Juga: Banyak Perubahan, Ini 5 Prediksi Balap Formula 1 Musim 2021

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya