Comscore Tracker

Yuki Tsunoda Sempat Sedikit Takut saat Pertama Kali Kemudikan Mobil F1

Tsunoda merasakan perbedaan antara mobil F1 dan F2

Yuki Tsunoda bakal menjalani musim keduanya di Formula 1 pada tahun 2022 ini. Pembalap asal Jepang tersebut masih akan memperkuat AlphaTauri bersama dengan Pierre Gasly.

Berbicara soal pengalaman selama berkompetisi di Formula 1, Tsunoda rupanya punya cerita unik. Ia mengaku sempat agak takut saat mengemudikan mobil Formula 1 untuk pertama kalinya.

1. Tes di Imola tahun 2020 adalah kali pertama Tsunoda mengemudikan mobil Formula 1

Yuki Tsunoda Sempat Sedikit Takut saat Pertama Kali Kemudikan Mobil F1Yuki Tsunoda saat tes di Imola pada 2020 (formula1.com)

Momen pertama kali dirinya mengemudikan mobil Formula 1 adalah saat tes di sirkuit Imola, Italia. Gelaran tes yang digelar pada November 2020 lalu dirancang oleh AlphaTauri agar Tsunoda bisa menyelesaikan jarak tempuh tertentu agar mendapat Super Licence.

Kepemilikan Super Licence sangat penting bagi pembalap yang ingin berkiprah di ajang Formula 1. Seorang pembalap tidak akan bisa membalap di Formula 1 jika belum memiliki Super Licence dan memenuhi serangkaian persyaratan untuk bisa menggenggam lisensi itu.

2. Merasa sedikit takut saat pertama kali mengemudikan mobil F1

Yuki Tsunoda Sempat Sedikit Takut saat Pertama Kali Kemudikan Mobil F1Yuki Tsunoda saat tes di Imola pada 2020 (formula1.com)

Tsunoda mengikuti tes sebab dirinya perlu menempuh jarak 300 km sebagai persyaratan untuk memperoleh Super Licence. Ketika itu, dia merasa sedikit takut saat mengemudikan mobil AlphaTauri dengan spesifikasi musim 2018 untuk pertama kalinya. Terlebih, saat dia melakukan tes kondisi cuaca kurang bersahabat.

“Aku rasa aku sedikit takut karena aku merasa sesi pertama yang aku hadapi berlangsung dalam kondisi sedikit basah. Tidak benar-benar basah. Aku tak ingin kehilangan sesi tersebut begitu saja setelah lap pertama, jadi aku sedikit takut,” kata Tsunoda dilansir Racing News 365.

Baca Juga: 11 Potret Yuki Tsunoda, Pembalap Rookie Formula 1 asal Jepang

3. Tsunoda merasa takjub pada performa mobil Formula 1 

Yuki Tsunoda Sempat Sedikit Takut saat Pertama Kali Kemudikan Mobil F1pembalap AlphaTauri Yuki Tsunoda (formula1.com)

Walau begitu, Tsunoda mengatakan bahwa rasa takutnya perlahan menghilang dalam beberapa lap saat tes. Dirinya pun mencoba untuk menikmati pengalaman mengemudikan mobil Formula 1. Tsunoda justru malah merasa takjub dengan performa mobil yang dipakainya.

“Itu lebih dari sekedar menikmati mobil Formula 1, khususnya karena aku benar-benar merasa terkesan oleh performa pengereman dan akselerasi mobil Formula 1. Hal tersebut begitu luar biasa jika dibandingkan dengan mobil Formula 2,” cerita Tsunoda.

4. Tsunoda menjadi pembalap Jepang ke-18 dalam sejarah Formula 1

Yuki Tsunoda Sempat Sedikit Takut saat Pertama Kali Kemudikan Mobil F1pembalap AlphaTauri Yuki Tsunoda (formula1.com)

Pengalaman pertama Tsunoda mengendarai mobil Formula 1 menjadi pembuka jalan baginya untuk berkiprah di ajang mobil itu. AlphaTauri memutuskan untuk merekrut pembalap bernomor mobil 22 tersebut menggantikan posisi Daniil Kvyat.

Dikutip Formula1.com, Yuki Tsunoda menjadi pembalap Jepang pertama di Formula 1 sejak terakhir kali Kamui Kobayashi berada di kejuaraan pada musim 2014 silam. Tsunoda juga menjadi pembalap Jepang ke-18 yang berkompetisi di Formula 1 sepanjang sejarah.

5. Musim perdana Tsunoda di Formula 1 pada 2021 berjalan tak begitu mulus

Yuki Tsunoda Sempat Sedikit Takut saat Pertama Kali Kemudikan Mobil F1pembalap AlphaTauri Yuki Tsunoda (formula1.com)

Musim perdana Tsunoda di Formula 1 pada 2021 lalu berjalan kurang begitu mulus. Setelah finis posisi ke-9 pada balaan pembukan di Bahrain, Tsunoda langsung empat kali beruntun gagal finis di zona poin.

Pada akhir musim, Tsunoda bertengger di posisi ke-14 klasemen pembalap lewat perolehan 32 poin. Menatap musim baru, Tsunoda bertekad memberikan penampilan terbaik agar posisinya di grid bersama AlphaTauri tetap aman. Apakah itu bisa diwujudkan olehnya? Layak untuk ditunggu.

Baca Juga: Diasapi Rekan Setim, Yuki Tsunoda Butuh Tampil Maksimal pada 2022

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya