7 Sirkuit yang Dipakai di Ajang MotoGP dan World Superbike Musim 2022

Termasuk Mandalika!

Selain MotoGP, World Superbike atau yang lebih sering disebut WSBK merupakan ajang balap motor paling bergengsi di dunia. Banyak pembalap top dunia yang berlaga di dua kejuaraan tersebut. 

Karena sama-sama kompetisi balap roda dua, tak jarang keduanya menggunakan sirkuit yang sama untuk balapan. Salah satunya adalah Mandalika yang tahun ini masuk dalam kalender MotoGP dan WSBK. Berikut tujuh sirkuit yang dipakai MotoGP dan WSBK untuk musim 2022.

1. Aragon

7 Sirkuit yang Dipakai di Ajang MotoGP dan World Superbike Musim 2022Marc Marquez di sirkuit Aragon (skysports.com)

Aragon tak lama lagi akan jadi seri pembuka WSBK, tepatnya pada 9 April 2022 nanti. Sirkuit ini sendiri pertama kali masuk kalender WSBK pada 2011 dan menjadi sirkuit kelima di Spanyol yang masuk kalender WSBK.

Sementara untuk MotoGP, Aragon pertama kali jadi tuan rumah untuk musim 2010. Musim lalu duel seru terjadi ketika Francesco Bagnaia sukes mengasapi Marc Marquez untuk meraih kemenangan pertamanya di MotoGP. Musim ini Aragon akan jadi seri ke-16.

2. Assen

7 Sirkuit yang Dipakai di Ajang MotoGP dan World Superbike Musim 2022Sirkuit Assen (worldsbk.com)

Assen selalu menjadi tuan rumah MotoGP sejak pertama kali digelar pada 1949, kecuali pada 2020 saat pandemi Covid-19 melanda dunia. Musim ini Assen akan jadi balapan ke-11 dalam kalender MotoGP. Musim lalu Fabio Quartararo sukses jadi yang terbaik.

Assen sudah cukup lama jadi tuan rumah WSBK, yakni tak pernah absen dari WSBK sejak musim 1992. Musim ini Assen akan jadi seri kedua di WSBK setelah Aragon. Sebagai sirkuit yang penuh akan sejarah, Assen tentunya banyak dinanti oleh penggemar balap roda dua.

3. Misano

7 Sirkuit yang Dipakai di Ajang MotoGP dan World Superbike Musim 2022Michael Ruben Rinaldi di sirkuit Misano (worldsbk.com)

Misano menjadi salah satu sirkuit yang paling sering menggelar WSBK sejak pertama kali dipercaya sebagai tuan rumah pada musim 1991. Musim lalu, pembalap tuan rumah, Michael Ruben Rinaldi, sukses jadi yang tercepat dalam 2 dari 3 race. Misano akan menggelar balapan keempat untuk WSBK.

Sementara untuk MotoGP, Misano telah menggelar balapan pertama kali pada 1981 dan tak pernah absen sejak 2007 hingga saat ini. Musim lalu begitu istimewa bagi Misano karena merupakan balapan kandang terakhir bagi Valentino Rossi. Musim ini Misano tampil sebagai seri ke-15.

Baca Juga: Agar Berlangsung Aman, Ini 5 Hal yang Harus Ada di Sirkuit MotoGP

4. Catalunya

7 Sirkuit yang Dipakai di Ajang MotoGP dan World Superbike Musim 2022Sirkuit Catalunya (skysports.com)

Sirkuit Catalunya menjalani debut sebagai tuan rumah WSBK pada 2020 dan menjadi sirkuit keenam yang menyelenggarakan balapan WSBK. Hal ini membuat Spanyol dua kali jadi tuan rumah WSBK musim ini. Seri di Catalunya akan menjadi balapan kedelapan di kalender WSBK.

Sedangkan untuk MotoGP, Catalunya tak pernah putus sebagai tuan rumah sejak 1992. Catalunya juga jadi 1 dari 4 sirkuit di Spanyol yang menggelar balapan MotoGP selain Jerez, Aragon, dan Valencia. Musim ini, Catalunya dijadwalkan menjadi seri kesembilan untuk MotoGP.

5. Portimao

7 Sirkuit yang Dipakai di Ajang MotoGP dan World Superbike Musim 2022Valentino Rossi di sirkuit Portimao (twitter.com/MotoGP)

Portimao menjadi 1 dari 2 sirkuit selain Estoril yang akan jadi tuan rumah WSBK musim 2022. Sirkuit yang punya karakteristik seperti roller coaster ini sendiri jadi tuan rumah sejak 2008-2015, sempat absen pada 2016. Sejak 2017, Portimao selalu masuk kalender WSBK hingga kini.

Sementara untuk MotoGP, Portimao awalnya menjadi sirkuit pengganti pada 2020. Karena saat itu banyak sirkuit yang tak bisa terselenggara akibat pandemi Covid-19. Musim ini Portimao akan menggelar balapan untuk MotoGP pada seri kelima.

6. Mandalika

7 Sirkuit yang Dipakai di Ajang MotoGP dan World Superbike Musim 2022Sirkuit Mandalika (twitter.com/MotoGP)

Indonesia telah sukses menggelar balapan MotoGP untuk pertama kalinya sejak tahun 1997. Kali ini sirkuit Mandalika yang dipercaya sebagai tuan rumah sebagai seri kedua. Miguel Oliveira yang membela KTM berhasil menjadi juara pertama di Mandalika. 

Mandalika sendiri sudah masuk kalender WSBK sejak musim 2021. Kala itu, Mandalika jadi seri pamungkas, sekaligus menjadi saksi ketika Toprak Razgatlioglu merengkuh titel juara dunia. Musim ini Mandalika dipastikan akan menggelar seri ke-11 untuk WSBK.

7. Phillip Island

7 Sirkuit yang Dipakai di Ajang MotoGP dan World Superbike Musim 2022Sirkuit Phillip Island (twitter.com/MotoGP)

Sempat tak terselenggara dalam dua musim terakhir akibat pandemi Covid-19, Phillip Island kembali masuk kalender MotoGP musim ini. Sirkuit yang terletak di sebuah pulau di Australia tersebut mendapat jatah seri ke-19 musim ini.

Sama seperti di MotoGP, Phillip Island juga gagal terselenggara dalam dua musim terakhir WSBK. Sirkuit ini sendiri pertama kali jadi tuan rumah WSBK pada musim 1992. Musim ini Phillip Island akan jadi seri ke-12 atau penutup rangkaian WSBK musim 2022.

 

Ketujuh sirkuit tersebut sudah dipastikan akan masuk dalam kalender MotoGP dan WSBK untuk musim 2022. Kira-kira, balapan di sirkuit mana yang paling kalian nantikan?

Baca Juga: 9 Pembalap MotoGP yang Langganan Juara di Sirkuit Baru

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya