Yuki Tsunoda Tak Puas meski Meraih Poin di GP Australia 2023

Poin perdana Tsunoda musim ini

Sebelum seri ketiga Formula 1 2023 di GP Australia, terdapat tujuh pembalap yang belum meraih poin, termasuk Yuki Tsunoda. Pembalap AlphaTauri tersebut akhirnya meraih poin perdana musim ini setelah finis kesepuluh di GP Australia.

Pembalap asal Jepang itu sebenarnya tak merasa puas. Ia ingin mendapat hasil yang lebih baik. Meski begitu, Yuki Tsunoda juga tetap senang dengan hasil yang didapat mengingat ia mengalami banyak masalah sepanjang balapan.

1. Strategi ban yang dipakai AlphaTauri tak berhasil pada Yuki Tsunoda

Yuki Tsunoda Tak Puas meski Meraih Poin di GP Australia 2023Yuki Tsunoda (twitter.com/AlphaTauriF1)

Yuki Tsunoda yang mengawali balapan dari urutan ke-12 memilih menggunakan ban hard ketika periode red flag pertama. Namun, strategi tersebut tak berjalan baik karena ban yang ia pakai tergerus dengan cepat.

Hal itu membuat Tsunoda disalip beberapa pembalap di belakangnya dan keluar dari zona poin. Ia pun cukup frustrasi karena membuat peluangnya meraih poin perdananya makin jauh.

2. Sempat di posisi kelima, penalti Carlos Sainz membuat Yuki Tsunoda dapat poin

Ketika balapan dimulai kembali setelah red flag kedua, Yuki Tsunoda sempat merangsek ke posisi kelima dengan memanfaatkan beberapa pembalap yang mengalami insiden. Namun, berkibarnya kembali red flag membuat ia tertinggal di posisi ke-11.

Penalti 5 detik yang menimpa Carlos Sainz akibat menyenggol mobil Fernando Alonso membuat Tsunoda naik ke posisi sepuluh dan mendapat poin pertamanya. Tsunoda sebenarnya tampak kecewa dengan red flag terakhir karena membuatnya gagal mendapat posisi kelima.

Baca Juga: Tuntutan AlphaTauri untuk Yuki Tsunoda di Formula 1 2023

3. Tetap positif terhadap hasil yang diraih

Yuki Tsunoda Tak Puas meski Meraih Poin di GP Australia 2023Yuki Tsunoda (twitter.com/AlphaTauriF1)

Meski gagal mendapat peringkat kelima di GP Australia, Yuki Tsunoda tetap positif atas hasil yang diraihnya. Apalagi, ia merasa cukup kesulitan membawa mobilnya selama jalannya balapan hingga berhasil mendapat poin.

"Ini tetap saja poin pertama musim ini, jadi kami harus menerimanya, terutama mengingat dari mana kami memulai," kata Tsunoda seperti dikutip situs resmi Formula 1. "Mempertimbangkan seberapa besar kami berjuang sebelum red flag, dengan pemanasan dan ban kompon hard di optimum window, kami harus mengambil hasil ini dan senang dengan P10 karena kami memaksimalkan kinerja kami."

4. Hasil lebih baik dari dua balapan sebelumnya

Yuki Tsunoda Tak Puas meski Meraih Poin di GP Australia 2023Kevin Magnussen dan Yuki Tsunoda terlibat duel pada GP Arab Saudi 2023. (formula1.com)

Meski hanya mendapat 1 poin, hasil ini lebih baik dari 2 balapan sebelumnya. Pada seri pembuka di GP Bahrain, Yuki Tsunoda gagal mendapat poin usai finis kesebelas, kalah tipis dari Alex Albon.

Hasil serupa dirah Tsunoda pada seri kedua di GP Arab Saudi. Ia gagal mengatasi perlawanan Kevin Magnussen yang mengunci poin terakhir.

Poin yang diraih Tsunoda membawa AlphaTauri kini berada di peringkat sembilan konstruktor. Mereka berada di atas Williams.

5. Nyck de Vries belum berhasil meraih poin

Yuki Tsunoda Tak Puas meski Meraih Poin di GP Australia 2023Nyck de Vries (twitter.com/AlphaTauriF1)

Berbeda dengan Yuki Tsunoda, Nyck de Vries belum berhasil membawa pulang poin dari tiga balapan yang  dilakoni. Pembalap rookie tersebut hanya sanggup finis di posisi ke-15 pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Albert Park.

Dalam dua balapan sebelumnya, De Vries juga gagal tampil maksimal setelah finis ke-14 pada GP Bahrain dan Arab Saudi. Hasil itu membuat ia dan Logan Sargeant menjadi pembalap yang belum meraih poin hingga seri ketiga Formula 1 2023.

Yuki Tsunoda mengaku tak puas dan ingin mendapat hasil yang lebih baik setelah mendapat poin perdananya di GP Australia. Di sisi lain, Nyck de Vries belum bisa menyumbang poin bagi AlphaTauri.

Baca Juga: Franz Tost Pasang Target Tinggi untuk Yuki Tsunoda di F1 Musim 2023

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya