6 Pembalap Formula 1 yang Pernah Raih Kemenangan Bersama Mercedes

George Russell jadi yang teranyar

George Russell resmi menjadi pembalap keenam yang meraih kemenangan bersama Mercedes di Formula 1. Ia menjadi yang tercepat pada gelaran GP Brasil di Sirkuit Interlagos, Senin (14/11/2022).

Dengan hasil ini, Russell mengikuti jejak para pendahulunya yang lebih dulu merebut hasil serupa. Berikut keenam pembalap Mercedes yang pernah meraih kemenangan di Formula 1.

1. Juan Manuel Fangio

6 Pembalap Formula 1 yang Pernah Raih Kemenangan Bersama MercedesJuan Manuel Fangio (formula1.com)

Juan Manuel Fangio merupakan pembalap pertama yang memberi kemenangan bagi Mercedes, tepatnya pada GP Prancis 1954. Bahkan, di akhir musim, Fangio mampu meraih gelar juara dunia pertama bagi Mercedes di Formula 1.

Fangio mengulangi prestasinya tersebut semusim berselang ketika ia kembali merebut gelar juara dunia. Setelah itu, Fangio meninggalkan Mercedes yang memutuskan mundur dari Formula 1. Lima kali juara dunia tersebut total meraup delapan kemenangan bersama Mercedes.

2. Stirling Moss

6 Pembalap Formula 1 yang Pernah Raih Kemenangan Bersama MercedesSir Stirling Moss (formula1.com)

Sir Stirling Moss merupakan rekan satu tim Juan manuel Fangio di Mercedes pada musim 1955. Meskipun secara prestasi kalah dari Fangio yang meraih gelar juara dunia. Moss masih bisa merebut satu kemenangan di GP Inggris.

Pembalap asal Inggris tersebut juga menjadi runner-up di belakang Fangio pada akhir musim. Moss sendiri meski tak pernah meraih gelar juara dunia Formula 1, tetapi ia pernah 4 kali di posisi runner-up dan 3 kali di peringkat ketiga.

Baca Juga: Mengingat Kembali saat Nico Rosberg Putus Dominasi Lewis Hamilton

3. Nico Rosberg

6 Pembalap Formula 1 yang Pernah Raih Kemenangan Bersama MercedesNico Rosberg (formula1.com)

Setelah mundur dari Formula 1 pada akhir musim 1955, Mercedes baru kembali ke lintasan Formula 1 sebagai konstruktor pada musim 2010. Namun, mereka harus menunggu hingga GP China 2012 untuk kembali meraih kemenangan.

Ketika itu, Nico Rosberg mampu memutus puasa kemenangan Mercedes setelah 57 tahun. Rosberg sendiri kemudian menjadi juara dunia bersama Mercedes pada musim 2016. Total, ia telah meraup 23 kemenangan bersama tim Silver Arrows tersebut.

4. Lewis Hamilton

6 Pembalap Formula 1 yang Pernah Raih Kemenangan Bersama MercedesLewis Hamilton (formula1.com)

Lewis Hamilton merupakan pembalap tersukses yang pernah membela Mercedes di Formula 1. Dengan koleksi 82 kemenangan dan 6 gelar juara dunia, Hamilton tak terhentikan ketika bersama Mercedes.

Ia pertama kali meraih kemenangan bagi pabrikan asal Jerman tersebut pada GP Hungaria 2013. Setelah itu, keran kemenangan seakan selalu terbuka bagi Hamilton yang mendominasi Formula 1 di era turbo hybrid.

5. Valtteri Bottas

6 Pembalap Formula 1 yang Pernah Raih Kemenangan Bersama MercedesValtteri Bottas (formula1.com)

Tampil menggantikan Nico Rosberg yang memutuskan pensiun, Valtteri Bottas meraih kemenangan pertamanya di GP Rusia 2017. Itu juga merupakan kemenangan pertama Bottas di Formula 1.

Bottas yang membela Mercedes selama lima musim total meraih sepuluh kemenangan. Ia juga pernah dua kali menduduki posisi runner up pada 2019 dan 2020. Kini, pembalap asal Finlandia tersebut tengah membela Alfa Romeo.

6. George Russell

6 Pembalap Formula 1 yang Pernah Raih Kemenangan Bersama MercedesGeorge Russell menjuarai GP Brasil 2022. (twitter.com/F1)

George Russell menjadi pembalap keenam yang meraih kemenangan bagi Mercedes. Setelah cukup kesulitan dengan mobil W13 di awal musim 2022, Russell membuktikan dirinya layak dipilih Mercedes setelah meraih kemenangan di GP Brasil.

Selain itu, kemenangan ini juga merupakan kemenangan Mercedes di musim 2022. Dengan performa Mercedes yang mulai kembali ke setelan terbaiknya, kemenangan lainnya sepertinya akan segera menyusul bagi Russell.

 

Keenam pembalap tersebut mampu mempersembahkan kemenangan ketika balapan bagi Mercedes. Bahkan, Lewis Hamilton dan Juan Manuel Fangio mampu memberi tim Silver Arrows tersebut raihan gelar juara dunia.

Baca Juga: Hamilton: Russell Punya Kualitas untuk Masa Depan Mercedes

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya