Comscore Tracker

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap dengan Gambar dan Sejarahnya

Meski bentuk stadion beragam, ukuran lapangan semua sama!

Citayam, IDN Times - Hampir semua orang menyukai sepak bola, apalagi di negara gila bola seperti Indonesia. Mau di lapangan rumput atau pinggir jalan sekali pun, selama ada bola, permainan ini bisa mudah dilakukan. Namun, tahukah kamu ukuran lapangan sepak bola yang sesuai standar FIFA?

Meski bentuk dan kapasitas stadion sepak bola berbeda-beda dan bisa tampung ratusan ribu orang, namun ukuran lapangan sepak bola sejatinya semua sama, lho!

Baca Juga: Ukuran Lapangan Futsal Nasional dan Internasional

1. Sejarah singkat sepak bola

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap dengan Gambar dan Sejarahnyaindosport.com

Sejarah sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Tiongkok. Saat masa Dinasti Han, rakyat tiongkok bermain menggiring bola kulit dan menendangnya ke jaring kecil. Permainan ini dimainkan juga di Jepang dengan sebutan Kemari. Di Italia, permainan ini juga digemari pada saat abad ke-16.

Sepak bola modern berkembang di Inggris dengan membuat aturan dasar dan menjadi disukai oleh banyak kalangan. Di beberapa pertandingan, permainan itu  menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan jadi Raja Edward III sempat melarang olahraga tersebut dimainkan pada tahun 1365.

Di tahun 1815, suatu perkembangan besar yang sebabkan sepak bola jadi terkenal di lingkungan sekolah dan universitas. Munculnya sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern di tahun 1863 saat 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan peraturan baku untuk permainan tersebut.

Di saat yang sama, terjadi pemisahan yang jelas di antara sepak bola dengan olahraga rugby. Di tahun 1869, membawa bola menggunakan tangan dilarang dalam sepak bola. Sepanjang tahun 1800-an, olahraga itu dibawa oleh pedagang, pelaut, dan tentara Inggris ke seluruh dunia. Di tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia Fédération Internationale de Football Association (FIFA) dibentuk dan awal mula tahun 1900-an, bermacam kompetisi dimainkan di berbagai negara. Sepak bola akhirnya mulai digemari mulai abad ke-16.

Baca Juga: 5 Pebisnis Asia yang Diketahui Memiliki Klub Sepak Bola Asal Inggris

2. Pengertian permainan sepak bola

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap dengan Gambar dan Sejarahnyaidntimes.com

Sepak bola adalah permainan yang dimainkan oleh 2 tim dengan menggunakan bola dan masing-masing tim beranggotakan 11 orang (sudah termasuk kiper). Tujuannya permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dan tim yang memasukkan bola paling banyak hingga peluit akhir dibunyikan adalah tim yang menang. Lama permainan sepak bola adalah 90 menit (waktu normal) dan dibagi menjadi 2 babak (2x45 menit).

Peraturan paling dasar dalam sepak bola adalah bola tidak boleh menyentuh tangan (kecuali kiper) dan harus menggunakan kaki atau anggota badan lain selain tangan. Pada awal peluit dibunyikan, pemain menendang bola ke rekan satu tim yang mana adalah tanda bahwa permainan sudah dimulai. Nah mulai dari sini, pemain akan mulai merebut bola dan bersaing untuk memasukkan bola ke gawang lawan.

3. Peraturan umum dalam sepak bola

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap dengan Gambar dan Sejarahnyaidntimes.com

Pemain dapat mengumpan dan melewati pemain lawan untuk dapat membawa bola ke jantung pertahanan lawan. Namun, tentu saja pemain tersebut harus menguasai teknik dasar sepak bola, karena apabila belum menguasainya maka bola akan mudah direbut pemain lawan.

Selain itu ada beberapa peraturan yang wajib juga kalian ketahui sebagai penikmat mau pun pemain bola. Pertama, jika ada seorang pemain yang mengumpan pada rekan satu timnya namun ketika bola akan ditendang, orang tersebut sudah melewati pemain terakhir musuh (kiper tidak dihitung) maka akan dianggap offside.

Lantas apalagi hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang pemain sepak bola?

Terlepas dari beberapa peraturan umum seperti tidak boleh menendang lawan, mencaci atau memaki lawan, memprovokasi pemain, berlaku kasar, dengan sengaja membuat pelanggaran, dll. ada hal penting yang perlu kalian tahu sebagai penggemar mau pun pemain bola.

Kiper tak boleh memegang bola hasil operan rekan satu tim apabila sedang tidak dalam tekanan (pressing) pemain lawan. Intinya kiper dilarang memegang bola operan rekan satu tim meski pun di area kotak penalti apabila tak ada pressing dari lawan. Apabila hal tersebut terjadi maka akan dianggap pelanggaran dan berbuah tendangan bebas untuk pemain lawan. Namun tendangan bebas tersebut bukan sebuah penalti, tendangan tersebut masih boleh diblok oleh pemain karena pada dasarnya itu adalah pelanggaran dan bukan sebuah penalti.

Baca Juga: Sejarah Sepak Bola Indonesia, Merebut Kemerdekaan Lewat Kulit Bundar

4. Ukuran lapangan sepak bola internasional

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap dengan Gambar dan Sejarahnyabangayas.com

Ukuran lapangan sepak bola standar internasional sesuai dengan aturan yang telah dibuat dan dicanangkan oleh FIFA.

Ukuran lapangan sepak bola internasional:

o   Panjang : 100 m (min) - 120 m (max)

o   Lebar : 75 m (min) – 90 m (max)

o   Lingkaran tengah dengan radius 9.5 m

o   Panjang kotak penalti : 40 m

o   Lebar kotak penalti : 16.5 m

o   Jarang tendangan penalti : 11 m

o   Panjang gawang : 18.32 m

o   Lebar gawang : 5.5 m

o   Tinggi gawang : 2.4 m

o   Lebar gawang : 7.3 m

Panjang lapangan sepak bola berukuran 100 meter hingga 110 meter untuk pertandingan resmi tingkat internasional. Sedangkan lebar lapangan sepak bola standar internasional berukuran 64 meter hingga 75 meter untuk pertandingan resmi tingkat internasional. Jadi data di atas hanya sebagai tolak ukur saja.

5. Ukuran lapangan sepak bola nasional

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap dengan Gambar dan Sejarahnyaperpustakaan.id

Baik nasional mau pun internasional, sebenarnya ukurannya sama saja. Hanya saja, terdapat sedikit perbedaan dari segi panjang lapangan. Mungkin karena kebijakan di tiap negara berbeda-beda ya jadi ukurannya tidak sama. Namun selama masih dalam standar atau jangkauan yang ditetapkan oleh FIFA, itu tidak masalah. Berikut detail ukuran lapangannya.

Ukuran lapangan sepak bola nasional:

o   Panjang : 90 meter (min) – 120 meter (max)

o   Lebar : 45 meter (min) – 95 meter (max)

o   Lingkaran tengah dengan radius 9.5 m

o   Panjang kotak penalti : 40 m

o   Lebar kotak penalti : 16.5 m

o   Jarang tendangan penalti : 11 m

o   Panjang gawang : 18.32 m

o   Lebar gawang : 5.5 m

o   Tinggi gawang : 2.4 m

o   Lebar gawang : 7.3 m

Nah dengan 2 detail ukuran lapangan di atas, tentu kalian dapat membedakannya ya. Untuk ukuran lapangan standar internasional adalah ukuran yang digunakan untuk pertandingan berkelas internasional seperti pertandingan resmi antar-negara mau pun klub-klub antar-negara.

Sedangkan untuk ukuran lapangan nasional sendiri adalah ukuran yang digunakan untuk kompetisi maupun non kompetisi di dalam negeri, dan biasanya sudah ditetapkan oleh PSSI (namun masih dalam ukuran standar yang ditetapkan FIFA).

Baca Juga: Macho Parah, Tengok 10 Potret Artis Saat Main Sepak Bola

6. Ukuran bola

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap dengan Gambar dan Sejarahnyaapollo-singapore.akamaized.net

Spesifikasi ukuran bola sebagai berikut:

  • Berbentuk bundar Terbuat dari kulit atau bahan lain yang sesuai Lingkaran tidak lebih dari 70 sentimeter dan tidak kurang dari 68 sentimeter.
  • Berat bola tidak lebih dari 459 gram dan tidak kurang dari 410 gram pada saat dimulainya pertandingan.
  • Tekanan udara 0,6-1,1 atm pada permukaan laut
  • Pergantian bola yang rusak dapat dilihat sebagai berikut: Jika bola rusak atau kurang berfungsi dengan baik ketika pertandingan.
  • Dalam hal ini sehingga ketentuannya: Pertandingan harus dihentikan sementara Pertandingan dilanjutkan dengan menjatuhkan bola pengganti pada tempat di mana bola pertama mengalami kerusakan.
  • Jika bola pecah dalam permainan Jika bola pecah atau rusak ketika dalam permainan, pada saat dilakukan tendangan permulaan, tendangan gawang, tendangan sudut, tendangan hukuman atau lemparan ke dalam. Maka pertandingan dilanjutkan sesuai dengan keadaan saat itu.
  • Penggantian bola selama pertandingan berlangsung tidak dapat dilakukan tanpa izin atau perintah wasit.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap dengan Gambar dan Sejarah Singkat

erick ranes akbar Photo Writer erick ranes akbar

https://www.linkedin.com/in/erickranes/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya