5 Hal yang Membuat Stephen Curry Sehebat Sekarang

Stephen Curry punya rekor luar biasa selama di NBA

Nama Stephen Curry makin mencuat kala membawa Golden State Warriors menjuarai NBA pada 2015. Dia juga mengantongi dua gelar Most Valuable Player (MVP) yang menegaskan posisinya sebagai salah satu yang terhebat sepanjang masa.

Pemain bernama lengkap Wardell Stephen Curry II kini dikenal sebagai pemain aktif dengan prestasi yang bisa membuatnya menjadi seorang Hall of Famer pada masa depan. Dia termasuk sosok revolusioner yang mengubah permainan bola basket selamanya.

Curry sendiri menjajal NBA sejak 2009 silam. Dia telah merasakan asam garam di liga bola basket tersohor sedunia ini selama lebih dari satu dekade.

Pada awal kariernya, tidak ada yang mengira Stephen Curry akan sehebat ini. Namun, perjalanan hidup sering kali penuh kejutan. Curry membuktikan kualitasnya dengan memanfaatkan berbagai hal.

1.  Dukungan keluarga dan klub menjadi salah satu dasar

5 Hal yang Membuat Stephen Curry Sehebat SekarangStephen Curry mengadang adiknya, Seth Curry, saat Golden State Warriors menghadapi Portland Trail Blazers di NBA pada 2019. (nba.com)

Stephen Curry dekat dengan bola basket sejak kecil. Apalagi ayahnya, Dell, merupakan bekas pemain NBA.

Bakat Curry tentu menurun dari ayahnya. Dia mendapatkan dukungan dari keluarga untuk berkembang mengejar hal yang sama seperti ayahnya. Pencapaian Curry saat ini bahkan jauh lebih baik dari Dell.

Curry juga punya seorang adik, Seth, yang tengah membela Philadelphia 76ers sejak 2020. Curry dan adiknya tumbuh sebagai pemain bola basket. Tidak mengherankan jika kakak beradik ini berada di posisi mereka saat ini.

Istrinya, Ayesha, turut mendukung Curry untuk lebih berkembang dalam berbagai hal. Mereka kini dikaruniai tiga anak. Curry melalui hari-hari dalam suka dan duka bersama keluarga kecilnya. Meski begitu, dukungan keluarga saja tidak akan cukup untuk Curry. Dia tentu membutuhkan dukungan dari klubnya, Golden State Warriors.

Warriors telah menaruh kepercayaan yang cukup kepada Curry sejak memilihnya lewat NBA Draft 2009. Bahkan, ketika Curry mengalami rentetat cedera yang mengganggu kariernya, Warriors terus berusaha untuk memercayainya. Mereka mempertahankan Curry sekuat tenaga.

Ketika Curry sudah sehebat sekarang, dukungan itu makin tegas. Warriors menyodorkan beberapa kontrak dengan dana besar kepadanya. Salah satunya kontrak 5 tahun senilai 201 juta dolar Amerika atau setara Rp2,8 triliun pada 2017/2018. Gajinya per tahun bisa mencapai 40 juta dolar Amerika alias Rp579 miliar.

Kontrak itu hangus pada 2022. Namun, Warriors bergerak cepat dengan tambahan kontrak. Mereka menyodorkan kerja sama baru kepada Curry selama 4 tahun. Nilainya mencapai 215 juta dolar Amerika atau Rp3 triliun pada musim panas 2021 lalu. Curry pun menjadi pemain pertama dengan dua kontrak bernilai lebih dari 200 juta dolar Amerika.

2. Statistik sebagai bahan pertimbangan pengembangan tim dan pemain

5 Hal yang Membuat Stephen Curry Sehebat SekarangStephen Curry menjadi pencetak tripoin terbanyak sepanjang masa pada Desember 2021. (nba.com)

Statistika menjadi salah satu ilmu yang berguna dalam pengembangan olahraga, terutama olahraga permainan seperti bola basket. Amerika Serikat, yang notabene negara maju, telah menggunakan statistik sebagai dasar sejak lama.

Sejak diakuisisi kepemilikan baru pada 2010, Golden State Warriors juga mengandalkan statistik untuk membangun timnya. Mereka melakukan berbagai penelitian agar klub bisa menjadi nomor satu di dunia.

Warriors saat itu menemukan fakta bahwa tripoin bisa menjadi masa depan permainan bola basket. Mereka pun berusaha mengembangkan timnya dengan mengumpulkan beberapa pemain yang sesuai kriteria.

Stephen Curry, yang mereka dapat setahun sebelum pindah kepemilikan, menjadi salah satunya. Kebetulan kemampuan menembak Curry, terutama dari jarak jauh, cukup meyakinkan.

Dalam perjalanannya, Warriors sempat ragu, terutama karena Curry memiliki riwayat cedera. Namun, Curry sendiri menepis keraguan itu. Dia menjelma mesin poin Warriors yang kini hampir tidak tertandingi.

Baca Juga: 6 Tim NBA yang Mengirim Lebih dari Satu Pemain pada NBA All-Star 2022

3. Permainan bola basket yang berkembang

https://www.youtube.com/embed/P5_xgip67ac

Permainan bola basket terus berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan ini terjadi lantaran kompetisi terus bergulir. Kompetisi, terutama di NBA, membuat insan bola basket berpikir keras untuk menjadi lebih baik dari yang lain setiap musim.

Dalam sejarahnya, bola basket telah mengenal berbagai strategi. Mulai dari strategi menyerang hingga bertahan. Sebab, pada intinya, permainan ini memaksa kita untuk mencetak lebih banyak poin dari lawan dan menghentikan lawan mencetak lebih banyak poin dari kita.

Penemuan Golden State Warriors akan potensi tripoin sebagai senjata baru tentu mendorong strategi yang bervariasi. Pada era tradisional, pemain bola basket mengandalkan tembakan-tembakan yang lebih dekat dengan ring. Namun, pada era modern, tripoin menjadi semacam primadona. Bahkan, mereka yang biasanya bermain di dekat ring dituntut untuk bisa menembak dari luar garis busur.

Stephen Curry, yang berkembang bersama Warriors, menjadi wajah utama yang mengubah permainan ini. Kemampuan menembaknya sudah tidak masuk akal lagi. Permainan bola basket pada era ini cocok dengannya.

4. Kehadiran Steve Kerr mendorong Stephen Curry ke level yang lebih tinggi

5 Hal yang Membuat Stephen Curry Sehebat SekarangSteve Kerr memberi instruksi kepada Stephen Curry ketika mereka membela Golden State Warriors di NBA. (nba.com)

Pada awal revolusi, Golden State Warriors menyerahkan kursi kepala pelatih kepada Mark Jackson. Dia membantu mereka membuat fondasi. Namun, Jackson rupanya bukan sosok yang tepat untuk membawa tim mengepakkan sayapnya tinggi-tinggi.

Warriors memerlukan sosok yang lebih revolusioner. Pilihan pun tertuju kepada Steve Kerr, salah satu legenda NBA yang piawai menembak tripoin. Apalagi dia sempat menjadi bagian dari Chicago Bulls yang mendominasi NBA era 1990-an. Warriors saat itu menilai Kerr dapat membawa mereka ke level yang lebih tinggi.

Pada awalnya, banyak pihak meragukan Kerr. Sebab, dia belum pernah sekalipun menjadi seorang kepala pelatih. Kerr hanya punya pengalaman di jajaran manajemen.

Meski begitu, keputusan itu berbuah manis. Kerr mampu mengasah Stephen Curry dkk menjadi yang terbaik di NBA. Warriors keluar sebagai juara  NBA pada 2015 untuk pertama kali sejak 1975.

Di bawah asuhan Steve Kerr, Curry kemudian berkembang pesat. Dia makin menjadi poros Warriors. Tim dibentuk untuk mendukung permainannya.

5. Persaingan mengasah kehebatan pemain NBA

https://www.youtube.com/embed/IpSLadH6sNA

Persaingan di NBA begitu ketat. Tidak semua orang bisa masuk ke sana. Beberapa boleh saja berhasil melakukannya, tetapi belum tentu bertahan lama. Curry, di sisi lain, mampu melakukan keduanya. Dia bertahan selama lebih dari satu dekade sejak masuk ke NBA pada 2009.

Persaingan di NBA terjadi di berbagai level, termasuk antarteman satu tim. Curry tentu mesti bersaing dengan teman-temannya di Golden State Warriors.

Pada awal kariernya, Curry juga bukan wajah utama Warriors. Klub asal California itu sempat bertumpu kepada beberapa permain. Salah satunya Monta Ellis.

Meski begitu, perubahan kepemilikan dengan pembangunan tim baru membuat Ellis tersingkir, sementara Stephen Curry justru naik. Apalagi ketika mengingat potensinya sebagai penembak jitu.

Sayangnya, Curry memiliki riwayat cedera. Dia beberapa kali terpaksa menepi untuk memulihkan tubuhnya. Warriors sempat meragukannya, tetapi Curry berhasil menjawabnya dengan kerja keras. Dia tidak mau kalah saing dengan yang lain dan menegaskan tempatnya di tim utama.

Mental juara dalam diri Curry tumbuh seiring berjalannya waktu. Dia menghadapi berbagai macam pemain hebat, seperti LeBron James dan teman-temannya di Cleveland Cavaliers, yang mengasahnya terus menerus sepanjang 2014—2018. Persaingan ini membuatnya sehebat sekarang.

Ray Allen, legenda NBA, pernah mengatakan bahwa kita perlu melakukan sesuatu yang spesial untuk menjadi spesial. Stephen Curry telah melakukan itu sehingga bisa menjadi pemain bintang. Dia bahkan mampu menjadi pencetak tripoin terbanyak sepanjang masa. Curry mengambil alih tempat Ray Allen yang sebelumnya memegang rekor itu.

Baca Juga: 10 Fakta Stephen Curry, Mesin Pencetak Tripoin Warriors

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Senang dengan olahraga dan budaya populer. Pernah menulis untuk beberapa media.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya