5 Momen Tak Terlupakan Sepanjang Sejarah Formula 1 GP Abu Dhabi

Akankah musim ini tercipta sejarah baru?

Formula 1 musim ini telah memasuki babak akhir, di mana perebutan gelar juara akan ditentukan di seri terakhir pada GP Abu Dhabi. Max Verstappen yang membela Red Bull akan bersaing dengan tujuh kali juara dunia Lewis Hamilton yang merupakan pembalap Mercedes.

Siapa pun yang akan menjadi juara pastinya akan memunculkan sejarah baru. Gelar juara pertama bagi Max Verstappen dan Belanda, atau Hamilton yang meraih gelar kedelapan sekaligus melewati catatan milik Michael Schumacher.

Menjadi seri terakhir membuat GP Abu Dhabi kerap mencipatakan momen tak terlupakan. Meski bagi sebagian orang sirkuit ini cenderung membosankan untuk disaksikan, berikut lima momen tak terlupakan sepanjang sejarah GP Abu Dhabi.

1. Momen gelar juara dunia pertama Sebastian Vettel pada 2010

5 Momen Tak Terlupakan Sepanjang Sejarah Formula 1 GP Abu DhabiSebastian Vettel raih gelar juara dunia pertamanya pada 2010. (motorsportmagazine.com)

Musim 2010 menjadi musim yang tak terlupakan bagi Sebastian Vettel. Sebab, pembalap asal Jerman itu sukses meraih gelar juara dunia pertamanya bersama Red Bull. Padahal sejak awal musim, ia tak pernah sekalipun memimpin klasemen.

Bahkan pada seri terakhir ini, ia masih tertinggal delapan poin dari Fernando Alonso yang membalap untuk Ferrari. Namun, pada GP Abu Dhabi Vettel sukses mengunci gelar juara dunia usai menjadi pemenang, sementara Alonso hanya finis ketujuh.

Catatan ini juga mengulang apa yang dilakukan James Hunt pada musim 1976 yang juga hanya memimpin klasemen setelah seri terakhir. Berkat raihan ini, ia menjadi juara dunia termuda di usia 22 tahun 134 hari. Hasil ini juga merupakan awal dominasi Vettel yang kemudian meraih empat gelar juara dunia secara beruntun. 

2. Kemenangan tak terlupakan Kimi Raikkonen saat bersama Lotus pada 2012

5 Momen Tak Terlupakan Sepanjang Sejarah Formula 1 GP Abu DhabiKimi Raikkonen raih kemenangan di GP Abu Dhabi pada 2012. (maxf1.net)

Kimi Raikkonen sempat memutuskan pensiun dari Formula 1 pada akhir musim 2009. Namun, ia kemudian kembali di musim 2012 bersama Lotus. Meskipun pernah menjadi juara dunia pada 2007, tetap saja tak ada yang menyangka ia akan kembali bersaing di papan atas.

GP Abu Dhabi menjadi pembuktian dari Raikkonen bahwa ia masih bisa bersaing. Pada balapan yang diwarnai dua kali safety car memasuki lintasan tersebut Raikkonen sukses menjadi pemenang.

Salah satu momen yang juga tak bisa dilupakan ketika ia berkata "Leave me alone, I know what I'm doing" kepada krunya ketika di radio saat tengah memimpin.

Musim ini, di lintasan yang sama juga akan menjadi saksi kali terakhir Raikkonen membalap di Formula 1. Pembalap berusia 41 tahun itu sudah memutuskan pensiun pada akhir musim ini.

Baca Juga: 5 Rekor Max Verstappen di Formula 1, Calon Juara Dunia 2021

3. Double point dan juara dunia kedua bagi Lewis Hamilton pada 2014

5 Momen Tak Terlupakan Sepanjang Sejarah Formula 1 GP Abu DhabiLewis Hamilton raih gelar juara dunia keduanya pada 2014. (skysports.com)

Pada musim 2014, Formula 1 sempat membuat regulasi double point pada seri terakhir di musim tersebut. Hal itu mereka lakukan demi membuat balapan menjadi semakin seru. Pada seri terakhir di GP Abu Dhabi, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg masih berpeluang memperebutkan gelar juara dunia.

Rosberg yang mengawali balapan dari grid terdepan justru bisa disalip oleh Hamilton. Beberapa saat kemudian mobilnya justru mengalami masalah mesin yang membuatnya gagal menjadi juara dunia.

Hamilton yang finis pertama pun sukses meraih gelar juara dunia keduanya sekaligus yang pertama bersama Mercedes. Balapan ini juga menjadi kali terakhir diberlakukannya aturan double point, sebab sejak saat itu peraturan tersebut tak pernah lagi dipakai.

4. Nico Rosberg mengunci gelar juara dunia pertamanya pada 2016

5 Momen Tak Terlupakan Sepanjang Sejarah Formula 1 GP Abu DhabiNico Rosberg merayakan gelar juara dunia pertamanya pada 2016 (autosport.com)

Setelah dua kali diasapi oleh Hamilton pada 2014 dan 2015, saat emasuki musim 2016, Rosberg memberikan persaingan sengit bagi pembalap asal Inggris tersebut. Pada seri terakhir di GP Abu Dhabi, Rosberg punya keunggulan 12 poin dari Hamilton dan hanya perlu finis di podium untuk menjadi juara dunia.

Hamilton yang mengawali balapan dari pole position memang terlihat menguasai jalannya balapan. Namun, Rosberg juga tak tergoyahkan dari posisi kedua.

Alhasil, Rosberg pun sukses menjadi juara dunia untuk pertama kalinya. Sayang, ia memutuskan pensiun untuk tak lama berselang.

5. Balapan terakhir Fernando Alonso pada 2018

5 Momen Tak Terlupakan Sepanjang Sejarah Formula 1 GP Abu DhabiBalapan terakhir Fernando Alonso sebelum memutuskan pensiun pada 2018. (formula1.com)

Musim ini, Fernando Alonso kembali ke Formula 1 dengan membela Alpine usai absen dalam dua musim. Sebelumnya, ia sempat memutuskan pensiun pada akhir musim 2018 ketika masih bersama McLaren. Balapan terakhirnya pun terjadi di GP Abu Dhabi.

Kala itu, momen haru menyelimuti seluruh lintasan ketika Alonso melintasi garis finis. Itu sekaligus menjadi balapan ke-312 sepanjang kariernya bagi peraih dua gelar juara dunia tersebut. Momen tersebut diakhiri dengan Alonso, Vettel, dan Hamilton melakukan donuts di tengah lintasan.

 

Banyak kejadian tak terlupakan sepanjang sejarah GP Abu Dhabi. Akankah musim ini Max Verstappen ataukah Lewis Hamilton yang sukses membuat sejarah baru?

Baca Juga: 7 Fakta Jelang F1 2021 GP Abu Dhabi, Seri Pamungkas yang Panas 

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya