5 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menang di Sirkuit Baku

Selalu berbeda di tiap musimnya

Sirkuit Baku, Azerbaijan, memang tergolong sirkuit baru di kalender Formula 1. Pertama kali digelar pada 2016 yang saat itu bertajuk GP Eropa, mulai musim 2017 dan seterusnya gelaran ini berganti nama menjadi GP Azerbaijan.

Meskipun baru lima kali menggelar balapan Formula 1, balapan di sirkuit Baku cukup banyak menyajikan drama menarik. Contohnya adalah musim lalu ketika Max Verstappen dan Lewis Hamilton mendapat hasil buruk. Musim ini GP Azerbaijan akan dihelat pada Minggu (12/6/2022) sebagai seri kedelapan. Berikut lima pembalap Formula 1 yang pernah menang di sirkuit Baku.

1. Nico Rosberg (GP Eropa 2016)

5 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menang di Sirkuit BakuNico Rosberg menjuarai GP Eropa 2016. (skysports.com)

GP Eropa 2016 di sirkuit Baku menjadi salah satu balapan terbaik dalam karier Nico Rosberg. Pasalnya, ia selalu memimpin jalannya balapan sejak bendera start dikibarkan hingga melewati garis finis.

Raihan pole position dan juga mencatatkan fastest lap membuat pembalap asal Jerman tersebut meraih grand slam. Catatan tersebut semakin sempurna bagi Rosberg karena di akhir musim ia menjadi juara dunia.

2. Daniel Ricciardo (GP Azerbaijan 2017)

5 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menang di Sirkuit BakuDaniel Ricciardo menjuarai GP Azerbaijan 2017. (grandprix247.com)

Daniel Ricciardo bisa dibilang cukup beruntung mampu menjuarai GP Azerbaijan di tengah banyaknya drama yang terjadi. Namun, yang paling menjadi sorotan adalah insiden antara Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton.

Ricciardo juga sempat melakukan manuver hebat ketika menyalip duo Williams, Felipe Massa dan Lance Stroll. Pembalap asal Australia tersebut pun sukses menjadi juara diikuti Valtteri Bottas dan Lance Stroll.

Baca Juga: Tim Mercedes EQ Beberkan Tantangan Terbesar di Formula E Jakarta

3. Lewis Hamilton (GP Azerbaijan 2018)

5 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menang di Sirkuit BakuLewis Hamilton dan Sergio Perez pada GP Azerbaijan 2018. (skysports.com)

GP Azerbaijan 2018 sebenarnya bukanlah pekan yang mudah bagi Hamilton. Pembalap Mercedes tersebut terlihat kesulitan menyamai kecepatan dari Sebastian Vettel yang mengendarai Ferrari.

Hamilton bahkan sempat disalip oleh rekan setimnya, Valtteri Bottas. Beruntung baginya, Vettel membuat kesalahan dan Bottas mengalami pecah ban di akhir balapan. Hamilton pun sukses keluar sebagai juara.

Satu hal yang menarik dari balapan ini adalah pertarungan antara dua pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen, yang cukup seru. Sayangnya, keduanya justru bertabrakan di lap ke-41.

4. Valtteri Bottas (GP Azerbaijan 2019)

5 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menang di Sirkuit BakuValtteri Bottas menjuarai GP Azerbaijan 2019. (formula1.com)

Setelah mengalami akhir yang tragis pada GP Azerbaijan 2018, Valtteri Bottas berhasil membalas kegagalannya tersebut semusim berselang dengan menggapai puncak podium.

Sempat disalip Hamilton pada tikungan pertama, Bottas kemudian kembali mengambil alih pimpinan balapan dari rekannya tersebut. Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel melengkapi jajaran podium.

5. Sergio Perez (GP Azerbaijan 2021)

5 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menang di Sirkuit BakuSergio Perez menjuarai GP Azerbaijan 2021. (formula1.com)

Sergio Perez memang punya rekor bagus di sirkuit Baku dengan mengantongi tiga podium. Salah satunya adalah raihan kemenangan pada edisi 2021. Kemenangan tersebut juga merupakan yang pertama bersama Red Bull.

Balapan tersebut sebenarnya hampir dimenangkan oleh Max Verstappen sebelum ia mengalami pecah ban. Perez juga cukup beruntung ketika Lewis Hamilton membuat kesalahan saat balapan dimulai kembali setelah red flag. 

 

Lima pemenangan berbeda dalam lima gelaran balapan di sirkuit Baku membuatnya menarik untuk disaksikan. Selain itu, ada juga beberapa insiden yang membuat jalannya balapan sulit untuk ditebak.

Baca Juga: 5 Fakta Sirkuit Baku Azerbaijan, Balapan Paling Sulit Diprediksi!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya