Max Verstappen Finis Pertama pada GP Kanada, Hamilton Naik Podium

Leclerc mampu tuntaskan balapan di posisi lima besar

Max Verstappen sukses memenangi balapan GP Kanada yang berlangsung Senin (20/6/2022) dini hari WIB. Pembalap Red Bull itu berhasil finis di depan Carlos Sainz yang menyudahi balapan di posisi kedua.

Sementara itu, Lewis Hamilton menggenapi posisi tiga besar dalam balapan yang berlangsung selama 70 lap tersebut. Seperti apa jalannya balapan di Circuit Gilles-Villeneuve kali ini?

1. Verstappen langsung memimpin balapan, Perez mengalami nasib sial pada lap delapan

Max Verstappen Finis Pertama pada GP Kanada, Hamilton Naik PodiumPerez saat berada di run-off tikungan 8 pada balapan GP Kanada (twitter.com/F1)

Saat lampu start padam, Verstappen yang meraih pole position langsung memimpin jalannya balapan. Fernando Alonso membuntuti di posisi kedua, disusul Carlos Sainz yang berada di posisi ketiga. Peluang Sainz menyusul Alonso terjadi juga. Pembalap Ferrari itu menyalip senior senegaranya itu untuk merebut posisi kedua.

Sementara itu, Sergio Perez harus mengalami nasib sial pada lap delapan. Rekan setim Verstappen tersebut harus menghentikan mobilnya di run-off tikungan 8 akibat masalah girboks. Kondisi tersebut membuat Virtual Safety Car (VSC) keluar guna memberi waktu mengangkut mobil Verstappen keluar dari trek.

2. Mick Schumacher juga harus menyudahi balapan lebih cepat pada lap 20

VSC memberikan kesempatan bagi pembalap melakukan pergantian ban. Verstappen mengganti ban dari jenis medium ke hard pada lap 10. Ia pun keluar dari pit di belakang Sainz dan Alonso.

Lima lap berselang, Verstappen dengan ban hard yang masih baru sukses mengasapi Alonso untuk berada di posisi kedua. Pembalap berkebangsaan Belanda itu berupaya mengejar Sainz yang memimpin jalannya balapan.

Pada lap 20, Mick Schumacher juga harus menyudahi balapan lebih cepat. Mobilnya mengalami masalah dan harus terhenti di run-off tikungan 8. 

3. Yuki Tsunoda alami insiden pada lap 49, Safety Car keluar

Max Verstappen Finis Pertama pada GP Kanada, Hamilton Naik PodiumYuki Tsunoda saat alami insiden pada balapan GP Kanada 2022 (twitter.com/F1)

Pada lap 44, Verstappen melakukan pergantian ban ke kompon hard dan keluar pit tepat di belakang Hamilton. Keduanya terlibat pertarungan perebutan posisi kedua. Verstappen pun mampu menyalip Hamilton sebelum memasuki tikungan 13.

Pada lap 49, Tsunoda mengalami insiden di tikungan 2. Mobilnya menabrak barrier dan terpaksa menuntaskan balapan lebih cepat. Padahal, pembalap AlphaTauri itu baru saja mengganti ban dan dalam posisi berada di jalur keluar pit.

Atas insiden itu, Safety Car keluar dan memandu jalannya balapan selama beberapa saat. Ferrari memanfaatkan kesempatan untuk memanggil Sainz masuk pit pada lap 50 guna mengganti ban ke jenis hard yang lebih segar. Pembalap bernomor mobil 55 itu keluar pit di posisi kedua dan berada di belakang Verstappen.

Baca Juga: Max Verstappen Start Terdepan pada GP Kanada, Leclerc Terkena Penalti

4. Sainz gagal cegah Verstappen menangi GP Kanada, Hamilton mampu finis ketiga

Max Verstappen Finis Pertama pada GP Kanada, Hamilton Naik Podiumsuasana podium GP Kanada 2022 (twitter.com/F1)

Balapan berjalan normal kembali pada lap 55. Verstappen yang berada di posisi terdepan berusaha menjauhkan diri dari kejaran Sainz yang mengincar kemenangan. Pada prosesnya, Sainz gagal menghentikan kemenangan Verstappen saat chequered flag dikibarkan.

Verstappen pun sukses mencatatkan 26 kali kemenangan sepanjang berkiprah pada ajang Formula 1 sekaligus kemenangan keenam pada musim 2022. Lewis Hamilton pun juga naik podium setelah finis ketiga. Pembalap Mercedes itu kini sudah dua kali naik podium pada musim ini setelah sebelumnya finis ketiga pada GP Bahrain.

5. Verstappen senang bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya pada GP Kanada

Ditemui seusai balapan, Verstappen bercanda bahwa kehadiran safety car saat terjadi insiden yang melibatkan Tsunoda tak membantu dirinya. Meski begiu, ia mengaku senang bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam balapan kali ini.

"Benar-benar menarik pada akhirnya. Aku memberikan semua yang aku punya, begitu juga dengan Sainz. Mengikuti mobil lain terasa sulit di sini. Akan tetapi, aku bisa melihat dia berusaha mendorong dan menyerang.

Pastinya, ketika Anda berada dalam jangkauan DRS, cukup mudah untuk mengisi daya. Jadi, beberapa lap terakhir terasa sangat menyenangkan," kata Verstappen dilansir Formula 1.

6. Klasemen sementara pembalap usai GP Kanada 2022

Max Verstappen Finis Pertama pada GP Kanada, Hamilton Naik Podiumklasemen pembalap Formula 1 usai GP Kanada 2022 (twitter.com/F1)

Sementara itu, Sainz mengaku senang dengan kecepatan mobil yang dirinya kemudikan. Walau merasa kecewa gagal menyabet kemenangan, dirinya tetap puas dengan raihan yang didapat pada balapan kali ini.

"Aku mencoba untuk menyalip Verstappen. Namun, hari ini kami tidak punya cukup kecepatan untuk mendekatinya di hairpin guna membuat dirinya sedikit keluar jalur saat memasuki chicane.

Jujur, kami telah mencoba semuanya dan kami benar-benar sangat dekat dengan kemenangan. Jadi, aku akan mengambil sisi positif dan mencoba untuk melakukannya pada balapan berikutnya," ujar Sainz dikutip Racing News 365.

 

Kemenangan Verstappen membuat juara dunia musim lalu itu semakin jauh memimpin di klasemen sementara. Ia kini mengoleksi 175 poin, unggul 46 poin dari Perez. Charles Leclerc yang finis kelima pada GP Kanada bercokol di posisi ketiga dengan raihan 126 poin.

Baca Juga: Max Verstappen Start Terdepan pada GP Kanada, Leclerc Terkena Penalti

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya