Sedih! Pemain Indonesia Berguguran di R2 Badminton Asia Championships 2018

Hanya 4 wakil yang lolos ke babak perempat final

Hasil yang kurang menyenangkan datang dari pebulutangkis-pebulutangkis Indonesia yang berlaga di Badminton Asia Championships 2018. Memasuki babak kedua pada Kamis (26/04/18), banyak pemain Indonesia yang berguguran. Dari sekian banyak wakil Indonesia yang bertanding di babak ini, hanya 4 wakil saja yang berhasil melaju ke babak perempat final.

Berikut ini adalah hasil lengkap pemain Indonesia di babak kedua Badminton Asia Championships 2018.

1. Dua ganda campuran menang dan melaju ke babak perempat final

Sedih! Pemain Indonesia Berguguran di R2 Badminton Asia Championships 2018badmintonindonesia.org

Dua wakil ganda campuran Indonesia berhasil menang pada pertandingan babak kedua yang digelar Kamis (26/04/18). Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil melaju ke babak perempat final setelah menaklukkan pemain Thailand, Tinn Isriyanet/Pacharapun Chocuwong. Tontowi/Liliyana menang straight game dengan skor 21-16, 21-15. Pasangan ini merupakan wakil pertama Indonesia yang berhasil lolos ke babak perempat final.

Sementara itu, Ricky Karandasuwardi/Debby Susanto berhasil menyusul Tontowi/Liliyana ke babak perempat final setelah menang di babak kedua. Ricky/Debby mengalahkan unggulan 6 asal Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai dua set langsung dengan skor 21-16, 26-24.

Dengan demikian, ganda campuran berhasil meloloskan 2 wakil ke babak perempat final Badminton Asia Championships 2018.

2. Ganda putri juga kirimkan 2 wakil ke babak perempat final

Sedih! Pemain Indonesia Berguguran di R2 Badminton Asia Championships 2018badmintonindonesia.org

2 ganda putri Indonesia yang masih bertahan adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta. Dua ganda putri ini berhasil melaju ke babak perempat final setelah menang pada pertandingan di babak kedua.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses tundukkan pemain Korea, Baek Ha Na/Lee Yu Rim secara rubber game. Pasangan Indonesia menang dengan skor akhir 21-12, 17-21, dan 21-13. Pertandingan antara kedua pasangan ini memakan waktu terlama dengan durasi 85 menit.

Sementara Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta mampu membuat kejutan dengan mengalahkan unggulan pertama, Chen Qingchen/Jia Yifan. Della/Rizki menang dua set langsung dengan skor 21-16, 21-14.

3. Tunggal putra berguguran

Sedih! Pemain Indonesia Berguguran di R2 Badminton Asia Championships 2018bwfbadminton.com

Dua pemain tunggal putra yang bermain pada babak kedua ini adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Sayangnya, kedua pemain tersebut mengalami kekalahan atas lawannya masing-masing. Anthony Sinisuka Ginting tak mampu menghadang perlawanan dari Lee Chong Wei (Malaysia). Ginting kalah atas unggulan 5 tersebut secara rubber game dengan skor 21-16, 9-21 dan 11-21.

Sementara Jonatan Christie kalah atas unggulan 8, NG Ka Long Angus. Lewat pertandingan tiga game, Jonatan harus mengakui keunggulan lawan dan kalah dengan skor 19-21, 21-12, dan 15-21. Kalahnya Ginting dan Jonatan di babak kedua ini, berarti pula habisnya wakil tunggal putra Indonesia di Badminton Asia Championships 2018.

4. Ganda putra pun habis tak tersisa

Sedih! Pemain Indonesia Berguguran di R2 Badminton Asia Championships 2018bwfbadminton.com

Ada 4 wakil ganda putra Indonesia yang bertanding di babak kedua Badminton Asia Championships 2018. Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Berry Angriawan/Hardianto, Angga Pratama/Rian Agung Saputro, dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Sedihnya, dari keempat wakil ganda putra tersebut, tak ada satupun ganda putra yang menang di babak kedua ini. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menempati unggulan 7 harus takluk dari pemain Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Fajar/Rian kalah rubber game dengan skor 16-21, 21-16 dan 13-21.

Berry Anggirawan/Hardianto takluk atas pemain Malaysia yang menempati unggulan 8, Goh V Shem/Tan Wee Kiong 16-21, 18-21. Angga Pratama/Rian Agung Saputro harus retired di game pertama saat keduduk 4-11 dikarenakan Angga mengalami cedera. 

Sementara itu, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang pekan lalu menjuarai Malaysia IC 2018 juga harus mengalami kekalahan. Hendra/Ahsan kalah atas unggulan 5, Lee Jhe-Huei/Lee Yang secara rubber game dengan skor 18-21, 21-18 dan 16-21.

Alhasil Indonesia sudah tak memiliki lagi wakil ganda putra yang bertanding di Badminton Asia Championships 2018 setelah keempat wakilnya kalah di babak kedua. Dengan demikian, harapan Indonesia tinggal tersisa pada sektor ganda campuran dan ganda putri yang masih menyisakan 4 wakil bertahan.

Dwi Yuliati Photo Verified Writer Dwi Yuliati

Reading | Writing | Badminton Lovers

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya