Verstappen Kritik Selebrasi Kemenangan Hamilton di GP Inggris

Sebut selebrasi Hamilton tak tunjukkan sikap sportif

Lewis Hamilton kembali meraih kemenangan di Silverstone pada balapan Formula 1 GP Inggris. Namun, kemenangan ini menyisakan drama usai pembalap tuan rumah itu terlibat insiden dengan Max Verstappen.

Verstappen mengkritik selebrasi kemenangan Hamilton. Sebab, Verstappen menganggap pembalap Mercedes itu tak tunjukkan sikap sopan usai sebabkan insiden dengan dirinya di lap pertama dan membuat ia harus tinggalkan balapan.

1. Verstappen dan Hamilton terlibat insiden di lap pertama, sebabkan mobil Verstappen melintir dan tabrak pembatas

Verstappen Kritik Selebrasi Kemenangan Hamilton di GP InggrisInsiden antara Verstappen dengan Hamilton pada GP Inggris (twitter.com/F1)

Pada lap pertama, Hamilton dan Verstappen terlibat insiden di tikungan sembilan atau yang dikenal dengan nama Copse. Akibatnya, mobil Verstappen melintir dengan kencang keluar dari trek dan menghantam pembatas. 

Beruntung, Verstappen masih bisa keluar dari mobil dengan bantuan marshalls dan petugas medis. Namun, ia dibawa ke rumah sakit untuk memeriksa kondisi tubuhnya. Ini lantaran ia menghantam pembatas dalam kecepatan tinggi dan kekuatan hantamannya mencapai 51G.

2. Hamilton tetap menangi GP Inggris meski terkena penalti 10 detik

Verstappen Kritik Selebrasi Kemenangan Hamilton di GP InggrisSelebrasi Hamilton usai menangi GP Inggris (twitter.com/F1)

Pada prosesnya balapan pun dihentikan pada lap ketiga dan kembali dilanjutkan beberapa menit setelahnya. Pengawas balapan pun menjatuhkan hukuman penalti stop and go 10 detik kepada Hamilton atas insiden tersebut.

Meski demikian, Hamilton sukses finis sebagai pemenang di GP Inggris. Ia mengungguli Charles Leclerc dan Valtteri Bottas yang berada di posisi kedua serta ketiga. Hamilton meluapkan kegembiraan dengan berselebrasi di hadapan para pendukungnya

Baca Juga: Verstappen Klaim Bisa Lebih Cepat 0,2 Detik Pakai Mobil Hamilton

3. Verstappen kritik selebrasi kemenangan Hamilton, sebut rivalnya tak bersikap sportif

Usai insiden yang mengerikan itu Verstappen angkat bicara. Ia memberi kabar bahwa dirinya baik-baik saja, tetapi di sisi lain mengkritik lain mengkritik perayaan kemenangan rivalnya itu. 

Pembalap asal Belanda itu menyebut Hamilton tak tunjukkan sikap sportif setelah sebabkan insiden dengan dirinya. Namun, ia menekankan untuk tak terlalu berlama-lama larut dalam masalah ini.

"Syukurlah aku baik-baik saja. Sangat kecewa karena keluar dengan cara seperti ini. Penalti yang diberikan tak membantu kami dan tidak adil terhadap langkah berbahaya yang dilakukan Hamilton di trek.

Aku menonton perayaan kemenangannya di rumah sakit. Itu sikap yang tidak sopan dan tidak sportif. Tapi, kami harus move on”, kata Verstappen melalui akun Twitternya dikutip PlanetF1.

4. Hamilton tak merasa perlu meminta maaf, sebut kejadian di lap pertama sebagai insiden balap semata

Verstappen Kritik Selebrasi Kemenangan Hamilton di GP InggrisLewis Hamilton berselebrasi usai GP Inggris (twitter.com/F1)

Di sisi lain, Hamilton memberi tanggapan pasca insiden pada sesi konferensi pers sebelum Verstappen memberi pernyataan melalui sosial media. Hamilton merasa ia tidak berada dalam posisi untuk perlu meminta maaf atas kejadian di lap pertama. Ia menganggap bahwa itu adalah insiden balap semata.

“Aku belum benar-benar melihat rekamannya, saya melihat klip singkatnya saat kembali ke garasi. Tapi, aku akan kembali dan butuh waktu untuk merenungkannya. Saya tak berpikir, untuk saat ini, bahwa saya dalam posisi harus meminta maaf. Kami di luar sana untuk balapan”, papar Hamilton dilansir Motorsport.com.

5. Hamilton berencana hubungi Verstappen selepas balapan GP Inggris

Verstappen Kritik Selebrasi Kemenangan Hamilton di GP InggrisHamilton dan Verstappen usai sprint qualifying GP Inggris (formula1.com)

Meski demikian, Hamilton tetap menaruh perhatian pada kondisi Verstappen. Ia berharap kondisi rivalnya tersebut baik-baik saja dan berencana untuk berkomunikasi dengan Verstappen selepas balapan.

“Tak ada dari kami yang menginginkan cedera, itu bukan niatku, jadi aku benar-benar berharap dia baik-baik saja. Aku akan menghubunginya setelah ini untuk mengecek apakah kondisinya baik”, lanjutnya.

6. Hasil lengkap Formula 1 GP Inggris

Verstappen Kritik Selebrasi Kemenangan Hamilton di GP InggrisHasil balap F1 2021 GP Inggris (twitter.com/F1)

Kemenangan Hamilton di GP Inggris pada Minggu (18/7) malam WIB membuat jarak poin dengan Verstappen kembali menipis. Verstappen saat ini memimpin klasemen dengan 185 poin. Ia unggul 8 poin dari Hamilton yang berada di posisi runner-up.

Untuk yang ingin mengetahui hasil lengkap balapan GP Inggris bisa melihat gambar berikut ini. Balapan seri ke-11 akan berlangsung di Hungaroring, Hungaria pada 30 Juli - 1 Agustus mendatang.

Baca Juga: Gagal Menang, Verstappen Ingin Segera Melupakan GP Portugal

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya