Yamaha Bakal Tentukan Nasib Franco Morbidelli Selepas GP Belanda

Kontrak Morbidelli bakal berakhir pada akhir 2023

Masa depan Franco Morbidelli di Yamaha masih hangat diperbincangkan. Apalagi, Morbidelli sempat mengutarakan keraguannya apakah akan tetap bersama pabrikan asal Jepang itu atau tidak pada pada MotoGP 2024.

Yamaha kini memberi informasi terkait waktu untuk menentukan masa depan Franco Morbidelli di tim. Mereka bakal memutuskan kelanjutan kontrak Morbidelli selepas GP Belanda yang digelar pada 23–25 Juni 2023 mendatang.

1. Franco Morbidelli melontarkan jawaban yang menambah panas isu keluar dari Yamaha

Franco Morbidelli masih menyisakan kontrak dengan Yamaha hingga akhir musim 2023. Tak pelak, pembalap berkebangsaan Italia itu dirumorkan akan angkat kaki dari Yamaha dan merapat ke tim lain pada 2024. Isu itu diperkuat oleh pernyataan Morbidelli saat diwawancarai selepas main race GP Italia.

Saat itu, Morbidelli mendapat pertanyaan seputar peluang dirinya bertahan di tim menilik dari hasil main race di Mugello. Pasalnya, pembalap bernomor motor 21 itu berhasil finis di posisi kesepuluh, satu posisi lebih baik dari Fabio Quartararo. Akan tetapi, Morbidelli justru melontarkan jawaban yang semakin menguatkan dugaan dirinya akan pergi dari Yamaha.

“Apakah aku akan ingin mengamankan satu tahun lagi dengan Yamaha? Bicaralah pada Lin Jarvis (Managing Director Yamaha),” jawab Morbidelli dilansir Motorcycle Sports.

2. Franco Morbidelli ingin fokus balapan sesuai dengan semangatnya di dunia balap

Yamaha Bakal Tentukan Nasib Franco Morbidelli Selepas GP Belandapembalap Monster Energy Yamaha Franco Morbidelli (motogp.com)

Pernyataan itu semakin dipertegas oleh Morbidelli dengan menyebut dirinya tak terlalu peduli dengan masalah kontrak. Ia hanya ingin fokus meraih hasil terbaik dalam setiap balapan. Selain itu, pembalap berusia 28 tahun itu mengaku bahwa dirinya membalap berdasar pada semangatnya untuk dunia balap.

“Aku tak peduli. Aku hanya butuh fokus untuk menjadi profesional terbaik yang aku bisa dan menjadi pembalap terbaik yang aku bisa. Aku tidak membalap berdasar pada masa depanku dan kontrakku. Aku membalap berdasar pada hasratku,” jelas Morbidelli.

3. Franco Morbidelli dikaitkan dengan Mooney VR46 Team

Yamaha Bakal Tentukan Nasib Franco Morbidelli Selepas GP BelandaFranco Morbidelli saat menjalani pekan balap GP Catalunya 2022. (motogp.com)

Jawaban Morbidelli semakin menambah panas isu dirinya merapat ke tim lain. Mooney VR46 disebut-sebut akan menjadi tim yang akan diperkuat peraih tiga kemenangan di kelas MotoGP tersebut musim depan. Skenario itu bisa saja terjadi jika Mooney VR46 kehilangan Marco Bezzecchi.

Skenario semacam itu muncul ke permukaan mengingat kontrak Bezzecchi juga akan rampung pada akhir 2023. Jika pada akhirnya bergabung ke Mooney VR46, Morbidelli akan kembali bertemu dengan Valentino Rossi selaku pemilik tim. Keduanya punya hubungan sebagai murid dan mentor di VR46 Academy.

4. Yamaha ingin melihat performa Franco Morbidelli di GP Jerman dan Belanda

Yamaha Bakal Tentukan Nasib Franco Morbidelli Selepas GP Belandapembalap Monster Energy Yamaha Franco Morbidelli (motogp.com)

Yamaha mengeluarkan pernyataan tentang kapan mereka bakal memutuskan nasib Franco Morbidelli di tim. Pabrikan berlogo garpu tala itu akan mengamati performa Morbidelli dalam dua balapan di Jerman dan Belanda. Setelah itu, Yamaha akan memberi keputusan untuk kontrak musim depan.

“Tahun ini dia melakukan lebih baik daripada musim sebelumnya. Biasanya, waktu bagi kami untuk berdiskusi dan memutuskan adalah sebelum jeda pertengahan musim.

Kami masih punya dua balapan lagi. Kemudian, kami akan memutuskan apa yang harus dilakukan. Anda harus menunggu beberapa balapan lagi sebelum mengetahui apa yang akan kami putuskan,” jelas Team Director Yamaha, Maio Meregalli, dikutip Crash.

Hingga saat ini, Yamaha tak mau menyebut secara jelas nama-nama pembalap yang berpotensi menggantikan Morbidelli musim depan. Sebelumnya, Jorge Martin dan Marco Bezzecchi muncul sebagai kandidat rekan setim Fabio Quartararo musim depan. Meski begitu, kemungkinan besar kedua pembalap bakal tetap berada di tim masing-masing tahun depan.

Baca Juga: Franco Morbidelli Masih Berharap Dipertahankan Yamaha Musim Depan 

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya