Yuki Tsunoda Merasa Senang Bisa Meraih Poin di Formula 1 GP Jepang

Tsunoda pertama kali raih poin di Sirkuit Suzuka

Yuki Tsunoda menjadi salah satu pembalap Formula 1 2024 yang mencuri perhatian pada gelaran GP Jepang, Minggu (7/4/2024). Selain menjadi pembalap tuan rumah, Tsunoda juga berhasil meraih poin setelah menyelesaikan balapan di urutan kesepuluh. Hasil itu membuat Tsunoda untuk pertama kali mendapat poin ketika berlaga di balapan kandang.

Yuki Tsunoda berhasil mengobati kerinduan publik Jepang yang sudah lama tak menyaksikan pembalap kebanggaan mereka mencetak poin di GP Jepang. Sebab, terakhir kali itu terjadi sudah cukup lama, yakni pada 2012. Tak heran jika Tsunoda begitu senang atas hasil diraih di GP Jepang.

1. Tsunoda menjadi satu-satunya pembalap RB yang menyentuh garis finis

Yuki Tsunoda Merasa Senang Bisa Meraih Poin di Formula 1 GP JepangYuki Tsunoda di GP Jepang 2024 (twitter.com/visacashapprb)

Pada sesi kualifikasi GP Jepang, dua pembalap RB tamil cukup bagus. Yuki Tsunoda berhasil menembus sesi Q3 dengan mencatatkan waktu terbaik kesepuluh. Sementara itu, Daniel Ricciardo berada tepat satu posisi di belakang Tsunoda.

Pada awal balapan, terjadi kontak antara Ricciardo dengan pembalap Williams, Alexander Albon. Kejadian tersebut membuat kedua pembalap gagal menyelesaikan balapan. Selain itu, balapan terpaksa dihentikan sementara setelah red flag dikibarkan.

Ketika balapan dimulai kembali, Tsunoda dan RB memutuskan untuk menggunakan ban soft. Hal itu membuat Tsunoda bisa masuk ke zona poin setelah start dari posisi ke-12. Namun, menggunakan setelan ban yang lebih lunak memaksa Tsunoda masuk ke pit lebih cepat sehingga membuat posisinya kembali turun.

Pada pit stop terakhir, Tsunoda masuk bersama beberapa pembalap lain. Beruntung, RB bertindak cukup cepat yang membuat Tsunoda berada di depan pembalap lain. Setelah itu, Tsunoda mampu menyelesaikan balapan di urutan kesepuluh untuk meraih satu poin.

Baca Juga: 7 Pembalap McLaren yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP Jepang

2. Pembalap tuan rumah pertama yang mendapat poin di GP Jepang sejak 2012

Yuki Tsunoda Merasa Senang Bisa Meraih Poin di Formula 1 GP JepangKamui Kobayashi (formula1.com)

Yuki Tsunoda memulai kariernya di Formula 1 bersama AlphaTauri pada 2021. Namun, pandemik COVID-19 membuat Tsunoda harus menunggu hingga 2022 untuk bisa balapan di GP Jepang. Sayang, ketika itu dirinya gagal meraih poin karena hanya finis di urutan ke-13. Semusim berselang, Tsunoda kembali gagal mendapat poin setelah finis di posisi ke-12.

Penantian panjang Tsunoda untuk bisa meraih poin di depan publik sendiri akhirnya berakhir pada 2024. Tsunoda berhasil meraih poin perdana setelah menyelesaikan balapan di urutan kesepuluh. Raihan ini membuat Tsunoda menjadi pembalap tuan rumah pertama yang meraih poin di GP Jepang sejak 2012. Ketika itu, Kamui Kobayashi yang membela Sauber mampu meraih podium ketiga.

Selain keduanya, pembalap Jepang lain yang pernah mencetak poin di GP Jepang adalah Takuma Sato, Satoru Nakajima, dan Aguri Suzuki. Sato tiga kali mencetak poin di GP Jepang. Nakajima pernah dua kali finis keenam ketika balapan di hadapan publik sendiri. Sementara itu, Suzuki berhasil meraih podium ketiga pada 1990.

3. Tsunoda mengaku senang bisa meraih poin di balapan kandang

Yuki Tsunoda Merasa Senang Bisa Meraih Poin di Formula 1 GP JepangYuki Tsunoda meraih posisi kesepuluh di GP Jepang 2024. (twitter.com/visacashapprb)

Yuki Tsunoda mengaku senang bisa meraih poin di GP Jepang untuk kali pertama. Ia mengatakan jika ini merupakan perasaan yang luar biasa setelah penantian panjang selama dua tahun. Apalagi, poin itu diraih di hadapan para pendukungnya yang memadati Sirkuit Suzuka.

Tsunoda juga tak segan memuji anggota timnya yang bekerja luar biasa, terutama ketika pit stop. Selain itu, kemampuan Tsunoda dalam memahami mobil juga membuatnya bisa menaklukan Sirkuit Suzuka. Tsunoda mengatakan jika mobilnya kalah cepat dibanding mobil lain di trek lurus. Namun, hal itu berhasil diatasi dengan downforce kuat ketika melibas tikungan.

"Tim kami melakukan pekerjaan luar biasa. Mekaniknya sangat cepat dan kami menyalip dua mobil. Jadi, tanpa mereka mungkin akan jauh lebih sulit untuk mencetak poin hari ini. Penghargaan yang besar untuk tim dan jelas akhirnya bisa mencetak gol di depan fans Jepang, sangat bahagia," ucap Tsunoda mengutip situs resmi Formula 1.

Hasil apik ini membuat Tsunoda selalu mencetak poin dalam dua balapan beruntun. Sebelumnya, ia juga meraih poin ketika finis ketujuh di GP Australia. Tsunoda saat ini menjadi pembalap terbaik RB dengan koleksi tujuh poin. Sementara itu, Daniel Ricciardo belum berhasil mencetak poin hingga balapan keempat.

Yuki Tsunoda merasa senang bisa meraih poin untuk pertama kali di GP Jepang. Ia menjadi pembalap tuan rumah pertama yang meraih poin Formula 1 di GP Jepang sejak Kamui Kobayashi pada 2012.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Formula 1 GP Jepang 2024, Max Verstappen Juara Lagi!  

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya