9 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menjuarai GP China, Hamilton Rajanya

GP China kembali batal pada 2023

GP China kembali tak dapat diselenggarakan untuk Formula 1 2023 karena masih tingginya angka COVID-19 di sana. Ini merupakan kali keempat GP China dibatalkan sejak terakhir kali terselenggara pada 2019.

Menjadi salah satu seri yang digelar di Asia, GP China pertama kali menggelar balapan di Sirkuit Shanghai pada 2004. Lewis Hamilton menjadi pembalap yang paling dominan dengan raihan enam kemenangan.

Termasuk Lewis Hamilton, siapa saja pembalap yang pernah meraih podium teratas di GP China?

1. Rubens Barrichello

9 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menjuarai GP China, Hamilton RajanyaRubens Barrichello (formula1.com)

Rubens Barrichello menjadi pembalap pertama yang mampu menaklukkan Sirkuit Shanghai, tepatnya pada GP China 2004. Rubens tampil mengesankan sejak sesi kualifikasi dengan meraih pole position.

Dominasi pembalap asal Brasil tersebut berlanjut pada saat balapan, ia tak tersentuh dari start hingga finis. Rubens menyelesaikan balapan di depan Jenson Button dari BAR Honda dan pilot McLaren, Kimi Raikkonen.

2. Fernando Alonso

9 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menjuarai GP China, Hamilton RajanyaFernando Alonso (formula1.com)

Fernando Alonso tercatat dua kali menjadi kampiun GP China, yakni pada 2005 dan 2013. Kemenangannya di Sirkuit Shanghai pada 2005 membawa Renault mengunci gelar juara dunia konstruktor pertama mereka.

Pembalap asal Spanyol tersebut kembali mengukir kemenangan di GP China pada 2013, kali ini bersama Ferrari. Alonso yang menggunakan strategi tiga kali pit stop sukses mengunci kemenangan pertamanya musim itu.

3. Michael Schumacher

9 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menjuarai GP China, Hamilton RajanyaMichael Schumacher (formula1.com)

GP China 2006 menjadi kemenangan ke-91 sekaligus yang terakhir bagi Michael Schumcher selama kariernya di Formula 1. Kemenangan tersebut juga sempat membuka jalannya menuju gelar juara dunia kedelapan.

Sayang, pada balapan selanjutnya di GP Jepang, Schumacher gagal finis. Hal ini membuat gelar juara dunia jatuh ke tangan Fernando Alonso. Musim 2006 juga merupakan musim terakhir Schumacher bersama Ferrari.

4. Kimi Raikkonen

9 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menjuarai GP China, Hamilton RajanyaKimi Raikkonen (ferrari.com)

Kimi Raikkonen mengukir enam kemenangan sepanjang 2007 untuk mengunci gelar juara dunia pertamanya. Salah satu kemenangan pembalap asal Finlandia tersebut terjadi pada GP China yang merupakan seri ke-16.

Pada balapan tersebut, Raikkonen sukses memanfaatkan kesalahan Lewis Hamilton sekaligus memangkas jarak poin di tabel klasemen menjadi tujuh poin. Raikkonen akhirnya meraih gelar juara dunia usai kembali meraih kemenangan di GP Brasil.

Baca Juga: Pensiun dari Formula 1, Ini 7 Rekor Keren yang Dipegang Kimi Raikkonen

5. Sebastian Vettel

9 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menjuarai GP China, Hamilton RajanyaSebastian Vettel (redbull.com)

Musim 2009 merupakan musim pertama Sebastian Vettel bersama Red Bull. Tak butuh waktu lama, pembalap asal Jerman tersebut berhasil menggapai podium teratas pada seri ketiga di GP China.

Vettel yang tampil dari pole position tak terkejar pembalap mana pun untuk meraih kemenangan. Setelah itu, Vettel tak lagi mampu memetik kemenangan di Sirkuit Shanghai meski sempat menjadi pole position sebanyak tiga kali.

6. Jenson Button

9 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menjuarai GP China, Hamilton RajanyaJenson Button (formula1.com)

Kemenangan Jenson Button pada GP China 2010 merupakan salah satu kemenangan terbaik dalam kariernya. Balapan yang berlangsung di bawah cuaca yang tak menentu membuat strategi para pembalap benar-benar diuji.

Strategi jitu McLaren dalam pergantian ban membuat mereka mendominasi jalannya race. Button sukses meraih kemenangan sementara podium kedua yang diraih Lewis Hamilton membuat McLaren mengunci posisi 1-2.

7. Nico Rosberg

9 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menjuarai GP China, Hamilton RajanyaNico Rosberg (formula1.com)

Butuh tujuh musim bagi Nico Rosberg sebelum akhirnya meraih kemenangan perdananya di Formula 1 pada GP China 2012. Kemenangan itu juga menjadi yang pertama bagi Mercedes sejak 1955. 

Kemenangan kedua Rosberg datang pada 2016 ketika menjadi juara dunia. Pembalap asal Jerman tersebut sempat dua kali menjadi runner-up serta sekali finis ketiga di Sirkuit Shanghai.

8. Daniel Ricciardo

9 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menjuarai GP China, Hamilton RajanyaDaniel Ricciardo (formula1.com)

Musim 2018 sebenarnya bukanlah musim terbaik bagi Daniel Ricciardo. Meski begitu, pembalap berjuluk Honey Badger tersebut masih sanggup mengemas dua kemenangan, salah satunya pada seri ketiga di GP China.

Ricciardo meraih satu-satunya kemenangan di Sirkuit Shanghai dari grid keenam, menjadikannya pemenang balapan dari posisi start terendah menyamai Michael Schumacher. Ricciardo diuntungkan berkat strategi cerdik Red Bull pada periode safety car.

9. Lewis Hamilton

9 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menjuarai GP China, Hamilton RajanyaLewis Hamilton (formula1.com)

Lewis Hamilton menjadi pembalap paling dominan di GP China dengan torehan enam kemenangan. Dua kemenangan pertama ia raih ketika membalap untuk McLaren pada 2008 dan 2011.

Sedangkan empat kemenangan lainnya diraih pembalap asal Inggris tersebut bersama Mercedes pada 2014, 2015, 2017, dan 2019. Selain itu, Hamilton juga tiga kali finis di atas podium pada GP China.

Lewis Hamilton masih menjadi raja di Sirkuit Shanghai dengan koleksi enam kemenangan. Sayang, musim ini para pecinta Formula 1 masih belum bisa menyaksikan para jagoannya mengaspal kembali di GP China.

Baca Juga: Toto Wolff Belum Pikirkan Opsi Pengganti Lewis Hamilton di F1 2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya