James Vowles Beberkan Perkembangan George Russell selama di Formula 1

James Vowles pernah bekerja bersama George Russell

George Russell saat ini menjalani musim kedua bersama Mercedes di Formula 1 2023. Ia menjadi rekan setim Lewis Hamilton yang notabene satu negara dengannya. Sebelum di Mercedes, Russell lebih dulu memperkuat Williams dari musim 2019 hingga 2021.

Selama lima musim berkiprah di Formula 1, Russell telah melalui banyak hal baik di dalam maupun di luar balapan. Performa pembalap berusia 25 tahun itu juga kian meningkat seiring waktu bergulir. 

Meski begitu, George Russell memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan Lewis Hamilton. Hal tersebut dijabarkan oleh Team Principal Williams, James Vowles, baru-baru ini dalam sebuah wawancara. 

1. James Vowles pernah bersama Mercedes sebelum jadi Team Principal Williams

James Vowles Beberkan Perkembangan George Russell selama di Formula 1Team Principal Williams James Vowles (formula1.com)

James Vowles bukanlah sosok yang asing untuk tim Mercedes. Sebelum menjadi Team Principal Williams, Vowles telah berada di Mercedes sejak 2010. Ia memegang jabatan sebagai Chief Strategist sebelum akhirnya promosi menjadi Motorsport Strategy Director pada 2019.

Selama 12 tahun berada di Mercedes, Vowles mengamati para pembalap yang berada dalam skuad berjuluk Silver Arrows tersebut. George Russell tak luput dari amatan pria berusia 43 tahun tersebut. Apalagi, Russell merupakan pembalap yang tergabung di Mercedes Junior Team pada 2017 silam.

Saat bergabung ke Mercedes Junior Team, Russell sudah punya sejumlah prestasi. Ia meraih gelar juara BRDC Formula 4 Championship pada 2014. Ia tercatat finis di posisi ketiga klasemen akhir Formula 3 European Championship pada 2016 ketika memperkuat HitechGP.

Baca Juga: Max Verstappen Sebut George Russell Punya Potensi Raih Gelar Juara F1

2. Performa George Russell di ajang balap junior menarik perhatian banyak orang

James Vowles Beberkan Perkembangan George Russell selama di Formula 1George Russell saat memenangkan Formula 3 European Championship GP Inggris 2015. (fia.com)

Performa George Russell saat masih berkiprah di kelas balap junior sudah menarik perhatian banyak orang. Team Principal Toto Wolff pernah memberi pujian kepada Russell karena tampil mengesankan di kejuaraan balap yang diikuti. Wolff melihat adanya potensi Russell untuk berkembang pada tahun-tahun berikutnya.

“Russell telah menunjukkan performa impresif di kategori junior. Kami telah mengawasinya untuk sementara ini sekarang. Ini masih tahap awal dalam kariernya, tetapi kami melihat potensi besar dalam dirinya,” ujar Wolff saat memperkenalkan Russell sebagai pembalap di Mercedes Junior Team pada 2017 silam dilansir ESPN.

3. James Vowles melihat George Russell telah mengalami perkembangan yang bagus

James Vowles Beberkan Perkembangan George Russell selama di Formula 1George Russell saat menjalani pekan balap GP Monako 2023. (formula1.com)

James Vowles juga melihat perkembangan George Russell terutama ketika berkarier di Formula 1. Ia menilai Russell telah bertumbuh menjadi dirinya yang saat ini dikenal oleh banyak orang. Hal tersebut yang membuat Russell punya perbedaan dari Lewis Hamilton.

“Lewis Hamilton punya bakat alami yang sangat besar. Ia meningkatkan pada pekerjaannya setiap tahun. Apa yang dia lakukan tahun lalu tidak cukup untuk tahun berikutnya.

Itulah definisi dari Formula 1. George Russell adalah talenta yang aku tahu selama bertahun-tahun. Dia benar-benar bertumbuh menjadi seperti dirinya saat ini. Dia punya banyak potensi di depan dirinya. Dia sangat berbeda dari Hamilton,” jelas Vowles dikutip Racing News 365.

4. James Vowles bicara soal pendekatan yang dibawa oleh masing-masing pembalap

James Vowles Beberkan Perkembangan George Russell selama di Formula 1salah satu momen balapan Formula 1 GP Australia 2023. (formula1.com)

Vowles percaya bahwa ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari pendekatan yang dilakukan oleh setiap pembalap. Apalagi, pendekatan masing-masing pembalap tentunya berbeda pada setiap balapan yang diikuti. Meski begitu, dedikasi untuk mengejar hasil terbaik adalah kesamaan yang melekat pada semua pembalap yang berkiprah di kejuaraan.

“Itu bukan hanya satu preferensi atau sebaliknya. Mereka semua membawa sesuatu yang berbeda, tetapi kesuksesan adalah hasilnya. Lebih banyak pembelajaran dari masing-masing pembalap tentang apa yang membuat mereka tergerak dan bertumbuh.

Kesamaan yang mereka semua punya adalah mereka adalah juara dunia atau calon juara dunia. Dedikasi yang sama untuk melaju setiap milidetik melekat pada mereka semua,” pungkas Vowles.

George Russell masih memiliki kontrak dengan Mercedes hingga akhir 2023. Ia diprediksi mendapat perpanjangan kontrak dengan durasi dua tahun dari tim yang berbasis di Brackley, Inggris. Jika itu terjadi, maka Russell akan tetap bersama Mercedes hingga akhir musim Formula 1 2025.

Baca Juga: Koleksi 10 Podium Pertama George Russell di Formula 1, Menjanjikan!

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya