Comscore Tracker

Russell dan Hamilton Sambut Baik Progres W13 pada F1 GP Spanyol

Keduanya masuk tiga besar pada FP2 GP Spanyol

Formula 1 telah menggelar sesi latihan pertama dan kedua GP Spanyol pada, Jumat (20/5/2022) malam WIB. Hasilnya, George Russell dan Lewis Hamilton masuk tiga besar pada sesi latihan kedua (FP2).

Kedua pembalap tersebut menyambut baik progres yang dilakukan Mercedes terhadap mobil W13. Sebab, mereka melaporkan berkurangnya efek porpoising atau mobil yang memantul ketika melibas trek lurus selama sesi latihan berlangsung.

1. Russell dan Hamilton masuk tiga besar pada FP2 GP Spanyol

Pada sesi latihan pertama (FP1), George Russell berada di posisi keempat. Ia berselisih 0,762 detik dari Charles Leclerc yang tampil tercepat pada sesi tersebut.

Sementara itu, Lewis Hamilton menuntaskan FP1 di posisi keenam dengan jarak waktu 0,983 detik dari Leclerc. Catatan kedua pembalap mengalami mengalami peningkatan pada sesi latihan kedua (FP2).

Russell mampu menyelesaikan FP2 di posisi kedua dengan jarak waktu 0,117 detik dari Leclerc. Hamilton pun membuntuti rekan setimnya di posisi ketiga dengan catatan waktu 1 menit 19,874 detik.

2. Russell merasa performa W13 saat FP2 GP Spanyol lebih baik dari sebelumnya

Ditemui seusai FP2, Russell menjelaskan terkait performa W13 yang dirasa jauh lebih baik dari sebelumnya. Ia merasakan efek porpoising telah hilang saat melibas trek lurus meski masalah tersebut berpotensi muncul di tikungan.

"Kami benar-benar tidak memiliki porpoising saat di trek lurus dan itu adalah hal bagus. Namun, kami tetap mengalami sedikit masalah di tikungan dan kamu perlu mengantisipasinya saat melalui tikungan," kata Russell dilansir Racing News 365.

Baca Juga: Hasil Sempurna Lewis Hamilton dalam 5 Balapan Terakhir di GP Spanyol

3. Russell tetap minta Mercedes untuk tidak jemawa pada performa W13 saat FP2

Russell dan Hamilton Sambut Baik Progres W13 pada F1 GP SpanyolGeorge Russell pada GP Spanyol 2022 (twitter.com/MercedesAMGF1)

Perbaikan performa W13 pada saat sesi latihan di hari Jumat pada GP Spanyol memang pertanda baik untuk Mercedes. Akan tetapi, Russell tetap meminta timnya untuk tidak jemawa dan terus memantau perkembangan mobil sepanjang akhir pekan ini.

Permintaan itu bukan tanpa sebab. Pasalnya, Russell juga mendapatkan hasil bagus saat sesi latihan kedua GP Miami. Namun, performa mobilnya menurun saat sesi kualifikasi. Untuk itu, pembalap bernomor mobil 63 itu tetap percaya bahwa timnya masih berada di bawah Ferrari dan Red Bull pada akhir pekan ini.

"Aku tidak melihat alasan mengapa kami tidak bisa sejauh ini dari barisan depan seperti pada hari ini (Jumat). Aku pikir Ferrari dan Red Bull berada di mode daya terendah mereka sehingga mereka sedikit dekat dengan kami," jelas Russell.

4. Lewis Hamilton juga senang dengan perbaikan performa W13

Russell dan Hamilton Sambut Baik Progres W13 pada F1 GP SpanyolLewis Hamilton pada GP Spanyol 2022 (twitter.com/PET_Motorsports)

Tak hanya Russell yang memberi pujian pada peningkatan performa W13, Lewis Hamilton juga mengutarakan hal senada. Pemilik 7 gelar juara dunia Formula 1 itu menyebut timnya sudah berada di jalur yang tepat dalam upaya mendongkrak performa mobil dengan meminimalkan efek porpoising di trek lurus.

"Aku sangat senang dengan progres yang ada. Aku sangat berterima kasih kepada semua orang yang tidak menyerah dan terus berusaha.

Ini pertama kalinya kami berkendara di trek lurus tanpa memantul. Kami masih mendapatkan pantulan, tapi ini jauh lebih baik. Ini mulai menambah sedikit potensi pada mobil kami," papar Hamilton dilansir F1i.

5. Hamilton tekankan degradasi ban menjadi salah satu faktor penting pada GP Spanyol

Lebih lanjut, Hamilton menekankan bahwa degradasi ban pada Circuit de Barcelona-Catalunya menjadi poin penting. Sebab, ban berpotensi cepat aus jika terus dipaksa saat melakukan upaya "serangan" demi membuka peluang menyalip pembalap lain.

"Degradasi ban akan menjadi kunci penting di sini. Dengan ban-ban tersebut kamu tidak bisa menyerang. Mereka membutuhkan manajemen yang baik dengan temperatur semacam itu," pungkas Hamilton.

Pernyataan Hamilton selaras dengan data dari Pirelli sebagai pemasok ban. Memang, Pirell membawa tiga jenis ban yang termasuk dalam rentang terkeras, yaitu C1, C2, dan C3. Namun, trek punya tingkat tyre stress dan abrasi aspal yang tinggi yakni level 4 dari 5.

Titik sirkuit yang bisa menguras energi adalah pada tikungan 3 dan 9. Ini karena dua tikungan tersebut termasuk tikungan cepat yang menuntut performa prima dari mobil dan juga ban. Lantas, apakah ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh duo Mercedes? Layak untuk kita nantikan bersama!

Baca Juga: George Russell Yakin Mercedes Bakal Bangkit dari Periode Sulit

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya