Comscore Tracker

Inilah Ranking Terbaik Dunia Pemain Badminton Indonesia Saat Ini

Siapa Kita?

Setelah hanya berhasil meraih perunggu dan perak dalam kelas regu badminton, Indonesia kembali memulai perjuangannya di kelas individu. Hasilnya cukup meyakinkan. Banyak pemain yang lolos ke babak 16 besar yang akan dilangsungkan hari ini.

Bermain di kandang sendiri, para pemain diharapkan mampu mendulang medali sebanyak-banyaknya pada cabang badminton. Badminton sendiri merupakan olahraga andalan Indonesia meraih emas dalam setiap pagelaran olahraga akbar. Kita selalu memiliki pemain-pemain bertalenta yang diakui dunia.

Berikut adalah ranking dunia terbaik para pemain Indonesia, dilansir dari Bwfbadminton.com.

1. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Ganda Putra) - Ranking 1 BWF

Inilah Ranking Terbaik Dunia Pemain Badminton Indonesia Saat Inibwfbadminton.com

Ganda putra Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya merupakan ganda terbaik dunia saat ini. Mereka menempati posisi pertama ranking BWF dengan 102.683 poin. Unggul jauh dari posisi runner up yang diisi oleh ganda putra China Li Junhui dan Liu Yuchen yang mengoleksi 76.985 poin.

Pasangan yang dijuluki minions ini merupakan juara All England tahun 2018. Hebatnya lagi, sebelumnya mereka juga mencetak sebuah rekor dengan menjuarai 6 gelar super series dalam setahun, India Open, Malaysia Open, Japan Open, China Open, Hong Kong Open, Dubai Super Series Finals.

Minions sendiri mendapatkan bye (Lolos langsung tanpa lawan) dalam pengundian ganda putra Asian Games 2018. Sehingga langsung lolos ke babak 16 besar dan akan berhadapan dengan pasangan ganda putra Jepang, Yuki Kaneko/Takuto Inoue.

2. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Ganda Campuran) - Ranking 3 BWF

Inilah Ranking Terbaik Dunia Pemain Badminton Indonesia Saat Inibwfbadminton.com

Ganda campuran terbaik Indonesia saat ini Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berada di urutan ke-3 BWF dengan 76.900 poin. Sedangkan dua teratas diisi oleh pasangan Cina, Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan Wang Yilyu/Huang Dongping.

Di tahun 2018 ini mereka memiliki rekor pertandingan yang luar biasa. Mereka mampu memenangi 20 pertandingan dan hanya kalah 5 kali. Sama dengan minions, ganda campuran ini mendapatkan bye, sehingga lolos langsung ke 16 besar Asian Games 2018. Mereka akan menghadapi pasangan Korea Selatan, Seo Seung Jae/Chae YuJung.

Sebelum Asian Games, pasangan ini mampu menjadi juara super series Bli-Bli Indonesia Open 2018 dengan mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Namun pasangan Malaysia ini berhasil membalaskan dendamnya dengan mengalahkan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di final Singapore Open 2018.

3. Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Ganda Putri) - Ranking 4 BWF

Inilah Ranking Terbaik Dunia Pemain Badminton Indonesia Saat IniHumas PBSI

Pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi ganda putri terbaik Indonesia saat ini. Mereka menempati ranking ke-4 BWF saat ini. Hal tersebut tak terlepas dari prestasi yang mereka raih saat menjadi juara Toyota Thailand Open 2018.

Setelah hanya mampu mempersembahkan perunggu di kelas regu Asian Games. Kini pasangan ini akan berjuang di kelas individu dengan melawan pasangan Thailand, Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong di babak 16 besar.

4. Anthony Sinisuka Ginting (Single Putra) - Ranking 12 BWF

Inilah Ranking Terbaik Dunia Pemain Badminton Indonesia Saat Inibwfbadminton.com

Semenjak era Taufik Hidayat, kelas single putra Indonesia memang sedikit kesulitan untuk kembali berprestasi di mata dunia. Ranking terbaik single putra Indonesia saat ini dipegang oleh Anthony Ginting yang berada di posisi ke-12 BWF.

Ginting sendiri mampu tampil luar biasa di babak final kelas regu di Asian Games. Secara heroik dia mampu memberikan perlawanan yang luar biasa, meskipun mengalami kram kaki yang membuatnya harus berhenti di set ketiga dengan skor 20-21.

Selain Ginting, ada juga dua pemain lainnya yang masuk dalam 20 besar. Mereka adakah Tomy Sugiarto yang berada di posisi ke-13 dan Jonathan Christie yang berada di posisi ke-15.

5. Gregoria Mariska Tunjung (Single Putri)- Ranking 23 BWF

Inilah Ranking Terbaik Dunia Pemain Badminton Indonesia Saat Inibadmintonindonesia.org

Hampir mirip dengan single putra, Indonesia juga belum bisa lagi bersinar di kategori single putri. Belum ada lagi pemain yang mampu mengharumkan Indonesia dari kategori ini. Ranking terbaik sendiri diisi oleh Gregoria Mariska Tunjung yang berada di ranking 23 BWF.

Namun dia masih memiliki karir yang sangat cerah karena usianya yang masih sangat muda, 19 tahun. Gregoria sendiri berhasil lolos ke babak 16 besar Asian Games setelah kemarin (26/8/2018) berhasil mengalahkan Weng Chi NG dari Makau dengan skor 21-4, 21-7.

Di babak 16 besar dia akan berhadapan dengan pemain India Pusarla V. Sindhu yang merupakan pemain peringkat 3 dunia. Meskipun secara ranking, Gregoria kalah jauh. Namun dengan dukungan tuan rumah, dia diharapkan mampu mengalahkan pemain asal India tersebut.

Semoga mereka semua mampu tampil maksimal dan meraih medali sebanyak-banyaknya untuk Indonesia.

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya