5 Pemain Aktif NBA dengan Rekor Tripoin Terbanyak Sepanjang Masa

James Harden melampaui Reggie Miller

NBA sejak lama mencatat berbagai rekor pemainnya. Salah satunya rekor tripoin terbanyak sepanjang masa.

Lima pencetak tripoin terbanyak NBA mayoritas sudah pensiun. Hanya ada Stephen Curry dan James Harden yang masih aktif bermain pada 2021/2022 ini.

Selain Curry dan Harden, setidaknya ada tiga pemain aktif lain yang masuk ke jajaran pencetak tripoin terbanyak. Namun, mereka tidak masuk ke lima besar.

5. Kyle Lowry berada di peringkat enam belas

5 Pemain Aktif NBA dengan Rekor Tripoin Terbanyak Sepanjang MasaKyle Lowry (nba.com)

Kyle Lowry bermain di NBA sejak 2006. Ia membela Miami Heat pada 2021/2022. Lowry sebelumnya bermain untuk Memphis Grizzlies, Houston Rockets, dan Toronto Raptors.

Kyle Lowry masuk ke jajaran pencetak tripoin NBA terbanyak sepanjang masa. Dia berada di peringkat 16 dengan 1.935 tripoin masuk per Minggu (13/3/2022). Perolehannya bisa bertambah lagi mengingat Lowry aktif bersama Heat pada 2021/2022 ini. Meski sudah berusia 35 tahun, dia rutin bermain sebagai starter.

4. LeBron James hampir masuk sepuluh besar

5 Pemain Aktif NBA dengan Rekor Tripoin Terbanyak Sepanjang MasaLeBron James (nba.com)

LeBron James sudah tidak muda lagi. Usianya sudah menginjak 37 tahun. Dia berada di ujung kariernya sebagai pemain profesional. Meski begitu, megabintang NBA ini masih sangat tangguh. Dia bahkan menjadi tulang punggung Los Angeles Lakers dengan rata-rata 29,7 poin per pertandingan pada 2021/2022 ini.

Sang Raja, panggilannya, juga berada di jajaran pencetak tripoin terbanyak NBA sepanjang masa. Dia bertengger di peringkat 11 dengan 2.114 tripoin masuk per Minggu (13/3/2022). James bisa saja merangsek masuk ke sepuluh besar seandainya mampu melampaui Damian Lillard dan Paul Pierce.

3. Damian Lillard imbang dengan Paul Pierce

5 Pemain Aktif NBA dengan Rekor Tripoin Terbanyak Sepanjang MasaDamian Lillard (nba.com)

Damian Lillard, bintang Portland Trail Blazers, berada satu peringkat lebih tinggi dari LeBron James. Dia mengoleksi 2.143 tripoin masuk per Minggu (13/3/2022).

Lillard surplus 29 tripoin dari James, tetapi mesti berbagi tempat di peringkat sembilan dengan Paul Pierce. Lillard, yang kini berusia 31 tahun, baru bisa menguasai peringkat sembilan sepenuhnya seandainya mencetak satu tripoin lagi. Kebetulan Pierce sudah tidak bisa menambah jumlah tripoinnya karena memutuskan pensiun pada 2017.

Baca Juga: 6 Tim NBA yang Mengirim Lebih dari Satu Pemain pada NBA All-Star 2022

2. James Harden menggeser Reggie Miller

5 Pemain Aktif NBA dengan Rekor Tripoin Terbanyak Sepanjang MasaJames Harden, guard Philadelphia 76ers, menempati peringkat tiga pencetak tripoin terbanyak sepanjang masa di NBA pada Maret 2022. (NBA.com)

James Harden bergabung dengan Philadelphia 76ers pada pertengahan musim 2021/2022. Ketika membela klub asal Philadelphia itu, Harden sukses naik peringkat dalam jajaran pencetak tripoin terbanyak NBA sepanjang masa.

Si Berewok mengudeta Reggie Miller di peringkat tiga dengan 2.563 tripoin masuk per Minggu (13/3/2022). Dia kini hanya kalah dari Ray Allen dan Stephen Curry. Dengan usia 32 tahun dan masih aktif bermain, Harden setidaknya punya kesempatan untuk melampaui pencapaian Ray Allen.

1. Stephen Curry berada di puncak rekor

5 Pemain Aktif NBA dengan Rekor Tripoin Terbanyak Sepanjang MasaStephen Curry menjadi pencetak tripoin terbanyak sepanjang masa pada Desember 2021. (nba.com)

Stephen Curry juga baru mengudeta Ray Allen di peringkat pertama pencetak tripoin terbanyak NBA sepanjang masa pada 2021/2022 ini. Jagoan Golden State Warriors berusia 33 tahun itu naik kasta dengan rekor 3.109 tripoin masuk per Minggu (13/3/2022).

Stephen Curry memang dikenal beringas dalam menembak tripoin. Dia bahkan mampu mengubah permainan bola basket dengan tembakan-tembakan jarak jauhnya. Curry dianggap sebagai sosok revolusioner yang membuat permainan ini makin berkembang.

Tembakan tripoin sendiri belakangan menjadi primadona. Generasi-generasi baru seolah dituntut untuk bisa menembak dari jarak jauh. Apa pun posisi mereka.

Pada masa mendatang, kelima sosok di atas bisa saja tergantikan seandainya ada pemain muda yang lebih piawai menembak tripoin. Meski begitu, itu tidak bakal terjadi dalam waktu dekat, sebab Stephen Curry yang berada di puncak saja masih bisa menambah rekornya.

Baca Juga: 5 Pebasket NBA Terbaik yang Bernomor Punggung 2 di NBA 2021/2022

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Senang dengan olahraga dan budaya populer. Pernah menulis untuk beberapa media.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya