Comscore Tracker

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Jerman, Peraih Titel Juara

Dari Schumacher hingga Vettel

Jerman saat ini duduk di peringkat kedua dalam daftar peraih gelar juara dunia dengan 12 gelar. Raihan tersebut hanya kalah dari Inggris. Uniknya seluruh gelar tersebut hanya diraih oleh tiga pembalap saja.

Ketiga pembalap tersebut adalah Michael Schumacher dengan tujuh gelar, Sebastian Vettel empat gelar, dan tambahan satu gelar dari Nico Rosberg melengkapi kesuksesan Jerman. Namun, selain mereka masih ada nama lain yang juga cukup sukses. Berikut lima pembalap Formula 1 terbaik asal Jerman.

1. Ralf Schumacher

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Jerman, Peraih Titel JuaraRalf Schumacher (thesportsrush.com)

Ralf Schumacher merupakan adik dari peraih tujuh gelar juara dunia, Michael Schumacher. Ia mengawali karier balapnya di tahun 1997 bersama Jordan. 

Kemenangan pertamanya ia raih di tahun 2001, tepatnya pada GP San Marino. Selama berkarier hingga tahun 2007, Ralf telah mengoleksi enam kemenangan dan sukses 21 kali naik podium. 

2. Nico Rosberg

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Jerman, Peraih Titel JuaraNico Rosberg (straitstimes.com)

Nico Rosberg sempat mengganggu dominasi Lewis Hamilton saat ia menjadi juara dunia di musim 2016. Saat itu ia sukses memenangi sembilan seri dan unggul lima poin saja dari Hamilton. Setelah kesuksesan itu ia pun memilih pensiun dari Formula 1.

Rosberg sendiri merupakan anak dari mantan juara dunia Formula 1 tahun 1982, Keke Rosberg. Namun tak seperti Nico, Keke merupakan warga negara Finlandia saat ia menjadi juara dunia.

Baca Juga: 9 Kakak Adik yang Pernah Menjadi Pembalap di Ajang Formula 1

3. Wolfgang Von Trips

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Jerman, Peraih Titel JuaraWolfgang von Trips (formule1.nl)

Wolfgang von Trips menjalani kariernya sebagai pembalap pada era awal Formula 1 diselenggarakan. Tepatnya pada tahun 1956 hingga 1961. Wolfgang sempat membela tiga tim, yakni Ferrari, Porsche, dan Scuderia Centro Sud.

Ia memang tak pernah menjadi juara dunia satu kali pun. Namun, selama kariernya von Trips sukses memenangi balapan sebanyak dua kali dan enam kali meraih podium dari 27 kali melakoni balapan.

4. Sebastian Vettel

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Jerman, Peraih Titel JuaraSebastian Vettel (beyondtheflag.com)

Selanjutnya ada peraih empat gelar juara dunia, Sebastian Vettel. Keempat gelarnya diraih kala ia membela Red Bull pada musim 2010 hingga 2013. Ia membuat Red Bull menjadi tim yang cukup diperhitungkan saat itu.

Vettel kemudian melanjutkan kariernya bersama Ferrari. Bersama tim berlogo kuda jingkrak itu ia tak berhasil menyabet gelar juara dunia lagi. Musim ini ia melanjutkan petualangannya dengan membela Aston Martin.

5. Michael Schumacher

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Jerman, Peraih Titel JuaraMichael Schumacher (motorsportmagazine.com)

Terakhir ada nama Michael Schumacher, pembalap yang mampu merengkuh tujuh gelar juara dunia. Dua kali ia meraihnya bersama Benetton dan sisanya saat membela Ferrari.

Selama kariernya Schumacher sempat melawan beberapa pembalap hebat. Di awal kariernya ia harus menghadapi pembalap sekelas Alain Prost dan Ayrton Senna. Selanjutnya ada nama Mika Hakkinen, Damon Hill, dan Jacques Villeneuve yang merupakan peraih gelar juara di tahun 1996 hingga 1999.

Saat ini Sebastian Vettel masih membalap di ajang Formula 1 bersama Aston Martin. Di sisa kariernya akankah ia dapat menambah gelar juara bagi Jerman?

Baca Juga: F1: Terlibat Insiden di GP Bahrain, Vettel Akui Sempat Salahkan Ocon

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya