5 Pemain NBA yang Main di Film Hustle, Juan Hernangomez Debut

Mereka tidak berperan sebagai dirinya sendiri

Hustle akhirnya tayang di Netflix pada 8 Juni 2022 ini. Adam Sandler berperan sebagai Stanley Sugerman, seorang pencari bakat dan asisten pelatih Philadelphia 76ers di NBA.

Aktor, komedian, dan pembuat film kawakan Amerika Serikat ini beradu peran dengan pemain-pemain bola basket profesional. Beberapa pemain itu memerankan karakter sesuai naskah ketika yang lain justru memerankan diri mereka sendiri. 

Juancho Hernangomez, misalnya, memerankan tokoh Bo Cruz, yang menjadi salah satu sosok sentral dalam film Hustle. Sementara, Kenny Smith, pensiunan NBA, berperan sebagai seorang agen pemain bernama Leon Rich.

1. Juancho Hernangomez menjajal film pertama sebagai pemeran utama

Juancho Hernangomez pertama kali bermain di NBA bersama Denver Nuggets pada 2016. Namun, dia sudah tidak di sana sejak 2020.

Dalam 2 musim terakhir, Hernangomez berkelana ke beberapa tim, termasuk Utah Jazz yang dibelanya pada 2022 ini. Dia tidak banyak tampil karena Jazz punya beberapa pemain andalan.

Hernangomez terlibat dalam film Hustle setelah sepakat bergabung sebagai pemeran pada Oktober 2020. Dia berperan sebagai Bo Cruz, seorang pemain muda asal Spanyol, yang bakatnya terendus Stanley Sugerman (Adam Sandler).

Hustle sendiri merupakan film debut Hernangomez. Sebelum ini, dia tidak pernah bermimpi bisa bermain film.

"Ini lucu. Aku tidak pernah ingin berakting, ini bukan impianku. Ini masih bukan impianku," kata Hernangomez dalam wawancara bersama Variety. "Agenku menghubungiku sebelum COVID, mencoba mendorongku mengikuti audisi untuk film itu, tetapi aku sedang fokus dengan karierku saat itu."

Hernangomez tidak menyangka kalau COVID-19 menghentikan NBA sementara waktu tahun itu. Dia jadi tidak punya kegiatan lain. Hernangomez pun mengikuti audisi atas dorongan saudara perempuannya untuk mengisi waktu luang.

2. Akting Anthony Edwards mendapat pujian dari Adam Sandler

5 Pemain NBA yang Main di Film Hustle, Juan Hernangomez DebutAnthony Edwards (kanan), bintang Minnesota Timberwolves, berperan sebagai Kermit Wilts dalam film besutan Adam Sandler berjudul Hustle (2022). (dok. Netflix/Hustle)

Anthony Edwards berperan sebagai Kermit Wilts, seorang pemain muda sekaligus rival Bo Cruz (Juancho Hernangomez). Sama seperti Hernangomez, Hustle juga menjadi film pertama Edwards.

Debut pemain andalan Minnesota Timberwolves di dunia akting ini rupanya menuai pujian. Adam Sandler dan produser senang dengan penampilannya sebagai antagonis utama.

Edwards yang menjelma Kermit Wilts sukses tampil sebagai tokoh penting yang membumbui konflik cerita. Dia muncul dalam berbagai kesempatan untuk mengganggu perjalanan Bo Cruz.

Meski tampil sebagai rival dalam film, Edwards dan Hernangomez sebenarnya sempat satu tim. Mereka sama-sama membela Minnesota Timberwolves di NBA pada 2020—2021. Edwards kini masih menjadi andalan tim asal Minneapolis itu sementara Hernangomez mendarat di Utah.

3. Moritz Wagner muncul sebagai Haas pada awal film

5 Pemain NBA yang Main di Film Hustle, Juan Hernangomez DebutMoritz Wagner, pemain asal Jerman yang membela Orlando Magic, turut ambil peran dalam film Hustle (2022). (nba.com)

Stanley Sugerman (Adam Sandler) tiba di Jerman untuk memantau bakat muda bernama Haas. Namun, dia tidak setuju Philadelphia 76ers merekrut sang pemain. Sayangnya, direksi bersikukuh mendatangkan Haas, yang kemudian tidak tampil sesuai harapan.

Haas sebenarnya bukan wajah asing. Dia diperankan Moritz Wagner, pemain asal Jerman yang kini bermain untuk Orlando Magic di NBA. Wagner mendapat peran sebagai kameo yang muncul pada awal adegan. 

Wagner memang tidak banyak tampil. Sebab, dia bukan pemeran utama seperti Juancho Hernangomez. Namun, sang pemain mendapat peran sesuai naskah ketika beberapa pemain memerankan dirinya sendiri.

Menurut Wagner, dia memerankan tokoh yang berbeda dari dirinya yang asli. "Dalam adegan, saya harus berseteru dengan pelatih yang baru saja saya temui (Sugerman). Saya harus berseteru dengannya serta bersikap kasar kepadanya, menjadi arogan dan sebagainya, yang sebenarnya tidak wajar bagi saya,” katanya seperti dikutip situs resmi Orlando Magic.

Baca Juga: 5 Alasan Film Hustle Wajib Tonton, Ada Bintang NBA Asli

4. Boban Marjanovic main film lagi setelah John Wick 3

https://www.youtube.com/embed/FOAksVJ21js

Boban Marjanovic merupakan pemain NBA yang berpengalaman di dunia akting. Dia muncul dalam berbagai film, serial, dan iklan. Salah satunya John Wick: Chapter 3-Parabellum.

Marjanovic berperan sebagai seorang pembunuh bayaran bernama Ernest dalam film ketiga John Wick. Dia bahkan berbagi layar dengan Keanu Reeves, aktor yang memerankan John Wick, saat bertarung di perpustakaan.

Marjanovic juga mengambil bagian dalam film Hustle. Dia berperan sebagai Big Serbian, seorang pemain bertubuh tinggi besar asal Serbia. Big Serbian tampil pada awal dan akhir film. Marjanovic senang bisa berpartisipasi dalam proyek itu.

"Film ini luar biasa dengan bekerja sama dengan Adam Sandler,” kata Marjanovic seperti dikutip situs resmi Dallas Mavericks. “Dia salah satu pria terbaik dan paling keren yang pernah Anda kenal. Dia orang yang baik.”

Boban Marjanovic sendiri saat ini tengah membela Dallas Mavericks di NBA. Dia sudah bermain untuk tim asal Texas itu sejak 2019.

5. Kenny Smith tidak jadi komentator melainkan agen pemain dalam film Hustle

5 Pemain NBA yang Main di Film Hustle, Juan Hernangomez DebutKenny Smith memainkan tokoh Leon Rich dalam film Hustle (2022). (dok. Netflix/Hustle)

Kenny Smith menjadi satu-satunya pemain NBA yang sudah pensiun dalam daftar ini. Dia merupakan atlet lawas yang namanya muncul pada dekade 1990-an.

Selepas pensiun, Smith terkenal sebagai komentator Inside the NBA di stasiun televisi TNT. Dia juga bekerja sebagai analis untuk CBS/Turner selama Turnamen Bola Basket NCAA Divisi I.

Sebagai tokoh televisi, Smith tidak jarang terlibat dalam proyek film. Salah satunya film Hustle. Smith kali ini berperan sebagai Leon Rich, seorang agen pemain sekaligus sahabat karib Stanley Sugerman (Adam Sandler).

Selain kelima pemain di atas, ada banyak pemain NBA yang muncul sebagai diri mereka sendiri, terutama para pemain Philadelphia 76ers. Ada pula legenda streetball, seperti Grayson "The Professor" Boucher, Larry "Bone Collector" Williams, dan Waliyy "Main Event" Dixon.

Baca Juga: 5 Pebasket NBA Terbaik yang Bernomor Punggung 2 di NBA 2021/2022

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Senang dengan olahraga dan budaya populer. Pernah menulis untuk beberapa media.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya