6 Pembalap yang Pernah Menang di GP Indonesia, Ada Valentino Rossi

Ada Valentino Rossi hingga Mick Doohan!

Indonesia akhirnya kembali masuk kalender MotoGP setelah 25 tahun. Kali ini sirkuit Mandalika akan ditunjuk sebagai tuan rumah. Para pembalap pun sudah tak sabar untuk mencoba sirkuit baru tersebut. Pertamina Grand Prix of Indonesia akan digelar pada hari Minggu (20/3/2022). 

Sebelumnya di tahun 1996 dan 1997, sirkuit Sentul yang dipercaya menjadi tuan rumah. Menariknya, terdapat beberapa nama besar yang pernah menjadi juara. Berikut enam pembalap yang pernah menang di GP Indonesia.

1. Masaki Tokudome

6 Pembalap yang Pernah Menang di GP Indonesia, Ada Valentino RossiMasaki Tokudome (moterus.es)

Masaki Tokudome merupakan pembalap Aprilia di kelas 125cc untuk musim 1996. Pembalap asal Jepang tersebut datang ke Indonesia bermodalkan posisi keempat pada balapan pembuka di GP Malaysia.

Pada balapan yang digelar di sirkuit Sentul tersebut, Tokudome sukses meraih kemenangan. Pada akhir musim, pembalap asal Jepang tersebut berhasil menjadi runner up di belakang rekan senegaranya, Haruchika Aoki.

2. Tetsuya Harada

6 Pembalap yang Pernah Menang di GP Indonesia, Ada Valentino RossiTetsuya Harada (yamaha-motor.com)

Pembalap Jepang kembali tampil mendominasi di seri perdana GP Indonesia. Kali ini ada Tetsuya Harada yang sukses merajai kelas 250cc. Harada yang membela Yamaha sukses mengasapi pembalap Aprilia, Max Biaggi.

Kemenangan tersebut juga merupakan satu-satunya kemenangan yang diraih Harada di musim tersebut. Semusim berselang, di tempat yang sama, Harada hanya mampu meraih posisi keempat.

Baca Juga: Jadwal MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Jangan Kelewat Ya!

3. Mick Doohan

6 Pembalap yang Pernah Menang di GP Indonesia, Ada Valentino RossiMick Doohan (motogp.com)

Mick Doohan merupakan salah satu pembalap terbaik di kelas 500cc. Pembalap asal Australia tersebut punya 5 gelar juara dunia dan 54 kali kemenangan di kelas teratas. Salah satunya terjadi pada GP Indonesia 1996.

Doohan yang kala itu membela Repsol Honda sukses tampil menjadi yang tercepat. Alex Barros dan Loris Capirossi juga turut melengkapi jajaran podium. Kemenangan tersebut juga merupakan 1 dari 8 kemenangannya musim itu.

4. Valentino Rossi

6 Pembalap yang Pernah Menang di GP Indonesia, Ada Valentino RossiValentino Rossi (motogp.com)

Valentino Rossi dipastikan tak akan balapan di GP Indonesia musim ini. Sebab, ia telah memutuskan untuk gantung helm pada akhir musim lalu. Rossi sendiri punya kenangan manis ketika balapan di Indonesia.

Tepatnya pada GP Indonesia 1997. Kala itu, Rossi masih berada di kelas 125cc dengan membela Aprilia. Pembalap berjuluk The Doctor tersebut sukses tampil sebagai pemenang. Kazuto Sakata dan Jorge Martinez sukses membuat Aprilia mengunci semua podium.

5. Max Biaggi

6 Pembalap yang Pernah Menang di GP Indonesia, Ada Valentino RossiMax Biaggi (motogp.com)

Max Biaggi memang tak pernah menjadi juara dunia ketika berlaga di kelas teratas. Namun, ia merupakan pemegang rekor juara dunia terbanyak di kelas 250cc, dengan empat gelar juara dunia.

Salah satunya terjadi pada musim 1997, kala ia mampu meraup lima kemenangan. Menariknya, salah satunya terjadi di GP Indonesia yang kala itu menjadi seri ke-14. Semusim berselang ia resmi naik ke kelas 500cc.

6. Tadayuki Okada

6 Pembalap yang Pernah Menang di GP Indonesia, Ada Valentino RossiTadayuki Okada (motogp.com)

Tadayuki Okada dipercaya menjadi salah satu pembalap Repsol Honda untuk musim 1997. Honda sendiri musim itu tampil garang dengan menyabet seluruh kemenangan di kelas 500cc. Termasuk kemenangan Okada di GP Indonesia.

Kala itu ia harus bersaing sengit dengan dua rekan satu timnya, Mick Doohan dan Alex Criville. Bahkan ketika bendera finis dikibarkan, pembalap asal Jepang tersebut hanya unggul tipis 0,069 detik dari Doohan.

 

Kembalinya MotoGP ke Indonesia tentunya disambut gembira oleh para pembalap dan pecinta MotoGP. Kira-kira siapakah yang akan menjadi pemenangan di Mandalika nantinya?

https://www.youtube.com/embed/o-CWQ7PQpO0

Baca Juga: Pertamina Grand Prix of Indonesia Jadi Momentum bagi Indonesia 

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya