Hasil Lengkap Badminton Asia Mixed Team Championships 2019

Sedih, Indonesia harus terhenti!

Babak semifinal Badminton Asia Mixed Team Championships 2019 telah usai digelar pada hari Sabtu (23/3/19) kemarin. Bertempat di Badminton Asia Confederation, Hong Kong, partai semifinal ini dimainkan pada dua sesi. Pada sesi pertama tim Indonesia berhadapan dengan tim Jepang, sementara pada sesi berikutnya tim tuan rumah, Hong Kong berhadapan dengan China.

Seperti apakah jalannya pertandingan? Berikut ulasannya.

1. Kalah 0-3 atas Jepang, Tim Indonesia terhenti di semifinal

Hasil Lengkap Badminton Asia Mixed Team Championships 2019badmintonindonesia.org

Pada partai semifinal kemarin, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tidak diturunkan. Ganda putra yang bertanding adalah Frengky Wijaya Putra/ Sabar Karyaman Gutama. Mereka turun di partai pertama berhadapan dengan wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Sayangnya, Sabar/Frengky tak dapat mengatasi perlawanan dari ganda putra Jepang tersebut dan menyerah dua set langsung dengan skor 21-11, 21-18. Dengan hasil ini, Indonesia tertinggal 0-1 atas Jepang.

Tunggal putri Ruselli Hartawan turun di partai kedua. Ruselli harus berhadapan dengan Sayaka Takahashi (Jepang). Mendapat perlawanan yang sengit, Ruselli juga menyerah dua set langsung. Game pertama Ruselli kalah dengan skor 15-21, begitu juga dengan game kedua, Ruselli kalah dengan skor 15-21. Sampai di sini, Indonesia sudah tertinggal 0-2 atas Jepang.

Tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito yang diharapkan membawa angin segar bagi tim Indonesia turun di partai ketiga. Vito berhadapan dengan Kanta Tsuneyama. Game pertama Vito sempat unggul 21-15. Namun di game kedua Vito  menyerah 17-21, dan digame ketiga kalah 16-21.

Kekalahan Vito ini juga berarti terhentinya tim Indonesia di babak semifinal Badminton Asia Mixed Team Championships 2019 usai takluk atas tim Jepang 0-3. Dengan demikian, tim Indonesia keluar sebagai semifinalis.

2. Meski kalah, tim Indonesia sudah sesuai target

Hasil Lengkap Badminton Asia Mixed Team Championships 2019badmintonindonesia.org

Meskipun terhenti di babak semifinal, rupanya hal ini sudah sesuai target dari PBSI. “Sesuai prediksi kami, targetnya semifinal. Bukan tak mau juara, tapi lihat dari kekuatan, kami realistis. Tim kami tidak membawa pemain inti, begitu juga dengan negara lain,” ucap Susy Susanti seperti yang dilansir dari badmintonindonesia.org.

Susy juga mengatakan bahwa pertandingan di Badminton Asia Mixed Team Championships 2019 ini bisa sebagai pembelajaran untuk para pemain kedepannya, sebab secara keseluruhan mereka adalah pemain pelapis.

Baca Juga: Line-Up Tim Indonesia Vs Jepang di Semifinal Tong Yun Kai Cup 2019

3. Di partai semifinal lainnya, China taklukkan tuan rumah, Hong Kong 3-0

Hasil Lengkap Badminton Asia Mixed Team Championships 2019bwfbadminton.com

Pada babak semifinal lainnya, China berhasil menaklukkan tim tuan rumah, Hong Kong dengan skor 3-0. Ganda campuran China, He Jiting/Du Yue turun di partai pertama berhadapan dengan Tang Chun Man/Ng Tsz Yau. Kemenangan menjadi milik tim China setelah He Jiting/ Du Yue menang secara rubber game dengan skor 21-10, 22-20, dan 21-14.

China menambah keunggulan menjadi 2-0 setelah tunggal putra Lu Guangzu berhasil menaklukkan Lee Cheuk Yiu secara straight game 21-18, 21-9. Turun di partai ketiga, ganda putra China, Han Chengkai/Zhou Haodong menjadi kunci kemenangan bagi tim China usai menundukkan Chang Tak Ching/Yeung Ming Nok secara rubber game 14-21, 21-18 dan 21-17.

Dengan hasil pada babak semifinal ini, maka tim Jepang dan China berhak melaju ke babak final.

Baca Juga: Dimulai Besok, Berikut Daftar Pemain Indonesia di Tong Yun Kai Cup

Dwi Yuliati Photo Verified Writer Dwi Yuliati

Reading | Writing | Badminton Lovers

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya