5 Pembalap F1 yang Punya Kemenangan Lebih Banyak dari Max Verstappen

Max Verstappen sudah kantongi 33 kemenangan

Dengan kemenangan yang diraih pada gelaran GP Amerika Serikat, Senin (24/10/2022), Max Verstappen kini telah mengoleksi 33 kemenangan. Pembalap asal Belanda tersebut melewati rekor milik Fernando Alonso yang meraup 32 kemenangan.

Verstappen bahkan kini menduduki urutan keenam dalam daftar pembalap dengan kemenangan terbanyak dalam sejarah Formula 1. Berikut lima pembalap Formula 1 yang punya lebih banyak kemenangan dari Max Verstappen.

1. Ayrton Senna (41 kemenangan)

5 Pembalap F1 yang Punya Kemenangan Lebih Banyak dari Max VerstappenAyrton Senna (formula1.com)

Juara dunia tiga kali asal Brasil, Ayrton Senna, punya koleksi 41 kemenangan sepanjang kariernya. Sebanyak 35 kemenangan ia buat bersama McLaren yang masih jadi rekor hingga saat ini. Sementara itu, sisanya ia dapat saat masih membela Lotus. 

Sayang, karier Senna di lintasan Formula 1 berakhir tragis setelah mengalami kecelakaan di GP San Marino 1994. Padahal, saat itu ia punya kans menambah jumlah kemenangan dan juara dunia bersama williams yang merupakan tim paling dominan saat itu.

2. Alain Prost (51 kemenangan)

5 Pembalap F1 yang Punya Kemenangan Lebih Banyak dari Max VerstappenAlain Prost (formula1.com)

Alain Prost merupakan rival terbesar Ayrton Senna selama mereka beradu di lintasan Formula 1. Secara statistik, Prost terlihat lebih unggul karena mengoleksi 4 gelar juara dunia ditambah 51 kemenangan sepanjang kariernya.

Pembalap asal Prancis tersebut meraup 9 kemenangan bersama Renault, 30 untuk McLaren, 5 dengan Ferrari, dan 7 ketika membela Williams. Tak heran pembalap berjuluk The Professor tersebut merupakan salah satu pembalap terbaik dalam sejarah Formula 1.

Baca Juga: Sebastian Vettel Sebut Siapa Rival Terberatnya di Formula 1

3. Sebastian Vettel (53 kemenangan)

5 Pembalap F1 yang Punya Kemenangan Lebih Banyak dari Max VerstappenSebastian Vettel (formula1.com)

Meskipun karier Sebastian bersama Aston Martin tak terlalu impresif karena lebih sering berkutat di papan tengah. Namun, Sebastian Vettel tetaplah salah satu talenta terbaik yang pernah dimiliki Formula 1 dengan 4 gelar juara dunia.

Vettel meraih kemenangan perdananya di GP Italia 2008 ketika masih bersama Toro Rosso. Ia kemudian menambah 38 kemenangan dengan Red Bull dan sisa 17 kemenangan ia persembahkan untuk Ferrari.

4. Michael Schumacher (91 kemenangan)

5 Pembalap F1 yang Punya Kemenangan Lebih Banyak dari Max VerstappenMichael Schumacher (formula1.com)

Michael Schumacher layak disebut sebagai pembalap terbaik dan paling dominan dalam sejarah Formula 1. Bagaimana tidak, selama kariernya ia mampu merengkuh 7 gelar juara dunia ditambah 91 total kemenangan.

Sebagian besar kemenangan yang diraih Schumacher ia dapat ketika bersama Ferrari, yakni 72 kemenangan, sementara 19 kemenangan lainnya ia persembahkan bagi Benetton. Schumacher juga sempat membela Mercedes di penghujung kariernya meski tak meraih kemenangan.

5. Lewis Hamilton (103 kemenangan)

5 Pembalap F1 yang Punya Kemenangan Lebih Banyak dari Max VerstappenLewis Hamilton (formula1.com)

Lewis Hamilton menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak dalam sejarah Formula 1 dengan 103 kemenangan. Potensi besarnya sudah terlihat ketika ia mampu meraup 21 kemenangan bersama McLaren. Catatan yang hanya bisa dilewati oleh Alain Prost dan Ayrton Senna.

Keputusannya untuk pindah ke Mercedes pada 2013 pun semakin membuatnya dominan. Tim asal Jerman tersebut benar-benar mendominasi era hybrid dan mampu membawa Hamilton meraup 82 kemenangan yang masih sangat mungkin untuk bertambah.

 

Meskipun masih berusia 25 tahun, Max Verstappen sudah melewati banyak pembalap hebat soal jumlah kemenangan. Lantas, dari kelima pembalap tersebut, siapa yang rekornya bakal dilewati oleh Verstappen?

Baca Juga: Finis Kedua di GP Amerika Serikat Bukti Lewis Hamilton Belum Habis

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya