5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Hungaria

Verstappen menang setelah start dari urutan kesepuluh

Gelaran Formula 1 GP Hungaria, Minggu (31/7/2022), menghadirkan hasil mengejutkan. Bagaimana tidak, Max Verstappen yang start dari urutan kesepuluh sukses keluar sebagai pemenang.

Kemenangan ini juga makin memperlebar jarak poinnya dengan Charles Leclerc di urutan kedua menjadi 80 poin. Simak dulu kelima fakta menarik kemenangan Max Verstappen di F1 GP Hungaria 2022 berikut, yuk!

1. Sempat alami masalah di sesi kualifikasi

Masalah sempat menghampiri Max Verstappen di sesi kualifikasi. Sukses menjadi yang tercepat di sesi Q2, mobil milik Verstappen tiba-tiba kehilangan tenaga di sesi Q3.

Kendala ini membuatnya tak mampu menorehkan waktu terbaik sehingga hanya menduduki urutan kesepuluh. Hasil tak lebih baik juga dialami rekan setimnya, Sergio Perez, yang harus puas mengawali balapan dari grid kesebelas.

2. Kemenangan pertama di sirkuit Hungaroring

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP HungariaMax Verstappen menjuarai GP Hungaria 2022. (formula1.com)

Max Verstappen telah menorehkan 28 kemenangan selama kariernya di Formula 1. Namun, ini merupakan kali pertama ia menaklukan Sirkuit Hungaroring, Hungaria.

Sebelumnya, pembalap asal Belanda tersebut pernah dua kali mencicipi podium kedua pada edisi 2019 dan 2020. Sementara pada F1 2021, Verstappen harus puas finis di posisi kesembilan.

Baca Juga: Max Verstappen Jadi Pembalap F1 Termuda yang Raih 25 Kemenangan

3. Pemenang GP Hungaria start di luar empat besar dalam dua musim terakhir

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP HungariaEsteban Ocon menjuarai GP Hungaria 2021. (formula1.com)

Fakta unik terjadi pada dua gelaran GP Hungaria terakhir dimana pemenang balapan selalu start dari posisi di luar empat besar. Fakta ini menjadi sesuatu yang baru terjadi empat kali sejak pertama kali GP Hungaria masuk kalender Formula 1.

Max Verstappen mampu menang dari grid kesepuluh Formula 1 GP Hungaria 2022. Sementara itu, musim lalu puncak podium menjadi milik Esteban Ocon yang mengawali lomba dari urutan kedelapan.

4. Samai catatan Daniel Ricciardo

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP HungariaDaniel Ricciardo menjuarai GP Azerbaijan 2017 (formula1.com)

Kemenangan Max Verstappen dari urutan kesepuluh merupakan catatan kemenangan dari grid terendah yang pernah dibuat oleh pembalap Red Bull. Ini juga menjadi comeback terbaik yang pernah dilakukan oleh Max Verstappen.

Dengan hasil tersebut, Verstappen berhasil menyamai catatan milik Daniel Ricciardo. Kala itu, pembalap yang kini membela McLaren tersebut memenangi GP Azerbaijan 2017 dari posisi start kesepuluh.

5. Hasil podium sama dengan GP Prancis

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP HungariaLewis Hamilton di GP Hungaria 2022. (formula1.com)

Satu hal menarik dari GP Hungaria adalah pembalap yang berada di jajaran podium sama persis dengan seri balapan sebelumnya di GP Prancis. Ketiga peraih podium tersebut adalah Max Verstappen yang diikuti duo Mercedes, Lewis Hamilton dan George Russell.

Bagi Verstappen dan Hamilton, ini merupakan kali ke-31 keduanya menghuni posisi 1 dan 2. Sementara bagi Russell ini menjadi hasil terbaik usai sukses meraih pole position pertamanya.

Kemenangan yang diraih Max Verstappen di F1 GP Hungaria semakin memperkokoh posisinya di puncak klasemen sementara. Torehan ini menjadi modal bagus baginya sebelum Formula 1 2022 memasuki jeda musim panas.

Baca Juga: Mampukah Max Verstappen Teruskan Dominasinya di Red Bull Ring?

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya