5 Pemain NBA yang Pernah Menggunakan Nomor 91, Termasuk Blake Griffin

Tak banyak yang memakai nomor ini

Boston Celtics mendatangkan Blake Griffin untuk menghadapi NBA 2022/2023. Menariknya, pemain urutan pertama di NBA Draft 2009 tersebut menggunakan nomor 91 yang tak lazim digunakan.

Hingga saat ini, tercatat hanya ada lima pemain, termasuk Griffin, yang memakai nomor punggung tersebut. Jersei bernomor 90 ke atas memang cukup jarang digunakan oleh para pemain NBA.

Berikut lima pemain NBA yang pernah menggunakan nomor 91.

1. Mindaugas Kuzminskas

5 Pemain NBA yang Pernah Menggunakan Nomor 91, Termasuk Blake GriffinMindaugas Kuzminskas (kiri) dan Carmelo Anthony (twitter.com/MKuzminskas)

Mindaugas Kuzminskas merupakan seorang pemain basket asal Lithuania yang pernah 2 musim berkostum New York Knicks. Awalnya, ia mengikuti NBA Draft 2011, tetapi tak ada satu tim pun yang memilih dirinya.

Kuzminskas pun memilih bermain di liga basket lokal Lithuania hingga akhirnya Knicks mengontraknya pada 2016. Pada musim pertamanya, ia hanya mencatatkan 6,3 poin per game.

Pada musim keduanya, Kuzminskas bermain dalam satu pertandingan sebelum Knicks melepasnya demi mendatangkan Joakim Noah. Setelah dilepas Knicks, Kuzmniskas kembali bermain di Eropa.

2. Ron Artest

5 Pemain NBA yang Pernah Menggunakan Nomor 91, Termasuk Blake GriffinRon Artest (nba.com)

Ron Artest cukup sering bergonta-ganti nomor selama kariernya di NBA. Namun, ia memilih nomor tersebut bukan tanpa alasan. Seperti ketika ia memakai nomor 23 untuk menghormati Michael Jordan dan nomor 37 sebagai penghormatan bagi Michael Jackson.

Ketika ia membela Indiana Pacers, Artest memilih untuk menggunakan nomor 91. Hal itu ia lakukan demi menghormati Dennis Rodman. Namun, pemain yang dikenal bengal tersebut hanya semusim menggunakan nomor tersebut, yakni pada 2004/2005.

Baca Juga: 10 Fakta Tim Duncan, Mantan Atlet Renang yang Jadi Legenda NBA

3. Deividas Sirvydis

5 Pemain NBA yang Pernah Menggunakan Nomor 91, Termasuk Blake GriffinDeividas Sirvydis (nba.com)

Sama seperti Mindaugas Kuzminskas, Deividas Syrvidis merupakan pemain basket kelahiran Lithuania. Ia terpilih oleh Dallas Mavericks pada NBA Draft 2019, tetapi Mavericks menukarnya ke Detroit Pistons.

Syrvidis kemudian diikat kontrak selama 3 musim oleh Pistons. Namun, ia jarang diberi kesempatan turun hingga akhirnya bermain di tim G League milik Pistons, Motor City Cruise. Kini, Syrvidas kembali tampil di NBA dengan kostum Indiana Pacers.

4. Dennis Rodman

5 Pemain NBA yang Pernah Menggunakan Nomor 91, Termasuk Blake GriffinDennis Rodman (nba.com)

Dennis Rodman merupakan pemain pertama dalam sejarah NBA yang menggunakan nomor 91. Ia menggunakan nomor unik tersebut selama bermain untuk Chicago Bulls dari 1995 hingga 1998.

Terdapat alasan unik yang membuat Rodman memilih nomor tersebut. Ternyata ia menganggap Bulls mendatangkan dirinya seperti ketika seseorang memanggil 911 alias nomor darurat di Amerika Serikat.

5. Blake Griffin

5 Pemain NBA yang Pernah Menggunakan Nomor 91, Termasuk Blake GriffinBlake Griffin (twitter.com/celtics)

Blake Griffin menjadi pemain terbaru yang mengenakan nomor 91 sebagai bentuk penghormatan kepada Dennis Rodman. Nomor ini juga kali pertama digunakan oleh Griffin yang sebelumnya memakai nomor 2 ketika masih bermain untuk Brooklyn Nets.

Selama membela Los Angeles Clippers dan Detroit Pistons, Griffin mengenakan nomor berbeda. Ia pernah memilij jersei nomor punggung 32 dan 23.

Kedatangannya ke Celtics diharapkan mampu menambah kekuatan mereka pada 2022/2023. Griffin merupakan salah satu pemain berpengalaman di NBA.

Ternyata tak banyak pemain NBA yang mengenakan nomor 91. Hanya ada lima nama yang tercatat pernah menggunakan nomor unik tersebut, termasuk Blake Griffin yang akan mengenakannya di NBA 2022/2023.

Baca Juga: Kisah Tragis di Balik Kesuksesan Shaun Livingston di NBA

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya