Comscore Tracker

Tiket Asian Games Kelewat Mahal, Ini Jawaban Menteri Puan

Masyarakat nilai tiket Asian Games terlalu mahal

Jakarta, IDN Times - Panitia penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) telah merilis harga tiket masuk 40 cabang pertandingan olahraga yang akan dipertandingkan, temasuk pembukaan dan penutupan pesta olahraga terbesar di daratan benua Asia tersebut.

Namun masyarakat menilai harga tiket yang dikeluarkan oleh Inasgoc tersebut terlampau mahal.

1. Harga tiket telah ditentukan oleh OCA

Tiket Asian Games Kelewat Mahal, Ini Jawaban Menteri Puan

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan harga tersebut adalah harga yang telah ditetapkan oleh dewan olimpiade Asia (OCA).

"Tiketnya memang ada ketentuan standar dari (Dewan Olimpiade Asia) OCA memang kita sudah mengikuti kemudian meriset dari Inasgoc bahwa harga tersebut disesuaikan dengan misalnya tiket museum kemudian tiket pelaksanaan waktu Asian Games di lain-lain," ujar Puan Maharani di kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (12/07).

2. Puan berikan solusi mengenai harga tiket yang mahal

Tiket Asian Games Kelewat Mahal, Ini Jawaban Menteri Puan

Namun, Puan mengatakan telah berkonsultasi dengan Inasgoc untuk menyediakan satu tempat bagi masyarakat agar tetap bisa berkumpul menyaksikan pertandingan Asian Games.

“Jadi rakyat bisa datang, rakyat yang tidak menonton opening/closing secara langsung ataupun mengikuti pertandingan-pertandingan untuk masuk dalam venue-venue nya memang bisa ikut serta dalam kegiatan yang ada dalam Asian Games yang akan datang,” terangnya.

3. Inasgoc sediakan venue nonton bersama di kawasan GBK

Tiket Asian Games Kelewat Mahal, Ini Jawaban Menteri Puan

Sementara itu Direktur Ticketing Asian Games Sarman Simanjorang menjelaskan telah memikirkan rekomendasi yang diminta oleh Menko PMK terkait pembuatan tempat di luar venue sehingga masyarakat bisa hadir tanpa harus masuk dan membayar tiket. 

Lebih jauh Sarman mengatakan venue tersebut masih di dalam kawasan Gelora Bung Karno.

"Nah festival disana itu akan ada pagelaran musik, bazar, ada juga penjualan merchandise dan Menteri juga minta kita agar bikin viewnya dalam arti kata supaya kalau masyarakat selfie latar belakangnya sudah keliatan ooo ini loh bagian dari Asian Games gitu, itu sudah kita tampung," ungkap Sarman.

Baca Juga: Saksikan: Detik-Detik Kemenangan Muhammad Zohri di Kejuaraan Dunia!

Line IDN Times

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You