5 Catatan Menarik Loh Kean Yew di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021

Cetak sejarah untuk bulu tangkis Singapura

Pada gelaran BWF World Championship 2021 yang diselenggarakan di Carolina Marin Sports Palace Huelva, Spanyol, pebulutangkis tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew tampil mencuri perhatian dengan menjadi satu-satunya underdog yang mencapai final di Kejuaraan Dunia BWF 2021 di sektor tunggal putra. Simak, berikut lima catatan menarik Loh Kean Yew di ajang Kejuaraan Dunia BWF 2021.

1. Taklukkan juara emas Olimpiade Tokyo 2020

5 Catatan Menarik Loh Kean Yew di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021potret tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen bersama tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew di Indonesia Open 2021 (instagram.com/bwf.official))

Melawan rangking nomor satu dunia sekaligus juara emas Olimpiade Tokyo 2020, yakni Viktor Axelsen, Loh Kean Yew tampil mengejutkan. Ia mampu menumbangkan Viktor Axelsen di putaran pertama babak 64 besar.

Loh mengalahkan Axelsen lewat pertarungan rubber game dengan skor cukup telak. Ia menang 21-14, 9-21 dan 6-21 di BWF World Championship pada hari Senin (13/12/2021).

2. Menang mudah dengan memastikan menyegel tiket ke semifinal

5 Catatan Menarik Loh Kean Yew di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew di Kejuaraan Dunia 2021 (instagram.com/huelva2021wc)

Di putaran ketiga babak 16 besar, pebulutangkis 24 tahun kelahiran Malaysia ini semakin menggila. Ia tampil begitu agresif dalam menyerang dan menguasai permainan lapangan depan yang tenang.

Loh Kean Yew berhasil menyingkirkan tunggal putra nomor satu Thailand, Kantaphon Wangcharoen. Ia menang mudah hanya dua set langsung dengan skor telak 21-4, 21-7 dalam tempo 30 menit.

3. Tunggal putra unggulan ketiga dunia dibuat pontang-panting

5 Catatan Menarik Loh Kean Yew di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021Anders Antonsen bersama Loh Kean Yew di Kejuaraan Dunia 2021 (instagram.com/bwf.official)

Pada laga semifinal, Loh Kean Yew membungkam peraih medali perak BWF World Championship 2019, Anders Antonsen. Pada pertemuan pertama tersebut, Low Kean Yew bermain dengan mengandalkan serangan yang gemilang dan sangat cepat serta pertahanan yang kuat.

Permainan agresif Loh menyebabkan Antonsen yang mempunyai riwayat migrain dibuat pontang-panting dan tidak mampu mengembangkan permainannya. Antonsen pun kalah lewat straight game alias dua set langsung dengan skor 23-21 di set pertama dan set kedua lebih telak lagi dengan skor 21-14.

4. Berhasil meraih emas Kejuaraan Dunia BWF 2021

Loh Kean Yew berhasil menjadi juara dunia bulu tangkis 2021 setelah menaklukkan wakil India, Kidambi Srikanth dalam dua set langsung dengan skor 21-15, 22-20. Kepada media Singapura, Loh Kean Yew menyatakan keberhasilannya terbesarnya membuat dirinya sangat bahagai.

"Saya akhirnya bisa memberi tahu dunia betapa bahagianya saya karena saya telah menahan (bagaimana perasaan saya) dan saya harus tetap fokus," katanya sambil tertawa. "Sekarang saya akhirnya bisa memberi tahu (semua orang) bahwa saya benar-benar bahagia," ungkap Loh Kean Yew dilansir laman CNA. Tetapi pemain yang memutuskan berhenti kuliah untuk mengejar karir sebagai atlet profesional itu bertekad untuk tidak berpuas diri.

5. Pemain Singapura pertama yang mencapai final Kejuaraan Dunia Bulu tangkis

5 Catatan Menarik Loh Kean Yew di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew di Kejuaraan Dunia 2021 (instagram.com/bwf.official)

Mencetak sejarah sebagai juara dunia bulu tangkis 2021, Loh Kean Yew membuat Singapura mencatatkan rekor perdananya di sektor tunggal putra pada Kejuaraan Dunia BWF yang berlangsung sejak 1977. Selain itu, Singapura menjadi negara ketiga di Asia Tenggara yang memenangkan emas di ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis setelah Indonesia dan Thailand.

Itulah lima catatan menarik Loh Kean Yew di gelaran Kejuaraan Dunia Bulu tangkis 2021. Semoga sukses di turnamen berikutnya, ya!

Esti Rahmawatun N Photo Writer Esti Rahmawatun N

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya