Andalkan Enam Gear, Daniel Ricciardo Menangi Balapan GP Monaco

Tetap finis di depan Vettel dan Hamilton

Pebalap Red Bull Daniel Ricciardo berhasil mendulang poin penuh dalam balapan GP Monaco, pada Minggu (28/5/2018) malam WIB. Ricciardo mampu mempertahankan posisinya hingga akhir lomba meskipun terus ditempel ketat oleh Sebastian Vettel.

Kemenangan ini menjadi yang kedua di musim ini setelah sebelumnya diraih pada GP Tiongkok. Kemenangan diraih Ricciardo diwarnai insiden mobilnya yang kehilangan power dan memaksanya menggunakan gear hingga level enam saja.

1. Ricciardo unggul selepas start

Andalkan Enam Gear, Daniel Ricciardo Menangi Balapan GP MonacoTwitter Formula1

Mengawali balapan dari pole position, Ricciardo langsung memimpin jalannya lomba. Pebalap asal Australia itu mampu menciptakan jarak 3,6 detik dari Vettel sebelum masuk ke pit mengganti ban hypersoft yang telah dipakainya.

Sementara itu, Verstappen yang start dari urutan ke-20 mampu menyalip dua pebalap Haas F1 Team, Kevin Magnussen dan Romain Grosjean untuk menempati posisi ke-18. Ricciardo masuk ke pit stop lap ke-17, satu lap lebih lambat dari Vettel.

Meski begitu, Ricciardo tetap mampu berada di depan selepas keluar dari pit stop dengan keunggulan 3 detik, seperti dikutip Autosport.com.

2. Alami kehilangan power, Ricciardo tetap finis pertama

Andalkan Enam Gear, Daniel Ricciardo Menangi Balapan GP MonacoTwitter Formula1

Ricciardo terus memimpin jalannya balapan dan mampu menjaga jarak dari Vettel. Namun, masalah menghampiri Ricciardo di tengah lomba. Pada lap 28, Ricciardo melaporkan bahwa mobilnya kehilangan power lewat radio tim.

Alhasil, jarak dua detik dari Vettel pun berkurang menjadi hanya setengah detik saja. Dikutip dari Motorsport.com, Ricciardo kehilangan horsepower dan membuat dirinya hanya bisa menggunakan  gear hingga level enam dan melambat 20 km/jam di trek lurus.

Walau begitu, Vettel tak mampu mengambil alih pimpinan lomba dan tetap finis sebagai runner up. Karakter sirkuit jalanan Monte Carlo yang sempit dan berkelok menjadi faktor pendukung kemenangan Ricciardo.

3. Hasil lengkap Formula 1 2018 GP Monaco

Andalkan Enam Gear, Daniel Ricciardo Menangi Balapan GP MonacoTwitter Formula1

Kemenangan Ricciardo pada GP Monaco kali ini menambah pundi poin yang dikumpulkan menjadi 72 poin dan menempatkannya pada posisi ketiga klasemen pebalap. Sementara itu, Lewis Hamilton masih memuncaki klasemen meski pada balapan hanya finis ketiga.

Perolehan poin Hamilton (110 poin) kini berjarak 14 poin saja dari Vettel yang berada di posisi kedua. Balapan seri ketujuh akan berlangsung di Kanada pada 10 Juni mendatang. Bagi kamu yang penasaran dengan hasil balapan GP Monaco, berikut kami sajikan, sepert dilansir dari Twitter F1.

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya