5 Rookie NBA yang Menarik Perhatian pada 2022, Calon ROTY?

Ada draft pick nomor satu

Rookie of the Year menjadi salah satu penghargaan bergengsi di NBA. Tidak banyak yang bisa mendapatkannya. Hanya pemain debutan terpilih yang bisa meraihnya.

Pada musim kompetisi 2022/2023 ini, ada sederet rookie NBA yang menarik perhatian. Mereka telah tampil sejak awal musim hingga tahun 2022 berakhir. Penampilan para rookie ini terbilang apik sehingga mendapat sorotan.

1. Paolo Banchero

https://www.youtube.com/embed/WUqZT7X3kDs

Paolo Banchero sudah menarik perhatian sejak masa kuliah. Dia juga terpilih di urutan pertama NBA Draft 2022. Pemain yang terpilih di urutan teratas umumnya termasuk pemain paling potensial. 

Orlando Magic kemudian menjadi tim yang beruntung mendapatkannya. Banchero juga menjawab kepercayaan mereka dengan tampil apik selama 2022.

Dia telah bermain dalam 29 pertandingan sebagai starter. Rata-ratanya mencapai 20,9 poin, 6,7 rebound, dan 3,9 assist per 30 Desember 2022.

Penampilannya tidak hanya menarik penonton awam, tetapi juga sesama profesional. LeBron James, mega bintang NBA yang bermain bersama Los Angeles Lakers, memandang potensinya setinggi langit.

2. Bennedict Mathurin

5 Rookie NBA yang Menarik Perhatian pada 2022, Calon ROTY?Bennedict Mathurin (nba.com)

Bennedict Mathurin termasuk pilihan teratas di NBA Draft 2022. Dia terpilih di urutan keenam oleh Indiana Pacers.

Bersama tim asal Indianapolis itu, Mathurin menjelma menjadi pemain penting dari bangku cadangan. Dia tampil dalam 35 pertandingan dengan 2 kali sebagai starter.

Mathurin memang jarang menjadi pemain lima pertama, tetapi mampu mencetak 17,1 poin, 3,9 rebound, dan 1,5 assist per 30 Desember 2022. Jika konsisten, maka dia tidak hanya bisa masuk kandidat Rookie of the Year, tetapi juga kandidat Sixth Man of the Year.

Baca Juga: 5 Pemain yang Menghuni NBA All-Rookie Second Team 2021/2022

3. Jaden Ivey

https://www.youtube.com/embed/KRXQCwOwiG4

Detroit Pistons bukan tim papan atas. Mereka bahkan terdampar di dasar klasemen Wilayah Timur. Namun, Pistons punya deretan pemain muda berbakat. Salah satunya Jaden Ivey.

Ivey merupakan pemain baru. Pistons mendapatkannya di urutan kelima NBA Draft 2022. Meski pemain baru, dia tampak nyetel dengan tim sejak awal musim.

Jaden Ivey tampil dalam 33 pertandingan dengan hanya sekali sebagai cadangan. Dia mencetak rata-rata 15,3 poin, 4,2 rebound, dan 4 assist per 30 Desember 2022.

Sang pemain masuk jajaran rookie papan atas. Statistiknya berada di peringkat lima besar di antara para debutan tahun ini. Dia berada di peringkat pertama dalam assist (132), peringkat kedua dalam steal (35), dan ketiga dalam poin (505).

4. Keegan Murray

5 Rookie NBA yang Menarik Perhatian pada 2022, Calon ROTY?Keegan Murray (nba.com)

Keegan Murray merupakan NBA Draft nomor empat. Sacramento Kings memilihnya di urutan itu. Sejak bergabung, dia mendapat peran yang cukup besar.

Murray telah tampil dalam 31 pertandingan dengan 29 kali sebagai starter. Dia mengoleksi 11,7 poin dan 3,7 rebound per 30 Desember 2022.

Keegan Murray menjadi penembak potensial. Akurasi field goal-nya mencapai 42,2 persen, sementara tripoinnya 38 persen. Field goal-nya hanya kalah dari Paolo Banchero dalam daftar ini, tetapi tripoinnya menjadi yang terbaik dari lima rookie NBA yang menarik perhatian pada 2022.

5. Jabari Smith Jr

Houston Rockets dipenuhi pemain muda. Salah satunya Jabari Smith Jr. Dia terpilih di urutan ketiga NBA Draft 2022.

Smith Jr bermain bersama Rockets dalam 33 pertandingan pada 2022/2023, semuanya sebagai starter. Tempatnya di lima utama tim asal Houston setidaknya terkunci pada tahun ini.

Anak dari mantan pemain NBA, Jabari Smith Sr, itu sendiri mampu mengoleksi 12,1 poin, 7,2 rebound, dan 1 blok per 30 Desember 2022. Dia menjadi opsi ketiga di jajaran pencetak poin utama Houston Rockets setelah seniornya; Jalen Green, Kevin Porter Jr, dan Alperen Sengun.

Tahun 2022 segera berakhir, tetapi NBA 2022/2023 masih panjang. Ada puluhan pertandingan yang mesti dilalui pemain, termasuk para rookie.

Paolo Banchero, Bennedict Mathurin, Jaden Ivey, dan Jabari Smith Jr punya kesempatan membuktikan diri lagi. Mereka bisa saja melejit atau tenggelam pada sisa musim. Namun, satu hal yang pasti, kelimanya telah menjadi rookie NBA yang menarik perhatian pada 2022.

Baca Juga: 5 Pemain yang Terpilih NBA All-Rookie First Team 2021/2022

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Senang dengan olahraga dan budaya populer. Pernah menulis untuk beberapa media.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya