4 Fakta 7 Pemain Indonesia di Putaran II India Open 2019

Tidak ada wakil di sektor tunggal

Turnamen bulutangkis Yonex-Sunrise India Open 2019 telah menyelesaikan putaran pertama (round 1), Rabu (27/3) malam. Kabar bagusnya, separuh dari 14 wakil Indonesia yang tampil di turnamen BWF World Tour Super 500 ini, berhasil meraih kemenangan di putaran pertama.

Artinya, Indonesia masih memiliki tujuh wakil yang akan tampil di round 2 yang dimainkan Kamis (28/3). Ketujuh wakil Indonesia ini akan berupaya untuk lolos ke babak perempat final.

Sayangnya, ada separuh pemain Indonesia yang langsung terhenti di putaran pertama. Ada empat pemain Indonesia yang tereliminasi di hari kedua, Rabu (27/3) tadi malam dan tiga pemain out pada hari pertama. Berikut beberapa fakta pemain Indonesia yang akan tampil di putaran II India Open 2019.

1. Empat ganda campuran berhasil lolos ke putaran II, dua di antaranya tanpa perlu banyak berkeringat di lapangan

4 Fakta 7 Pemain Indonesia di Putaran II India Open 2019twitter.com/inabadminton

Sektor ganda campuran memiliki peluang terbesar untuk membawa pulang gelar dari India Open 2019. Pasalnya, dari lima pasangan ganda campuran Indonesia yang tampil di turnamen ini, empat pasangan berhasil lolos ke putaran II.

Menariknya, Rabu (27/3) tadi malam, dua ganda campuran andalan Indonesia lolos ke putaran II tanpa harus banyak berkeringat. Pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva yang bertanding di pertandingan terakhir, hanya bermain lima menit saat menghadapi ganda Thailand, Parinyawat Thongnuam/Kittipak Dubthuk.

Pasalnya, ganda Thailand tersebut mengalami cedera dan tidak bisa melanjutkan pertandingan saat mereka unggul 11-9. Sementara Tontowi Ahmad/Winny Octavina malah lolos tanpa harus bertanding setelah menang WO atas ganda tuan rumah, Shivam Sharma/Poorvisha S Ram.

Sementara Hafiz Faizal/Gloria Widjaja hanya butuh waktu 22 menit untuk mengalahkan pasangan India, Raju Mohamed Rehan/J Anees Kowsar. Hafiz/Gloria yang menjadi unggulan 4, menang dengan "skor cantik", 21-10, 21-10. Satu wakil Indonesia lainnya yang juga lolos ke putaran II yakni pasangan Ricky Karandasuwardi/Piza Zebadiah. Pasangan non Pelatnas ini menang 21-15, 21-14 atas ganda India, Utkarsh Arora/Karishma Wadkar.

Satu-satunya ganda campuran Indonesia yang tereiminasi di putaran pertama yakni pasangan Yehezkiel Fritz Mainaky/Lyanny Alessandra Mainaky. Mereka kalah straight game dari ganda China, Ren Xiangyu/Zhou Chaomin, 10-21, 11-21.

Baca Juga: 4 Alasan Ganda Campuran Indonesia Berpeluang Juara di India Open 2019

2. Sektor tunggal langsung habis di putaran pertama, tanpa wakil di putaran II

4 Fakta 7 Pemain Indonesia di Putaran II India Open 2019twitter.com/inabadminton

Dari tujuh wakil Indonesia di putaran II, tidak ada perwakilan dari sektor tunggal. ya, hasil mengecewakan diraih wakil Indonesia di sektor tunggal di India Open 2019. Keempat wakil Indonesia yang tampil di putaran pertama, Rabu (27/3/2019), langsung kandas alias tidak ada yang mampu lolos ke putaran II.

Tadi malam, dua tunggal putri yang membawa nama Indonesia, Lyanny Mainaky dan Yulia Yosephin Susanto tak mampu berbuat banyak. Lyanny kalah dua game langsung, 12-21, 13-21 dari pemain Hongkong, Deng Joy Xuan. Sementara Yulia dikalahkan pemain China, Chen Xiaoxin juga lewat straight game, 15-21, 11-21.

Tommy Sugiarto yang diharapkan bisa melangkah jauh di turnamen ini, ternyata juga ikut tersingkir cepat. Tommy yang menjadi unggulan 4 di sektor tunggal putra, terhenti setelah kalah rubber game dari pemain tuan rumah, Subhankar Dey lewat pertandingan menguras tenaga selama 1 jam 18 menit.

Sempat unggul meyakinkan 21-14 di game pertama, Tommy sejatinya hampir menang ketika sempat unggul 16-11 di game kedua. Sayangnya, Dey berhasil mengejar. Tommy yang sempat mengalami perawatan selama pertandingan,akhirnya kalah 22-20. Di game penentuan, Tommy kembali takluk 11-21.

Sebelumnya, di hari pertama (26/3), wakil Indonesia di tunggal putri, Yehezkiel Mainaky juga langsung tereliminasi. Dengan demikian, Indonesia tidak memiliki wakil di tunggal putra pada putaran II India Open 2019.

Di sektor tunggal, PBSI memang tidak mengirimkan pemain-pemain andalan seperti Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung di tunggal putri ataupun Jonatan Christie dan Anthony Ginting. Mereka lebih difokuskan tampil di Malaysia Open 2019 yang akan dimulai pekan depan.

3. Sektor ganda putra menunggu hasil come back pasangan Angga/Ricky

4 Fakta 7 Pemain Indonesia di Putaran II India Open 2019twitter.com/inabadminton

Di sektor ganda putra, PBSI juga tidak menurunkan pasangan ganda terbaik. Tidak ada nama Marcus Gideon/Kevin Sanjaya yang merupakan juara bertahan India Open tahun lalu. Juga tidak ada nama Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan juga Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Mereka disiapkan untuk tampil di Malaysia Open 2019 yang akan dimulai pada 2 April nanti.

Toh, meski tanpa ganda putra andalan, Indonesia masih punya harapan di sektor ini. Masih ada pasangan Angga Pratama/Ricky Karandasuwardi yang berhasil lolos ke putaran II. Mantan ganda putra andalan Pelatnas yang kini menapaki jalur pro ini menuai hasil manis pada come back mereka. Angga/Ricky langsung membuat start hebat saat mengalahkan ganda Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong yang menjadi unggulan 2 di turnamen ini lewat kemenangan rubber game 17-21, 23-21, 21-19 di hari pertama (26/3).

Di putaran II yang akan dimainkan Kamis (28/3), Angga/Ricky akan menghadapi ganda putra tuan rumah, Mohanraj Elumalai/Velavan Vasudevan. Setelah berhasil mengalahkan unggulan 2, seharusnya Angga/Ricky tidak kesulitan mengatasi ganda India non unggulan tersebut.

4. Di ganda putri, Greysia/Apriani berpeluang lolos ke perempat final, hari ini menghadapi ganda tuan rumah di putaran II

4 Fakta 7 Pemain Indonesia di Putaran II India Open 2019twitter.com/inabadminton

Sementara di ganda putri, dari empat pasangan yang tampil di India Open 2019, Indonesia masih memiliki dua wakil di putaran II. Yakni pasangan Greysia Polii/Apriani Rahayu dan Della Destiara Haris/Tania Octaviani Kusumah. Keduanya meraih kemenangan di hari pertama (26/3).

Di putaran kedua yang dimainkan Kamis (28/3) petang nanti, Greysia/Apri akan menghadapi ganda putri tuan rumah, Venkata Ramya Bailupudi/Shivani Santosh Singh. Di atas kertas, Greysia/Apri yang merupakan juara bertahan dan menjadi unggulan 1, seharusnya tidak kesulitan untuk lolos ke perempat final. Mereka juga berpeluang untuk meraih gelar pertama mereka di tahun 2019.

Sementara pasangan Della/Tania yang di putaran I memenangi perang saudara' melawan Ni Ketut Mahadewi/Rizki Amelia, akan menghadapi ganda putri China, Liu Xuanxuan/Xia Yuting. Di putaran I, ganda China ini menyingkirkan ganda putri Indonesia, Anggia Shitta Awanda/Pia Zebadiah. Bisakah Della/Tania revans?

Semoga tujuh wakil Indonesia yang akan tampil di putaran II India Open 2019 pada hari ini, bisa tampil maksimal dan berhasil lolos ke perempat final.

Baca Juga: Hasil Lengkap Hari Pertama Pemain Indonesia di India Open 2019

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya