Boston Celtics Segera Pensiunkan Nomor 5 Milik Kevin Garnett

Garnett bawa Celtics juara pada 2008

Dilansir NBA, Boston Celtics akan segera memensiunkan nomor 5 milik Kevin Garnett pada minggu (13/3/2022). Garnett sendiri pernah bermain selama enam musim bersama Celtics.

Peraih MVP tahun 2004 tersebut juga turut mempersembahkan gelar juara pada 2008. Hingga kini, itu menjadi gelar terakhir bagi Celtics. Garnett juga selalu membawa Celtics menjadi pesaing juara di tiap musimnya. Pantas rasanya jika Celtics memensiunkan nomor 5 milik Garnett.

1. Kevin Garnett merupakan salah satu big three Boston Celtics ketika juara pada 2008

Boston Celtics Segera Pensiunkan Nomor 5 Milik Kevin GarnettPaul Pierce, Kevin Garnett, dan Ray Allen (sportingnews.com)

Pada 2007, Boston Celtics merekrut dua pemain berlevel bintang, yakni Kevin Garnett dan Ray Allen. Keduanya akan membentuk big three bersama Paul Pierce. Semusim sebelum kedatangan Garnett dan Allen, Celtics merupakan juru kunci wilayah timur. Setelah tercipta big three, mereka sukses memuncaki wilayah timur dengan rekor 66-16. Tak cukup hanya menjadi penguasa wilayah timur, mereka bertiga kemudian membawa Celtics juara setelah menaklukan Los Angeles Lakers di final.

Pada tahun tersebut Garnett juga didaulat sebagai Defensive Player of The Year. Garnett kembali membawa Celtics masuk final pada 2010. Sayang, kali ini mereka ditundukkan Los Angeles Lakers.

Beberapa musim kemudian, Celtics juga masih menjadi salah satu pesaing juara. Namun, mereka menemukan lawan baru, yakni Miami Heat yang digawangi LeBron James, Dwyane Wade, dan Chris Bosh. Terbukti langkah Celtics kerap terhenti di tangan Heat yang punya big three lebih muda dan dalam puncak performa mereka. Garnett pun akhirnya meninggalkan Celtics pada 2013 untuk berkostum Brooklyn Nets.

2. Sebelumnya sudah bersinar bersama Minnesota Timberwolves

Boston Celtics Segera Pensiunkan Nomor 5 Milik Kevin GarnettKevin Garnett meraih gelar MVP pada 2004 saat masih berkostum Minnesota Timberwolves. (nba.com)

Sebelum bergabung dengan Celtics, Garnett sudah lebih dulu bersinar ketika masih berkostum Minnesota Timberwolves. Bahkan, pada 2004 ia meraih gelar MVP setelah membawa Timberwolves memuncaki wilayah barat.

Sayang, selama membela Timberwolves, Garnett tak banyak memiliki rekan yang berkualitas. Alhasil, meskipun kerap kali masuk babak playoff, mereka selalu terjegal di babak pertama.

Baca Juga: 5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi Pemain

3. Nama Garnett masuk pada 75 pemain terbaik NBA dalam sejarah

Boston Celtics Segera Pensiunkan Nomor 5 Milik Kevin GarnettKevin Garnett (nba.com)

NBA telah mengumumkan 75 pemain terbaik NBA pada All-Star weekend 2022. Mereka merupakan deretan bintang NBA yang punya karier cemerlang. Kevin Garnett pun jadi salah satu nama yang masuk dalam daftar tersebut.

Selama kariernya, Garnett telah meraih 1 gelar MVP, 1 Defensive Player of The Year, dan 15 kali masuk All-Star. Ia juga sekali menyabet cincin juara pada 2008. Pemain berjuluk The Big Ticket ini juga punya rataan 17,8 poin, 10 rebound, dan 3,7 assist per game dalam kariernya.

4. Sudah diumumkan sejak tahun lalu

Boston Celtics akan memensiunkan nomor 5 milik Garnet pada minggu (13/3/2022), sebelum laga melawan Dallas Mavericks. Namun, kabar tersebut sebenarnya sudah diumumkan oleh pihak Celtics sejak Agustus tahun 2021 lalu.

Performanya yang begitu gemilang bersama Celtics membuat nomor 5 miliknya layak untuk dipensiunkan. Selama enam musim, Garnett menorehkan catatan 15,7 poin, 8,3 rebound, 1,2 steal, dan 1 blok per game.

5. Garnet akan jadi pemain ke-24 yang nomornya dipensiunkan oleh Celtics

Boston Celtics Segera Pensiunkan Nomor 5 Milik Kevin GarnettKevin Garnett (nba.com)

Dengan dipensiunkannya nomor 5 milik Garnett, ia akan menjadi pemain ke-24 Boston Celtics yang nomornya dipensiunkan. Ia akan menyusul nama-nama legenda macam Bill Russell, John Havlicek, hingga Larry Bird.

Celtics memang menjadi tim tersukses di NBA. Bersama Los Angeles Lakers, mereka total mengoleksi 17 cincin juara NBA. Tak heran banyak pemain bintang yang telah membela Celtics.

 

Dengan dipensiunkannya nomor 5 miliknya, ini merupakan penghormatan dari Boston Celtics kepada Kevin Garnett. Pemain yang menjadi kunci juara Celtics pada 2008.

Baca Juga: 5 Trade Terburuk Boston Celtics dalam 50 Tahun Terakhir

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya