Otmar Szafnauer Beber Alasan Alpine Pilih Pierre Gasly di F1 2023 

Gasly akan bertandem dengan Esteban Ocon

Alpine telah memutuskan siapa pendamping Esteban Ocon untuk Formula 1 2023. Mereka telah menunjuk Pierre Gasly yang sebelumnya merupakan pembalap dari Alpha Tauri pada GP Jepang lalu.

Gasly sejatinya bukan satu-satunya pembalap yang dikaitkan untuk mengisi satu kursi di Alpine. Namun, dengan segala pertimbangan yang dibuat, Alpine pada akhirnya memilih pembalap asal Prancis tersebut.

Otmar Szafnauer selaku bos dari Alpine pun membeberkan alasan akhirnya Alpine menunjuk Gasly sebagai tandem bagi Ocon untuk musim 2023. Apakaha alasan Otmar Szafnauer?

1. Otmar Szafnauer sebut tiga kriteria yang harus dimiliki pembalapnya

Otmar Szafnauer Beber Alasan Alpine Pilih Pierre Gasly di F1 2023 Otmar Szafnauer (formula1.com)

Otmar Szafnauer menyebut tiga kriteria yang harus dimiliki oleh pembalapnya di musim 2023. Pembalap kriterianya harus punya kecepatan, pengalaman, dan masih cukup muda. Dari sekian pembalap, Szafnauer mengganggap Gasly merupakan pilihan paling tepat.

Selama membela Alpha Tauri dan Red Bull, Gasly membuktikan dirinya merupakan pembalap yang punya kecepatan. Ia selalu tampil bagus bersama Alpha Tauri. Bahkan, ia sempat memenangi GP Italia 2020. Meski masih berusia 26 tahun, secara pengalaman Gasly sudah mengaspal dalam 104 balapan di Formula 1.

2. Gasly sebenarnya masih punya kontrak bersama Alpha Tauri

Otmar Szafnauer Beber Alasan Alpine Pilih Pierre Gasly di F1 2023 Pierre Gasly (formula1.com)

Pierre Gasly sebenarnya masih punya kontrak bersama Alpha Tauri untuk musim 2023. Namun, hal tersebut tak menghentikan Alpine untuk menawari satu kursi baginya mengingat status Alpha Tauri yang merupakan tim satelit dari Red Bull.

Sulitnya peluang untuk menjadi pembalap utama Red Bull menjadi alasan Gasly mantap memilih Alpine musim depan. Sebab, duet Max Verstappen dan Sergio Perez saat ini cukup sulit untuk digoyahkan.

Sementara jika berada di Alpine, Gasly akan mendapat dukungan penuh untuk bisa menjadi yang terbaik. Selama ini Alpine memang cukup mampu bersaing di papan tengah dan sesekali merangsek ke barisan depan.

Baca Juga: 5 Kandidat Pembalap Baru Williams di Formula 1 2023

3. Sempat dikaitkan akan reuni dengan Daniel Ricciardo

Otmar Szafnauer Beber Alasan Alpine Pilih Pierre Gasly di F1 2023 Daniel Ricciardo saat masih bersama Renault. (formula1.com)

Selain Pierre Gasly, pembalap yang cukup santer dikabarkan menjadi pilihan Alpine adalah Daniel Ricciardo. Sebab, sebelumnya Ricciardo pernah membela Alpine ketika tim tersebut masih bernama Renault pada 2019 dan 2020.

Namun, penampilan Ricciardo yang mengecewakan bersama McLaren musim ini membuat Alpine berpikir dua kali untuk merekrutnya. Secara usia, ia juga sudah 33 tahun meski pengalaman yang ia miliki tak perlu dipertanyakan lagi.

4. Alpha Tauri tunjuk Nyck De Vries

Otmar Szafnauer Beber Alasan Alpine Pilih Pierre Gasly di F1 2023 Nyck de Vries (formula1.com)

Setelah ditinggal Pierre Gasly, Alpha Tauri langsung bergerak cepat dengan menunjuk Nyck De Vries sebagai pengganti. Pembalap asal Belanda tersebut tampil menawan ketika tampil di GP Italia bersama Williams.

Secara pengalaman, De Vries juga pernah menjadi juara Formula 2 dan Formula E sekaligus merupakan pembalap cadangan bagi Mercedes dan McLaren musim 2022. Satu kursi Alpha Tauri lainnya masih menjadi milik Yuki Tsunoda yang kontraknya diperpanjang.

5. Otmar Szafnauer sebut Gasly dan Ocon akan jalin hubungan baik

Otmar Szafnauer Beber Alasan Alpine Pilih Pierre Gasly di F1 2023 Esteban Ocon dan Pierre Gasly (formula1.com)

Hubungan antara Pierre Gasly dan Esteban Ocon memang sering kali dikabarkan tak terlalu baik. Namun, Szafnauer percaya kedua pembalap tersebut akan menjalin kerja sama yang kuat untuk Formula 1 2023 mendatang. Bukan tanpa alasan, Gasly dan Ocon sudah saling mengenal sejak keduanya masih beradu di ajang karting.

"Mereka sudah saling kenal untuk waktu yang sangat lama dan mereka berlomba bersama. Mereka sama-sama berpengalaman, mereka berdua sangat cepat dan keduanya ambisius, jadi saya pikir mereka akan bekerja sama dengan baik,” ucap Szafnauer mengutip situs resmi Formula 1.

Pierre Gasly akan bertandem dengan Esteban Ocon di Alpine untuk F1 2023. Ini juga merupakan kali pertama Alpine punya dua pembalap Prancis sejak Alain Prost berduet dengan Rene Arnoux di Renault pada 1982 silam.

Baca Juga: Masa Depan Daniel Ricciardo di Formula 1 2023, Amankah?

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya