Comscore Tracker

5 Ganda Putra Bulu Tangkis Terlama Duduki Peringkat Satu BWF

Ganda putra dari Indonesia mendominasi, lho!

Menjadi pemain bulu tangkis nomor satu dunia merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi para atlet. Namun, agar tetap berada di fase tersebut untuk waktu yang cukup lama bukanlah hal yang mudah. Butuh kerja keras, pengorbanan, dan kesabaran yang tinggi agar terus konsisten di setiap kejuaraan.

Sama halnya dengan sektor lain, sektor ganda putra juga memiliki persaingan yang ketat, terutama untuk mencapai peringkat teratas di BWF. Hal tersebut dirasakan oleh beberapa pemain ganda putra di bawah ini. Pasalnya, mereka berhasil menempati posisi ranking satu dunia terlama di dunia versi Badminton World Federation (BWF) secara berturut-turut.

Kira-kira siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (37 Minggu)

5 Ganda Putra Bulu Tangkis Terlama Duduki Peringkat Satu BWFHendra Setiawan/Mohammad Ahsan (instagram.com/king.chayra)

Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan, atau biasa dijuluki sebagai The Daddies, adalah salah satu pasangan ganda putra Indonesia yang saat ini menempati peringkat ke-3 dunia. Meski menjadi ganda putra tertua saat ini, keduanya masih mampu menunjukkan persaingan yang ketat di level teratas kejuaraan dunia.

The Daddies sendiri menduduki peringkat ke-2 dunia BWF sebelum akhirnya disusul oleh pasangan ganda putra Jepang, Takuro Hoki dan Yugo Kobayashi. Capaian terbaik Hendra/Ahsan ketika mereka menduduki peringkat pertama BWF berturut-turut selama 37 Minggu.

2. Koo Kien Keat/Tan Boon Heong (39 Minggu)

5 Ganda Putra Bulu Tangkis Terlama Duduki Peringkat Satu BWFTan Boon Heong/Koo Kien Keat (bwfbadminton.com)

Pasangan ganda putra Malaysia ini memulai karier secara ganda sejak tahun 2006. Tak lama dipasangkan, Koo/Tan berhasil mencapai babak final Japan Open di tahun 2006 sekaligus berhasil meraih medali emas di Doha Asian Games 2006.

Selain itu, salah satu pencapaian terbesar mereka adalah mampu tampil konsisten di kompetisi All England Badminton Championships 2007 hingga akhirnya berhasil memenangkan medali emas setelah mengalahkan juara dunia, Cai Yun dan Fu Haifeng, dari China. Pasangan legendaris ini memiliki pencapaian tertinggi saat mereka bertengger di peringkat satu dunia selama 39 minggu. 

Baca Juga: 9 Fakta Chico Aura, Putra Papua Pertama Juara BWF World Tour Super 500

3. Cai Yun/Fu Haifeng (52 Minggu)

5 Ganda Putra Bulu Tangkis Terlama Duduki Peringkat Satu BWFCai Yun/Fu Haifeng (bwfbadminton.com)

Ganda putra yang pernah menduduki peringkat satu dunia lainnya datang dari negara China. Duet Cai Yun/Fu Haifeng berhasil membawa persaingan ketat di sektor ganda putra.

Keduanya tak kalah konsisten dan selalu memberikan performa terbaik di setiap pertandingan. Keduanya mampu meraih prestasi di berbagai ajang, seperti BWF Grand Prix dan BWF Superseries. Sebagai ganda putra yang ditakuti, tak heran jika mereka mampu menduduki peringkat pertama dunia BWF selama 52 Minggu atau setara dengan 13 bulan.

4. Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong (117 Minggu)

5 Ganda Putra Bulu Tangkis Terlama Duduki Peringkat Satu BWFLee Yong-dae/Yoo Yeon-seong (bwfbadminton.com)

Ganda putra lainnya datang dari Korea Selatan yang penampilannya selalu dinantikan oleh penggemar Indonesia. Pasalnya, kehadiran mereka membawa suasana baru di dunia bulu tangkis.

Di sisi lain, performa gemilang duet Lee/Yoo mengantarkan mereka menjuarai berbagai kejuaraan. Bahkan, pasangan ini sempat menjadi pemilik rekor pemuncak ranking BWF terlama sebelum akhirnya dipecahkan oleh pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi/Kevin Sanjaya. Kala itu, Lee/Yoo mampu bertahan di peringkat pertama ganda putra BWF selama 117 Minggu.

5. Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon (206 Minggu)

5 Ganda Putra Bulu Tangkis Terlama Duduki Peringkat Satu BWFKevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon (instagram.com/kevin_sanjaya)

Pasangan dengan julukan The Minions ini merupakan ganda putra terbaik yang saat ini dimiliki Indonesia. Pasalnya, duet Marcus Gideon/Kevin Sanjaya berhasil mencetak rekor sejarah baru dengan menduduki peringkat pertama selama kurang lebih 206 minggu hingga saat ini.

Meski Kevin/Marcus belum pernah merasakan juara dunia dan belum meraih medali emas di Olimpiade, The Minions mampu mencetak beberapa rekor hebat, salah satunya menjuarai 8 ajang BWF Superseries dalam satu tahun berturut-turut. Selain itu, mereka juga menjadi ganda putra pertama yang mampu meraih hingga 100 ribu poin.

Catatan prestasi sederet pasangan ganda putra tersebut memang patut diapresiasi setinggi-tingginya, terutama pencapaian pasangan ganda putra Indonesia. Tentunya, sebagai masyarakat Indonesia, sepatutnya kita terus memberikan dukungan dan doa agar masa depan ganda putra Indonesia semakin baik dan konsisten hingga mampu memecahkan rekor-rekor baru yang fantastis lagi.

Baca Juga: 11 Selebrasi Unik Pebulu Tangkis Dunia yang Terekam Akun Medsos BWF

Faialms Photo Verified Writer Faialms

welcome, happy reading~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya