5 Pembalap Red Bull yang Pernah Menjuarai GP Monako

Terbaru ada Sergio Perez

Sergio Perez mampu tampil menawan di tengah guyuran hujan di balapan Formula 1 GP Monako 2022 pada Minggu (29/5/2022). Berkat strategi brilian dari Red Bull, pembalap asal Meksiko tersebut mampu menjadi juara diikuti rekan setimnya, Max Verstappen.

Padahal, Red Bull tak terlalu diunggulkan untuk meraih kemenangan. Mengingat kedua pembalap mereka harus melakoni start di belakang duo Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz. Namun, cuaca membuat semua itu mungkin terjadi.

Dengan hasil ini, Perez menjadi pembalap Red Bull kelima yang berhasil menjuarai GP Monako. Salah satu seri paling legendaris di Formula 1. 

1. Mark Webber (2010 dan 2012)

5 Pembalap Red Bull yang Pernah Menjuarai GP MonakoMark Webber merupakan dua kali juara GP Monako. (skysports.com)

Mark Webber memang seperti hanya menjadi pembalap nomor dua di belakang Sebastian Vettel ketika membela Red Bull. Namun, bukan berarti pembalap asal Australia tersebut tak mampu bersaing di barisan depan.

Webber merupakan pembalap Red Bull pertama yang mampu menjinakkan sirkuit Monako, tepatnya pada 2010. Dua musim berselang, Webber kembali tampil di puncak podium. Hingga kini, ia merupakan satu-satunya pembalap Red Bull yang mampu meraih lebih dari satu kemenangan di GP Monako.

2. Sebastian Vettel (2011)

5 Pembalap Red Bull yang Pernah Menjuarai GP MonakoSebastian Vettel menjuarai GP Monako 2011. (formulaf1.es)

Jika berbicara mengenai Sebastian Vettel, maka kita akan kembali menengok ketika ia mendominasi Formula 1 bersama Red Bull. Kombinasi keduanya mampu melahirkan empat gelar juara dunia.

Salah satu kemenangan yang cukup berkesan bagi Vettel terjadi pada GP Monako 2011. Saat itu ia sanggup meloloskan diri dari kejaran Fernando Alonso. Vettel kembali mengukir kemenangan di Monako pada 2017 tetapi dengan bendera Ferrari.

Baca Juga: Sergio Perez Raih Kemenangan Perdana F1 2022 pada GP Monako

3. Daniel Ricciardo (2018)

5 Pembalap Red Bull yang Pernah Menjuarai GP MonakoDaniel Ricciardo meraih kemenangan pada GP Monako 2018. (formula1.com)

Kemenangan Daniel Ricciardo pada GP Monako 2018 benar-benar meninggalkan kesan luar biasa baginya. Karena tak hanya meraih kemenangan, ia mampu membalas kegagalannya menggapai puncak podium pada 2016.

Saat itu, kemenangan yang sudah di depan mata pupus begitu saja ketika Red Bull terlambat dalam melakukan pergantian ban. Beruntung, pembalap yang kini membela McLaren tersebut berhasil menebusnya dua musim berselang.

4. Max Verstappen (2021)

5 Pembalap Red Bull yang Pernah Menjuarai GP MonakoMax Verstappen menjuarai GP Monako 2021. (planetf1.com)

Pada GP Monako 2021 semua mata tertuju pada Charles Leclerc yang mampu mengunci pole position. Namun, ia justru tak bisa melakoni start karena insiden pada saat kualifikasi. Alhasil, posisi terdepan diambil alih oleh Max Verstappen.

Di sirkuit yang sempit seperti Monako, mengawali balapan di posisi terdepan merupakan suatu keuntungan tersendiri. Hal itu tak disia-siakan oleh Verstappen yang kemudian tampil sebagai pemenang.

5. Sergio Perez (2022)

5 Pembalap Red Bull yang Pernah Menjuarai GP MonakoSergio Perez menjuarai GP Monako 2022. (formula1.com)

Sergio Perez dan Red Bull benar-benar tampil cerdik pada GP Monako 2022. Meskipun hanya mengawali balapan di urutan ketiga. Namun, berkat kondisi cuaca yang awalnya hujan membuat strategi pergantian ban sangat penting.

Hal itu berhasil dilakukan Perez dan Red Bull dengan sangat baik. Ia pun akhirnya berhasil menjadi juara untuk pertama kalinya di GP Monako. Namun, kemenangan Perez juga tak lepas dari kesalahan Ferrari dalam strategi pergantian ban kedua pembalapnya.

Pada balapan tersebut juga sempat diwarnai kecelakaan cukup hebat yang dialami pembalap Haas, Mick Schumacher. Beruntung ia tak mengalami cedera serius walaupun mobilnya sampai terbelah menjadi dua.

 

Red Bull tampil dominan dalam dua gelaran GP Monako dengan selalu meraih kemenangan. Mereka kini semakin mengungguli Ferrari dalam klasemen konstruktor dan pembalap musim ini.

Baca Juga: Red Bull Harus Berhenti Buang-Buang Poin bila Ingin Raih Juara F1 2022

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya