Jamal Crawford Pensiun Usai 20 Tahun Berkarier di NBA

Peraih tiga gelar Sixth Man of the Year

Jamal Crawford memang bukan seorang superstar di NBA. Ia tak pernah juara apalagi meraih gelar Most Valuable Player (MVP). Meski begitu, Crawford tampil konsisten selama 20 tahun berkarier di NA.

Crawford terakhir kali bermain untuk Brooklyn Nets pada 2019/2020. Namun, ia hanya bermain satu game sebelum mengalami cedera. Pemain basket senior itu kini resmi pensiun dari NBA pada usia 42 tahun.

Tidak banyak pemain yang bisa tampil hingga usia lebih dari 40 tahun di NBA. Selama itu, Crawford punya beberapa catatan yang patut ia banggakan.

1. Debut bersama Chicago Bulls pada 2000

Jamal Crawford Pensiun Usai 20 Tahun Berkarier di NBAJamal Crawford (nba.com)

Jamal Crawford dipilih Chicago Bulls pada NBA Draft 2000 di urutan ke-8. Draf tahun tersebut salah satu angkatan terburuk dalam sejarah NBA. Tidak banyak pemain yang bisa menjadi bintang.

Pada musim pertamanya, Crawford bahkan terlihat cukup kesulitan. Ia hanya mampu membuat rata-rata 4,6 poin di tiap laganya. Namun, catatan tersebut makin meningkat pada musim-musim berikutnya. Crawford sendiri membela Bulls selama 4 musim.

2. Sempat membela sembilan tim sepanjang kariernya

Jamal Crawford Pensiun Usai 20 Tahun Berkarier di NBAJamal Crawford (skysports.com)

Usai empat musim berkostum Chicago Bulls, Jamal Crawford cukup sering berpindah-pindah tim. Ia pernah membela sembilan tim berbeda sepanjang kariernya. Mereka di antaranya Chicago Bulls, New York Knicks, Golden State Warriors, Atlanta Hawks, Portland Trail Blazers, Los Angeles Clippers, Minnesota Timberwolves, Phoenix Suns, dan Brooklyn Nets.

Catatan terbaiknya terjadi pada 2007/2008 ketika berkostum New York Knicks. Kala itu ia berhasil membuat rata-rata 20,6 poin, 2,6 rebound, dan 5 assist per game. Sementara, selama kariernya, Crawford membuat 14,6 poin, 2,2 rebound, dan 3,4 assist per game.

Baca Juga: 10 Fakta Tim Duncan, Mantan Atlet Renang yang Jadi Legenda NBA

3. Punya kemampuan ball handling luar biasa

https://www.youtube.com/embed/NBEb32OV7Qs

Sebagai seorang guard, Jamal Crawford memiliki kemampuan ball handling yang sangat baik. Bahkan, lawannya kerap dibuat tidak berkutik menghadapi teknik crossover Crawford yang begitu berbahaya. Teknik tersebut kemudian dikenal sebagai j-crossover.

Crawford juga cukup andal sebagai playmaker. Pemain asal Seattle tersebut punya akurasi operan dan tembakan yang baik.

4. Peraih tiga gelar Sixth Man of the Year

Jamal Crawford Pensiun Usai 20 Tahun Berkarier di NBAJamal Crawford meraih gelar Sixth Man of the Year. (latimes.com)

Selama bermain di NBA, Jamal Crawford lebih sering turun dari bangku cadangan. Namun, ia sukses memainkan peran tersebut dengan baik. Bahkan, ia mampu menjadi pemain dengan poin terbanyak kedua dari bangku cadangan dengan catatan 11.279 poin.

Torehan tersebut hanya mampu diungguli Lou Williams dengan 13.373 poin. Maka, tidak heran jika Crawford punya tiga gelar Sixth Man of the Year, gelar untuk pemain terbaik yang tampil dari bangku cadangan. Crawford meraihnya pada 2010, 2014, dan 2016.

5. Pencetak 50 poin tertua dalam satu pertandingan

https://www.youtube.com/embed/wFdQdWCzxjY

Mencetak 50 poin dalam satu pertandingan bukan sesuatu yang mudah. Namun, Jamal Crawford mampu melakukannya di pertandingan terakhirnya untuk Phoenix Suns pada 2019.

Kala itu Crawford yang sudah berusia 39 tahun 20 hari sukses mencetak 51 poin. Hal itu membuatnya menjadi pemain tertua yang mencetak lebih dari 50 poin dalam sejarah NBA.

Jamal Crawford memang bukanlah seorang superstar selama 20 tahun berkarier di NBA. Namun, ia mampu menjadi pemain yang sangat solid meski lebih sering tampil dari bangku cadangan. Maka, tidak heran ia mampu bertahan begitu lama di tengah kerasnya persaingan NBA.

Baca Juga: Kisah Tragis di Balik Kesuksesan Shaun Livingston di NBA

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya