Comscore Tracker

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis, Sejarah, dan Manfaatnya

Bulu tangkis adalah olahraga yang cukup populer di Indonesia

Citayam, IDN Times - Olahraga badminton atau banyak orang menyebutnya sebagai olahraga bulu tangkis ialah jenis olahraga yang banyak diminati oleh banyak orang, sebab mulai dari anak-anak hingga dewasa banyak yang memainkan olahraga bulu tangkis.

Bukti jika bulu tangkis ialah jenis olahraga yang cukup populer ialah dengan diselenggarakan pertandingan setingkat internasional seperti Olimpiade, Asian Games, SEA Games, juga tingkat nasional seperti Djarum Superliga dan Sirnas.

Tak hanya populer, olahraga ini juga mempunyai sejuta manfaat saat dimainkan, jadi tak ada alasan lagi untuk kamu tak mencoba olahraga bulu tangkis ini.

Sebelum kamu melakukan olahraga bulu tangkis alangkah baiknya kamu memahami terlebih dahulu ukuran lapangan bulu tangkis. Jadi saat kamu mau membuat lapangan bulu tangkis sendiri kamu sudah tahu bermacam ukuran garis sesuai dengan standar nasional atau pun internasional.

1. Sejarah bulu tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis, Sejarah, dan Manfaatnyahttps://image.terbaiknews.net/image/2020/02/28/5e586781ad64a.jpg

Banyak versi yang menyebutkan olahraga bulu tangkis berasal dari beberapa negara. Ada yang menyebutkan olahraga bulu tangkis berasal dari peradaban Mesir kuno karena sekitar 2.000 tahun lalu terdapat olahraga sejenis adalah olahraga yang memakai raket dan kok.

Ada juga yang mengatakan olahraga bulu tangkis berasal dari negara India dan Tiongkok karena di Tiongkok dahulu terdapat olahraga yang bernama Jianzi di mana itu merupakan olahraga yang memakai kok tapi tak memakai raket untuk memukulnya melainkan memakai kaki.

Sedangkan di Inggris, sejak zaman pertengahan ada olahraga anak-anak yang cukup populer yang bernama Battledores dan Shuttlecocks yakni olahraga memakai kayu dayung/tongkat untuk memukul kok agar tak jatuh ke tanah.

Tak cuma dimainkan di negaranya sendiri olahraga tersebut oleh rakyat Inggris diperkenalkan ke negara-negara asia contohnya di Jepang, Tiongkok, dan Siam (sekarang Thailand) di saat Inggris menguasai Asia.

Olahraga tersebut dibuat suatu kompetitif dengan ditambahkan jaring yang diciptakan oleh petugas tentara Britania di Pune, India, pada abad ke-19 yang di masa itu dikenal dengan nama Poona.

Para tentara Inggris itu pun membawa kembali olahraga tersebut ke negaranya di tahun 1850-an dan nama badminton sendiri didapatkan di tahun 1860 yang tertulis di sebuah pamflet Isaac Spratt yang merupakan seorang penyalur mainan Inggris.

Rancangan peraturan pertama kali dibuat oleh klub badminton bernama Bath di 1877 dan menyusul dibentuknya Asosiasi Bulu Tangkis Inggris di 1893. Kejuaraan internasional pertama kali dilakukan di tahun 1899 adalah Kejuaraan All England.

Baca Juga: 11 Pemain Bulu Tangkis Terbaik Indonesia Sepanjang Masa, Wajib Tahu!

2. Manfaat bermain bulu tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis, Sejarah, dan Manfaatnyahttps://image-cdn.medkomtek.com/pQ71luXS0f4uAZKr3QDVADGt-mY=/1200x675/smart/klikdokter-media-buckets/medias/2308178/original/085230600_1568112682-Ini-8-Manfaat-Olahraga-Bulu-Tangkis-untuk-Kesehatan-By-Jari-Hindstroem-Shutterstock.jpg

Sesudah membahas sejarah olahraga bulu tangkis, sekarang kita akan membahas apa saja manfaat yang kamu dapatkan saat memainkan olahraga bulu tangkis. Diharapkan saat kamu mengetahui manfaat ini dapat membuat kamu semakin mantap memainkan olahraga ini.

Berikut bermacam manfaat saat kamu memainkan olahraga bulu tangkis:

  1. Mencegah Obesitas, Hampir semua orang pasti tak ingin terkena obesitas, selain karena kurang nyaman dengan bentuk tubuh yang kurang ideal, obesitas juga dapat memperbesar kemungkinan terkena bermacam penyakit lain. Olahraga bulu tangkis mungkin akan cocok dengan kamu, karena dalam olahraga bulu tangkis merupakan bentuk olahraga yang dapat mereduksi kolesterol di dalam tubuh kamu, karena cara memainkannya yang asyik tak terasa olahraga ini dapat menguras kolesterol jahat di tubuh kamu.
  2. Meningkatkan Kekuatan Kaki, meski ukuran lapangan bulu tangkis tak sebesar ukuran lapangan sepak bola, tapi proses memainkan olahraga ini membutuhkan gerak yang cukup lincah, seperti bergerak ke depan, ke belakang secara cepat dan juga loncat saat jump smash akan membuat otot-otot kaki kamu semakin kuat.
  3. Membentuk Postur Tubuh Menjadi Lebih Ideal, dalam bermain bulu tangkis kamu akan dipaksa berlari, berlompat dan berpindah tempat secara cepat saat mengambil kok yang dilancarkan oleh lawan, hal tersebut dapat membuat otot-otot dan tulang yang ada di tubuh kamu menjadi kuat jadi membentuk tubuh kamu lebih ideal.
  4. Menghilangkan Stres, menurut beberapa ahli dengan memainkan olahraga bulu tangkis dapat menghilangkan stres, selain dapat menghilangkan stres dipercaya juga dengan memainkan bulu tangkis dapat meningkatkan fokus kamu.

3. Ukuran lapangan bulu tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis, Sejarah, dan Manfaatnyahttps://i0.wp.com/perpustakaan.id/wp-content/uploads/2016/09/Ukuran-Lapangan-Bulu-Tangkis-Standar-Nasional-Dan-Internasional.png

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis/Badminton:

  • Panjang lapangan: 13.40 meter.
  • Lebar lapangan: 6.10 meter.
  • Jarak antara garis net sampai garis servis: 1.98 meter.
  • Jarak antara garis servis tengah dengan garis samping lapangan: 3.05 meter.
  • Jarak antara garis servis belakang (untuk pertandingan ganda) dengan garis belakang lapangan: 0.76 meter.
  • Jarak antara garis samping di permainan tunggal dengan garis pinggir lapangan: 0.46 meter.
  • Tinggi tiang net: 1.55 meter.
  • Tinggi net: 1.55 meter.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Kategori Tunggal Putra atau Putri:

  • Panjang lapangan: 13.40 meter.
  • Panjang lapangan: 4.72 meter.
  • Lebar lapangan: 5.18 meter.
  • Lebar lapangan permainan penerima servis: 2.59 meter.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Kategori Ganda Putra, Putri atau Campuran:

  • Panjang lapangan: 13.40 meter.
  • Lebar lapangan: 6.10 meter.
  • Panjang lapangan permainan penerima servis: 3.96 meter.
  • Lebar lapangan permainan penerima servis: 3.05 meter.

Untuk pemain yang usianya dibawah 9 tahun, maka ukuran lapangan badminton yang digunakan ialah panjang 10.05 m sedangkan untuk lebarnya ialah 4.40 m.

4. Ukuran net bulu tangkis beserta keterangannya

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis, Sejarah, dan Manfaatnyahttps://1.bp.blogspot.com/-nmuomXVDU94/XZro5SxB6MI/AAAAAAAACkM/cvnstB7oLU8LdqFCR4gIIIM4UjgdTdQwQCLcBGAsYHQ/s640/net.jpg

Berikut penjelasan dari ukuran net dalam olahraga badminton baik untuk putra/putri dan untuk permainan tunggal/ganda:

  • Tinggi tiang net: 1.55 meter.
  • Tinggi net: 1.524 meter.
  • Panjang net: 6.10 meter.
  • Lebar net: 0.75 meter.
  • Puncak net paling atas diberi batasan putih selebar: 7.5 cm.

Berikut tadi informasi singkat tentang Ukuran Lapangan Badminton Lengkap Gambar dan Keterangannya. Semoga bisa berguna bagi kamu baik untuk mengerjakan tugas ataupun untuk sekadar menambah wawasan seputar ukuran lapangan badminton, ukuran lapangan bulu tangkis, lapangan badminton, gambar lapangan badminton, tinggi net badminton, gambar lapangan badminton beserta ukurannya dan ukuran net badminton.

Baca Juga: Puluhan Legenda Bulu Tangkis Minta Moeldoko Jadi Ketum PBSI

erick ranes akbar Photo Writer erick ranes akbar

https://www.linkedin.com/in/erickranes/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya