5 Pemain Indonesia Hadapi Lawan kelas Berat di R2 BAC 2018

Pertandingan R2 digelar hari ini

Sembilan (9) pemain Indonesia berhasil lolos ke round 2 (babak 16 besar) Badminton Asia Championship 2018 alias Kejuaraan Badminton Asia 2018 yang digelar di Wuhan, China. Mereka lolos setelah meraih kemenangan di pertandingan round 1 yang digelar Rabu (26/4) dari pagi hingga malam. Dari lima nomor, hanya di sektor tunggal putri Indonesia tidak memiliki wakil di round 2 setelah tiga pemain tunggal putri out di round 1.

Hari ini, Kamis (26/4/2018), 9 pemain Indonesia akan tampil di round 2 untuk berebut tiket ke perempat final. Dan, perjuangan untuk lolos ke perempat final tidak akan mudah. Sebab, beberapa pemain Indonesia akan menghadapi lawan berat. Siapa saja?

1. Anthony Ginting hadapi Lee Chong Wei

5 Pemain Indonesia Hadapi Lawan kelas Berat di R2 BAC 2018badmintonindonesia.org

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting meraih hasil lebih bagus dibandingkan di Kejuaraan Asia 2017 ketika dirinya langsung out di round 1. Namun, Anthony tentunya tidak ingin sekadar lolos ke round 2. Tunggal putra yang masuk tim Thomas Indonesia ini pastinya ingin lolos ke perempat final.

Dan, untuk lolos ke perempat final, Ginting harus melewati mantan tunggal putra terbaik dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei di round 2, Kamis (26/4/2018). Tidak akan mudah bagi Ginting. Sebab, Lee Chong Wei (35 tahun) termasuk pemain senior yang masih tampil konsisten.

Dia baru saja jadi juara Commonwealth Games 2018 usai mengalahkan Srikanth Kidambi dari India seperti dikutip dari nst.com.my. Meski berat, tetapi peluang Ginting untuk menang tetap ada. Siapa tahu Chong Wei bakal mengalami off day. "Peluangnya agak berat, Ginting di babak kedua bertemu Chong Wei. Targetnya lewati Chong Wei dulu," ujar pelatih tunggal putra PBSI, Hendry Saputra dikutip dari badmintonindonesia.org.

2. Ricky/Debby jumpa ganda campuran Malaysia unggulan 6

5 Pemain Indonesia Hadapi Lawan kelas Berat di R2 BAC 2018badmintonindonesia.org

Di sektor ganda campuran, pasangan Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto lolos ke round 2 setelah menang rubber game atas ganda Srilanka, Sachin Dias/TP Hendahewa 21-14, 21-17, 10-21 di round 1, Rabu (25/4/2018). Bila ingin melangkah jauh di BAC 2018, Ricky/Debby wajib tampil lebih baik. 

Sebab, di round 2, Ricky/Debby akan menghadapi lawan lebih berat, yakni ganda Malaysia unggulan 6, Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai seperti dikutip dari bwf.tournamentsoftware.com. Sebagai parameter kekuatan, di tahun 2018 ini, Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai telah meraih satu gelar.

Pasangan ini jadi juara di German Open Super 300 yang digelar pada awal Maret 2018 lalu. Bagi Ricky/Debby, ini akan menjadi ujian pembuktian bahwa mereka bisa diandalkan sejak dipasangkan di awal tahun 2018.

3. Berry Angriawan/Hardianto hadapi peraih medali perak Olimpiade 2016

5 Pemain Indonesia Hadapi Lawan kelas Berat di R2 BAC 2018bwfbadminton.com

Di sektor ganda putra, pasangan Berry Angriawan/Hardianto juga akan menghadpai lawan tangguh di round 2. Drawing mempertemukan Berry/Hardianto dengan ganda Malaysia peraih medali perak Olimpiade 2016, Goh V Shem/Tan Wee Kiong seperti dikutip dari bwf.tournamentsoftware.com

Sempat berpisah, Goh V Shem/Tan Wee Kiong yang kembali bermain bareng, tahun ini mulai tampil konsisten. Di awal tahun, mereka tampil di final Malaysia Masters 2018. Dan, dua pekan lalu, mereka berhasil meraih medali perunggu di Commonwealth Games 2018 seperti dikutip dari thestar.com.my.

4. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan hadapi unggulan 5 asal Taiwan

5 Pemain Indonesia Hadapi Lawan kelas Berat di R2 BAC 2018Twitter.com/inabadminton

Ganda putra senior, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menjadi wakil terakhir Indonesia yang lolos ke round 2. Di pertandingan terakhir, Rabu (25/4/2018) malam, Hendra/Ahsan menang straight game atas ganda Korea, Kim Won-ho/Seo Seung-jae 21-17, 21-18.

Di round 2, Hendra/Ahsan yang tampil di BAC 2018 melalui jalur kualifikasi, akan menghadapi ganda Taiwan unggulan 5, Lee jhe-huei/Lee Yang. Meski berstatus bukan unggulan, Hendra/Ahsan berpeluang menang. Sebab, mereka sudah pernah mengalahkan ganda Taiwan ini di perempat final German Open 2018 pada awal Maret lalu. Ketika itu, Hendra/Ahsan menang 21-13, 22-20.

5. Della Destiara Harris/Rizki Amelia Pradipta hadapi ganda juara dunia 2017

5 Pemain Indonesia Hadapi Lawan kelas Berat di R2 BAC 2018bwfworldtour.com

Sementara di nomor ganda putri, pasangan Della Destiara Harris/Rizki Amelia Pradipta juga menghadapi lawan berat di round 2. Della/Rizki akan bertemu unggulan 1 asal China, Chen Qingchen/Jia Yifan. Ganda putri ranking satu dunia ini lolos ke round 2 setelah mengalahkan ganda Thailand, Kittipak Dubthuk/Natcha Saengchote 21-10, 21-18.

Sementara Della/Rizki meraih kemenangan cukup mudah atas pasangan Taiwan, Hsu Ya Ching/Wu Ti Jung 21-17, 21-16 di round 1. Meski berat, tetapi Della/Rizki punya rapor bagus ketika melawan Qingchen/Yifan. Dalam pertemuan terakhir di Indonesia Masters pada Januari 2018 lalu, Della/Rizki mengalahkan mereka di babak 16 besar.

Mungkinkah Della/Rizki bisa kembali mengalahkan ganda putri juara dunia 2017 ini, kali ini di rumahnya sendiri? Tidak ada yang tidak mungkin.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya