Comscore Tracker

6 Pembalap Top MotoGP yang Pernah Membela Honda dan Ducati

Dari Valentino Rossi hingga Andrea Dovizioso!

Honda dan Ducati merupakan dua pabrikan papan atas di ajang MotoGP. Dalam beberapa musim terakhir para pembalap mereka selalu bersaing untuk menjadi juara dunia. Di mana Honda sukses mendominasi dengan 6 gelar juara sejak musim 2013.

Sedangkan gelar terakhir Ducati diraih oleh Casey Stoner di musim 2007. Menariknya, banyak pembalap yang pernah menunggangi kedua pabrikan ini selama karier mereka. Berikut enam pembalap top yang pernah membela Honda dan Ducati.

1. Loris Capirossi

6 Pembalap Top MotoGP yang Pernah Membela Honda dan DucatiLoris Capirossi (motogp.com)

Loris Capirossi naik ke kelas 500cc pada musim 2000, setelah sebelumnya menjuarai kelas 250cc di musim 1998. Musim pertamanya di kelas para raja, Capirossi membela tim Honda Pons dan berduet dengan pembalap Brazil, Alex Barros. Tiga musim bersama Honda, ia mampu mengemas 1 kemenangan.

Pada musim 2003, Ducati masuk ke MotoGP dan menunjuk Loris Capirossi dan Troy Bayliss sebagai pembalap mereka. Bersama pabrikan asal Italia ini, karier Capirossi terbukti lebih sukses. Ia total mencetak 7 kemenangan. Kebersamaan keduanya berakhir di tahun 2007 ketika Capirossi bergabung dengan Suzuki.

2. Nicky Hayden

6 Pembalap Top MotoGP yang Pernah Membela Honda dan DucatiNicky Hayden (motorsport.com)

Nicky Hayden pertama kali menjalani debut di MotoGP pada musim 2003 bersama Honda, sebelumnya ia sempat berlaga di ajang Superbike yang juga membela Honda. Pada tahun 2006, Hayden sukses menjadi juara dunia setelah secara dramatis mengalahkan Valentino Rossi.

Mulai musim 2009, pembalap berjuluk Kentucky Kid ini bergabung bersama Ducati. Namun, ia tak pernah sekalipun kembali meraih kemenangan bersama pabrikan asal Italia tersebut. Raihan terbaiknya hanyalah 2 kali podium. Hayden kemudian berpisah dengan Ducati pada musim 2014.

Baca Juga: 5 Pembalap yang Juara Dunia MotoGP dengan Dua Tim Berbeda, Spesial!

3. Valentino Rossi

6 Pembalap Top MotoGP yang Pernah Membela Honda dan DucatiValentino Rossi (motogp.com)

Kepindahan Valentino Rossi ke Ducati pada tahun 2011 sempat mengejutkan banyak pihak, padahal ia tengah berada di puncak kariernya bersama Yamaha. Terbukti, karier Rossi menurun selama dua musim bersama Ducati. Ia pun kembali ke Yamaha pada musim 2014.

Honda merupakan pabrikan pertama yang dibela Rossi ketika menjalani debut di MotoGP. Pada musim 2000 dan 2001, ia membela tim Nastro Azuro Honda dan dua musim berikutnya ia membela Repsol Honda. Bersama pabrikan asal Jepang itu, The Doctor sukses merebut tiga gelar juara dunia.

4. Jorge Lorenzo

6 Pembalap Top MotoGP yang Pernah Membela Honda dan DucatiJorge Lorenzo (motogp.com)

Jorge Lorenzo merupakan pembalap yang begitu identik dengan Yamaha, sebab pabrikan itulah yang pertama kali ia bela ketika mentas di ajang MotoGP. Tim garputala itu juga sukses memberinya tiga gelar juara dunia.

Namun, Lorenzo memutuskan bergabung dengan Ducati pada musim 2017. Dalam dua musim membela Ducati, Por Fuera cukup kesulitan dan hanya meraih tiga kemenangan.

Pada musim 2019, ia kemudian bergabung dengan Honda. Namun, performanya memburuk dan tak sekalipun podium. Itu juga menjadi musim terakhir Lorenzo di MotoGP.

5. Andrea Dovizioso

6 Pembalap Top MotoGP yang Pernah Membela Honda dan DucatiAndrea Dovizioso (motogp.com)

Andrea Dovizioso menjadi pembalap terbaik setelah Casey Stoner yang pernah membela Ducati. Total, Dovi sukses meraih tiga kali runner up dari musim 2017 hingga 2019. Tak hanya itu, ia juga mampu merebut 14 kemenangan bersama pabrikan asal Italia tersebut.

Namun, pada awal debutnya di MotoGP, Dovi justru dikontrak oleh Honda. Namun, ketika itu ia hanya sanggup menyabet satu kemenangan di GP Inggris. Prestasi terbaiknya terjadi di musim 2011, ketika ia mengakhiri klasemen akhir di peringkat ketiga.

6. Casey Stoner

6 Pembalap Top MotoGP yang Pernah Membela Honda dan DucatiCasey Stoner menang di sirkuit Aragon pada 2010 (foxsports.com.au)

Casey Stoner menjadi satu-satunya pembalap MotoGP yang pernah merasakan gelar juara dunia bersama Ducati dan Honda. Bersama Ducati, ia meraihnya pada musim 2007, ketika itu Stoner tampil dominan dengan merebut 10 kemenangan.

Usai sukses bersama Ducati, pembalap asal Australia itu kemudian bergabung dengan Honda di musim 2011. Meski baru semusim bersama Honda, Stoner sukses merebut gelar juara dunia keduanya usai meraih 10 kemenangan. Sayang, ia hanya dua musim bersama Honda sebelum berhenti balapan di akhir musim 2012.

 

Membela Honda dan Ducati bukanlah hal yang mudah, sebab setiap motor pasti mempunyai karakteristik tersendiri. Terbukti, hanya Casey Stoner yang mampu merengkuh gelar juara dunia untuk dua pabrikan tersebut.

Baca Juga: 10 Pembalap yang Pernah jadi Juara di MotoGP dan Superbike

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya