Skateboard Targetkan Satu Medali Emas di Asian Games 2018

Target medali emas diberikan kepada atlet putra

Palembang, IDN Times - Sebuah kehormatan bagi cabang olahraga skateboard untuk pertama kalinya tampil di pentas bergengsi Asian Games 2018, sebagai uji coba menuju Olimpiade 2020 Tokyo.

Enam atlet skateboard akan membela Merah Putih yaitu Aldwien Angkawidjaya, Sanggoe Darma Tanjung, Jason Lijnzaat, Pevi Permana Putra, Bunga Nyimas, dan Aliqqa Novvery. 

Menjadi tuan rumah tentu jadi kekuatan ekstra buat mereka. Apalagi, jelas mereka lebih familiar dengan lintasan skateboard Jakabaring ketimbang peserta dari negara lain.

1. Ada dua nomor yang diperlombakan

Skateboard Targetkan Satu Medali Emas di Asian Games 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitya

Keenam atlet sudah dalam kondisi siap tempur. Saat menjalani latihan, Pevi sebagai atlet paling senior mengaku optimistis jelang perlombaan, bahkan sudah tak sabar menanti hari-H. 

Skateboard akan memainkan dua nomor yaitu street dan park (bowl), sehingga otomatis memperebutkan total empat medali emas, masing-masing dua untuk putri dan dua putra.

Untuk kategori park putra, Indonesia menurunkan Sanggoe dan Aldwin, sementara di nomor street akan dimainkan Pevi dan Jason. Dua atlet putri, Bunga akan tampil di dua nomor, street dan park, sementara Aliqqa yang merupakan atlet Asian Games 2018 termuda akan bermain hanya di nomor street.

Baca Juga: [Breaking] Asian Games 2018: Pencak Silat Sumbang Medali Emas Kedua!

2. Pelatih menargetkan satu medali emas untuk atlet putra

Skateboard Targetkan Satu Medali Emas di Asian Games 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitya

Pelatih kepala tim skateboard Indonesia, Jojaya Charles Kusuma atau yang akrab di sapa Charlie mengaku optimistis keenam atlet akan mempersembahkan emas bagi Merah Putih.

“Emas dari putra bisa saja datang dari Sanggoe atau Pevi. Satu emas cukup realistis. Kalau lebih Puji Tuhan. Lawan berat tentu dari Jepang dan China Taipe. Tapi, kami optimistis anak-anak melakukan yang terbaik," ujar Charlie di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (26/8).

3. Pelatih siapkan mental bertanding pada atlet putri

Skateboard Targetkan Satu Medali Emas di Asian Games 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitya

Sementara untuk atlet skateboard putri, Charlie mengatakan, pihaknya tidak menargetkan muluk-muluk, karena Asian Games 2018 merupakan ajang pengenalan untuk mereka, sekaligus melatih mental untuk bertanding.

“Bunga dan Aliqqa sama-sama aset kami, tapi kami tak memberi target terlalu tinggi kepada mereka berdua. Terpenting bisa tampil baik dan mengambil pengalaman dari ajang bergengsi Asian Games ini, agar lebih menambah kepercayaan diri," ujar Charlie yang juga didampingi dua pelatih lain, Yudi A Toengkagie dan Ardy Polii.

Total ada 10 negara yang ambil bagian pada ajang lomba skateboard yang akan dihelat pada Selasa dan Rabu (28-29/8) mendatang. Mereka adalah China, Hongkong, Indonesia, Jepang, China Taipeh, Korea, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Nepal. Peserta dari negara-negara tetangga sudah berdatangan sejak awal pekan dan mulai menjalani latihan resmi sejak Jumat (24/8) lalu.

Semoga atlet skateboard putra bisa mencapai taget medali emas ya guys. Semangat!

Baca Juga: Aksi-Aksi Cadas 5 Pro Skateboarder Ini Dijamin Bikin Gak Kedip

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya