Carlos Sainz Ingin Kembali Tampil Konsisten seperti Musim F1 2021

Ia banyak mengalami masalah pada musim 2022

Musim kedua Carlos Sainz bersama Ferrari di ajang Formula 1 dilaluinya dengan penuh lika-liku. Meski mendapat mobil yang kompetitif, ia tak mampu bersaing lantaran sering kali gagal menyentuh garis finis.

Hal itu jelas berkebalikan dengan penampilannya di musim 2021, ketika ia menjadi satu-satunya pembalap yang selalu menyelesaikan balapan. Konsistensi inilah yang ingin diulang kembali oleh Sainz pada musim 2023.

1. Banyak DNF membuat Carlos Sainz keluar dari perebutan gelar juara

Carlos Sainz Ingin Kembali Tampil Konsisten seperti Musim F1 2021Carlos Sainz mengalami insiden dengan Daniel Ricciardo di GP Emilia Romagna (formula1.com)

Sempat dua kali meraih podium pada dua balapan pembuka di GP Bahrain dan Arab Saudi, Sainz kemudian gagal finis pada GP Australia dan Emilia Romagna. Hal inilah yang membuatnya tertinggal cukup banyak poin.

Selain karena kesalahannya sendiri, beberapa kali mobilnya juga mengalami masalah. Seperti pada GP Azerbaijan ketika sistem hidrauliknya bermasalah ataupun ketika mesinnya terbakar pada GP Austria.

GP Jepang dan Amerika Serikat membuat Sainz telah enam kali gagal finis di musim 2022. Alhasil, ia pun hanya menghuni posisi kelima klasemen akhir.

2. Sainz selalu selesaikan balapan pada musim 2021

Carlos Sainz Ingin Kembali Tampil Konsisten seperti Musim F1 2021Carlos Sainz (formula1.com)

Hasil berbeda diperlihatkan Sainz pada musim 2021 yang merupakan musim perdananya bersama tim kuda jingkrak. Dengan mobil yang tak terlalu bagus, Sainz sama-sama mengakhiri musim di urutan kelima.

Bahkan, ia finis di atas Charles Leclerc yang hanya ada di urutan ketujuh. Salah satu kunci Sainz musim itu adalah dalam hal konsistensi, di mana ia tak pernah sekalipun gagal finis.

Selain itu, Sainz juga total menyabet empat podium sepanjang musim. Jika konsistensinya ini mampu ia terapkan di mobil yang lebih kompetitif, Sainz bisa saja keluar sebagai juara dunia musim 2023.

Baca Juga: Asa Carlos Sainz Tatap Formula 1 Musim 2023, Ingin Tantang Verstappen

3. Ingin kembali tampil konsisten untuk musim 2023

Carlos Sainz Ingin Kembali Tampil Konsisten seperti Musim F1 2021Carlos Sainz (formula1.com)

Dengan mobil Ferrari yang terlihat menjanjikan di musim 2022, bukan hal sulit bagi Sainz untuk merebut kemenangan. Kini, fokusnya adalah untuk menemukan konsistensinya kembali seperti pada musim 2021.

"Untuk memenangkan balapan, saya sudah tahu apa itu, tetapi jika Anda ingin berjuang untuk kejuaraan dunia, Anda harus konsisten.

Jika Anda berada di depan, hasil terburuk adalah kelima atau keenam, tetapi dengan enam atau tujuh kegagalan finis yang kami miliki, serangkaian poin akan hilang yang membuat Anda kehilangan kejuaraan dunia meskipun Verstappen dan Red Bull memang lebih kuat," ungkap Sainz mengutip Planet F1.

4. Ferrari harus lakukan peningkatan pada mobilnya

Carlos Sainz Ingin Kembali Tampil Konsisten seperti Musim F1 2021Frederic Vasseur (formula1.com)

Ferrari yang di awal musim 2022 terlihat seperti mendominasi balapan justru semakin keteteran di akhir musim. Tak hanya semakin tertinggal dari Red Bull, mereka juga mulai tersusul oleh Mercedes.

Selain faktor teknis seperti kegagalan mesin, buruknya strategi tim menjadi salah satu penyebab penampilan buruk mereka. Hal inilah yang harus diperbaiki oleh Ferrari jika ingin menyegel gelar juara dunia musim 2023.

Dengan adanya Frederic Vasseur sebagai Team Principal baru menggantikan Mattia Binotto, diharapkan mampu membawa angin perubahan bagi Ferrari. Jika semuanya berjalan lancar, gelar juara dunia pun tak mustahil untuk digapai.

5. Pelajaran berharga bagi Carlos Sainz untuk menjadi juara dunia Formula 1

Carlos Sainz Ingin Kembali Tampil Konsisten seperti Musim F1 2021Carlos Sainz (formula1.com)

Dengan banyaknya masalah yang menimpa Carlos Sainz selama musim 2022 membuatnya belajar banyak hal. Sainz menyebut semua pelajaran tersebut ditambah konsistensi di lintasan akan membuahkan gelar juara dunia baginya.

"Saya percaya bahwa dengan mempelajari beberapa pelajaran itu dan kembali menjadi Carlos yang konsisten di tahun 2021, yang menurut saya akan menyelesaikan semua balapan, Anda dapat berjuang untuk kejuaraan dunia," ujar Sainz melansir Planet F1.

 

Konsistensi di lintasan menjadi target utama Carlos Sainz untuk bersaing memperebutkan gelar juara dunia. Ia juga berharap jika Ferrari mampu membuat mobil yang lebih baik dari Red Bull dan Mercedes.

Baca Juga: 9 Momen Finis Terbaik Carlos Sainz Sepanjang Formula 1 2022 

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya