Pemprov DKI Guyur Bonus ke 123 Atlet SEA Games Vietnam

Bonus baru turun sekarang, kenapa?

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 123 atlet asal DKI Jakarta yang berlaga di SEA Games 2021, Vietnam, mendapat bonus Pemerintah Provinsi. Pejabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menyatakan pihaknya mengucurkan bonus tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap para atlet yang sudah mengharumkan nama daerah di pentas internasional dengan meraih medali.

"Terima kasih kepada 123 atlet yang telah berjuang pada perhelatan SEA Games di Vietnam kemarin. Selamat kepada pemenang, jadikan ini sebagai motivasi untuk memperkuat kapasitas sebagai seorang atlet. Semoga bisa menginspirasi dan menjadi pelecut semangat bagi yang lainnya," kata Heru, di Balai Kota DKI Jakarta pada Rabu (3/5/2023).

1. Pelatih juga kecipratan

Pemprov DKI Guyur Bonus ke 123 Atlet SEA Games VietnamPenjabat (Pj) Heru Budi Hartono memberikan bonus atlet asal Jakarta, Rabu (3/4/2023)/IDN Times Dini Suciatiningrum

Tak cuma atlet, para pelatih juga diberikan penghargaan oleh Pemprov DKI. Heru berterima kasih kepada mereka karena sudah merelakan dan berkorban banyak hal ketika bertarung dalam masa pandemik COVID-19 di Vietnam tahun lalu.

"Terima kasih juga kepada para pelatih dan ofisial, yang sudah berjuang dalam membimbing anak-anak kita di Jakarta menjadi perwakilan yang ikut mengharumkan nama bangsa dalam kancah Internasional. Tentunya, tidak mudah karena kala itu harus berlatih dalam kondisi menjaga protokol kesehatan," jelas Heru.

Baca Juga: Total 579 Medali Bakal Diperebutkan di SEA Games 2023

2. Ada proporsi bonus atlet dari APBD 2023

Pemprov DKI Guyur Bonus ke 123 Atlet SEA Games VietnamAtlet SEA Games Asal Jakarta menerima bonus dari Pemprov DKI di Balai Kota,Rabu (3/5/2023)/IDN Times Dini Suciatiningrum

Pemprov DKI Jakarta telah mengalokasikan bonus bagi atlet yang berprestasi melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023. Artinya, para atlet peraih medali di SEA Games 2023, Kamboja, yang membela panji DKI Jakarta, bisa menerima hal serupa.  

"Tahun ini, kami sudah menganggarkan bonus pagi para atlet berprestasi. Semoga bisa memotivasi mereka agar berlatih lebih giat lagi dan juga menjadi penyemangat untuk kembali berprestasi," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Andri Yansah menyampaikan, pemberian bonus ini dilakukan untuk penambah motivasi agar lebih berprestasi yang lebih tinggi.

"Kehormatan dan kebanggaan bangsa dan negara lebih diutamakan dan jauh lebih penting. Tapi, dengan adanya bonus, akan menjadi salah satu perhatian kepada para atlet berprestasi," kata Andri.

4. Rincian bonus atlet DKI Jakarta

Pemprov DKI Guyur Bonus ke 123 Atlet SEA Games VietnamInstagram

Perlu diketahui, pada perhelatan SEA Games ke-31 di Hanoi, Vietnam tersebut diikuti oleh 499 atlet asal Indonesia yang 123 di antaranya berasal dari DKI Jakarta. 

Indonesia berhasil meraih 69 medali emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Sebanyak 31 medali emas disumbang atlet asal DKI Jakarta. Hal ini menjadikan DKI Jakarta sebagai kontributor terbesar dalam sumbangsihnya terhadap prestasi olahraga nasional.

Pemprov DKI Jakarta memberikan bonus total Rp9,5 miliar dengan rincian sebagai berikut:

  1. Emas individu senilai Rp200 juta rupiah, perak Individu 100 juta rupiah, perunggu individu Rp60 juta rupiah.
  2. Emas ganda senilai Rp200 juta rupiah, perak ganda Rp80 juta rupiah, perunggu ganda Rp60 juta rupiah.
  3. Emas beregu Rp100 juta rupiah, perak beregu Rp50,5 juta rupiah, serta perunggu beregu Rp30,5 juta rupiah.

Baca Juga: Uniknya SEA Games 2023, Taman Dinosaurus Dijadikan Venue Bertanding

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya