Lewis Hamilton Siap Pecahkan Kutukan di Formula 1 Musim 2023

Tak ada yang mampu pecahkan kutukan tersebut

Meskipun sudah berusia 38 tahun, Lewis Hamilton masih balapan untuk Mercedes pada Formula 1 musim 2023. Menjadi salah satu pembalap senior, Hamilton tercatat sudah mengaspal lebih dari 300 balapan.

Torehan tersebut hanya mampu dicapai oleh enam pembalap, termasuk Hamilton, dalam sejarah Formula 1. Menariknya, ada satu kutukan unik yang menghinggapi para pembalap tersebut, yakni mereka tak pernah menang ketika sudah memasuki balapan ke-300 mereka.

Jika Mercedes mampu menghadirkan mobil yang kompetitif di musim 2023, bukan tak mungkin Hamilton jadi orang pertama yang menghapus kutukan tersebut.

1. GP Prancis 2022 jadi balapan ke-300 bagi Lewis Hamilton

Lewis Hamilton Siap Pecahkan Kutukan di Formula 1 Musim 2023Max Verstappen, Lewis Hamilton, dan George Russell di atas podium GP Prancis 2022. (twitter.com/F1)

Lewis Hamilton menjadi orang keenam dalam sejarah Formula 1 setelah Michael Schumacher, Rubens Barrichello, Jenson Button, Kimi Raikkonen, dan Fernando Alonso yang mampu mengaspal dalam 300 balapan. Raihan tersebut ia buat ketika meraih podium kedua pada GP Prancis 2022.

Hamilton yang debut di Formula 1 bersama McLaren pada 2007 kini tercatat sudah melakoni total 310 balapan sepanjang kariernya. Catatan tersebut masih bisa bertambah mengingat ia masih akan berada di lintasan untuk musim 2023.

2. Kutukan yang coba dihapuskan oleh Lewis Hamilton

Lewis Hamilton Siap Pecahkan Kutukan di Formula 1 Musim 2023Lewis Hamilton dan Kimi Raikkonen (formula1.com)

Meskipun semua pembalap yang mampu mencapai 300 balapan tersebut merupakan pembalap papan atas, tak satu pun dari mereka mampu merebut kemenangan setelah 300 balapan. Usia yang tak lagi muda serta mobil yang tak kompetitif membuat mereka keteteran.

Namun, kondisi berbeda dialami Hamilton yang masih berada di Mercedes, tim yang terbukti kompetitif sejak era turbo hybrid. Penampilannya juga masih terbilang menjanjikan meski usianya tak lagi muda.

Pembalap asal Inggris tersebut berpeluang menghapus kutukan tak pernah menang setelah 300 balapan di Formula 1. Namun, ia harus bersaing dengan banyak pembalap muda yang juga haus akan kemenangan.

Baca Juga: Prediksi Formula 1 2023, Lewis Hamilton Juara Dunia Lagi?

3. Fernando Alonso juga punya peluang pecahkan kutukan tersebut

Lewis Hamilton Siap Pecahkan Kutukan di Formula 1 Musim 2023Fernando Alonso (formula1.com)

Selain Lewis Hamilton, Fernando Alonso menjadi pembalap aktif lain dengan koleksi lebih dari 300 balapan. Bahkan, pembalap asal Spanyol berusia 41 tahun tersebut merupakan pembalap dengan race terbanyak dalam sejarah Formula 1.

Namun, peluang Alonso untuk memecahkan kutukan tersebut sepertinya lebih kecil karena ia saat ini membela Aston Martin yang lebih sering meramaikan papan tengah. Bahkan, kemenangan terakhir Alonso terjadi pada GP Spanyol 2013 saat masih membela Ferrari.

4. Hamilton mengatakan tak ada pembalap seperti dirinya

Lewis Hamilton Siap Pecahkan Kutukan di Formula 1 Musim 2023Lewis Hamilton (formula1.com)

Musim 2022 menjadi musim yang berat bagi Lewis Hamilton karena ia tak memenangi satu balapan pun. Padahal, ia berambisi membalas kegagalannya meraih gelar juara dunia di musim 2021 yang direbut Max Verstappen.

Namun, Hamilton mengatakan dirinya telah belajar banyak hal dari kegagalannya tersebut dan justru menyebut bahwa semua kesulitan tersebut membuatnya semakin kuat. Ia bahkan berkata bahwa tak ada pembalap lain seperti dirinya sebelumnya.

5. Gelar juara dunia kedelapan yang belum mustahil untuk digapai

Lewis Hamilton Siap Pecahkan Kutukan di Formula 1 Musim 2023Lewis Hamilton (formula1.com)

Usai gagal menjadi juara dunia dalam dua musim beruntun, Hamilton masih berambisi merebut gelar juara dunia kedelapan di musim 2023. Jika berhasil melakukannya, ia akan menjadi pembalap dengan titel juara dunia terbanyak mengalahkan Michael Schumacher.

Namun, misi tersebut jelas tak mudah karena para pesaingnya juga siap memberikan yang terbaik. Max Verstappen dan Charles Leclerc sepertinya akan menjadi dua lawan terkuat Hamilton musim depan. Masih ada rekan setimnya, George Russell, serta McLaren dan Alpine yang siap tampil mengejutkan.

 

Lewis Hamilton siap menghapus kutukan tak pernah menang di Formula 1 usai melakoni 300 balapan. Bahkan, ia juga masih berambisi menggapai gelar juara dunia kedelapan untuk membuat kariernya semakin sempurna.

Baca Juga: Hubungan Erat Lewis Hamilton dengan Pete Bonnington Bak Saudara

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya