5 Pemain NBA dengan Scoring Title Terbanyak Sepanjang Sejarah

Pendulang poin bagi timnya

Scoring title merupakan gelar yang diperoleh seorang pemain ketika ia mencetak poin terbanyak dalam satu musim NBA. Tentunya raihan tersebut tak dapat dimenangkan dengan mudah. Selain harus mempunyai akurasi tembakan yang akurat mereka juga harus konsisten sepanjang musim.

Namun, beberapa pemain ini mampu meraih scoring title tak hanya sekali. Mereka tentunya merupakan para pencetak poin handal yang siap membawa timnya meraih kemenangan. Berikut lima pemain NBA peraih scoring title terbanyak.

1. George Gervin - 4 titel

5 Pemain NBA dengan Scoring Title Terbanyak Sepanjang SejarahGeorge Gervin (theathletic.co.uk)

Sebelum era Tim Duncan dan David Robinson, San Antonio Spurs punya pencetak poin ulung dalam diri George Gervin. Pemain berjuluk The Iceman itu sukses meraih scoring title sebanyak empat kali.

Berkat penampilannya itu ia sukses sembilan kali masuk all star. Pemain ini juga pernah bermain di kompetisi ABA di awal dekade 70-an. Gervin pun mengakhiri kariernya di NBA bersama Chicago Bulls di tahun 1986.

2. Allen Iverson - 4 titel

5 Pemain NBA dengan Scoring Title Terbanyak Sepanjang SejarahAllen Iverson (inquirer.com)

Allen Iverson merupakan salah satu pemain yang mengubah gaya bermain NBA. Sebelumnya NBA didominasi para pemain bertubuh tinggi besar macam David Robinson, Hakeem Olajuwon, dan Shaquile O'Neal. Namun, dengan tubuhnya yang kecil ia dapat mengacak-acak pertahanan lawan dengan mudah.

Iverson terkenal dengan dribble yang sangat baik, hal tersebut membuat ia dapat melewati lawan dengan mudah. Di masa puncaknya ia bahkan pernah meraih gelar MVP dan mengantar Philadelphia 76ers mencapai partai final NBA tahun 2001.

Baca Juga: 5 Peraih Penghargaan NBA Sixth Man of the Year dalam 5 Tahun Terakhir

3. Kevin Durant - 4 titel

5 Pemain NBA dengan Scoring Title Terbanyak Sepanjang SejarahKevin Durant (bleacherreport.com)

Kevin Durant memang diberkahi tubuh yang mumpuni, ia tinggi besar namun masih cukup atletis seperti guard. Kesuksesan terbesarnya diraih bersama Golden States Warriors saat ia meraih dua gelar juara.

Namun, semua scoring title miliknya diraih kala ia berseragam Oklahoma City Thunder. Kala itu ia bermain bersama para bintang muda seperti Russel Westbrook dan James Harden. Berkat penampilan gemilangnya ia berhasil membawa Thunder masuk ke final NBA di tahun 2012.

4. Wilt Chamberlain - 7 titel

5 Pemain NBA dengan Scoring Title Terbanyak Sepanjang SejarahWilt Chamberlain (philadelphia.cbslocal.com)

Soal mencetak angka tak perlu meragukan kemampuan Wilt Chamberlain. Ia adalah satu-satunya orang yang mampu mencetak 100 poin dalam satu pertandingan. Selain itu ia pernah membuat rataan 50 poin dalam satu musim.

Sayangnya, ketika bermain ia harus berhadapan dengan Bill Russell. Yang merupakan salah satu defender terbaik sepanjang sejarah NBA. Saat Bill berhasil meraih sebelas gelar, Chamberlain hanya mampu memenangkan dua gelar saja.

5. Michael Jordan - 10 titel

5 Pemain NBA dengan Scoring Title Terbanyak Sepanjang SejarahMichael Jordan (essentiallysports.com)

Peraih scoring title terbanyak masih dipegang oleh Michael Jordan. Pemain yang sering dinobatkan sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah NBA ini memang mempunyai kemampuan tembakan yang mengagumkan.

Selama membela Bulls kariernya semakin lengkap dengan raihan enam cincin NBA dan lima kali meraih MVP. Selain kemampuan menyerangnya, Jordan juga dikenal memiliki kemampuan bertahan yang baik. Maka tak heran kariernya pun begitu gemilang.

Sepuluh titel masih menjadi yang terbanyak, akankah ada yang memecahkan rekor Michael Jordan. Namun, sepertinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Pelajaran yang Bisa Kamu Ambil dari Michael Jordan

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya